Hal-Hal yang Sebaiknya Dilakukan Saat Bertransaksi COD

Senin, 14 Juni 2021 | 20:26:46

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Hal-Hal yang Sebaiknya Dilakukan Saat Bertransaksi COD

Foto: Ladiestory.id

Belakangan ini marak berita tentang kurir paket yang menjadi sasaran amukan pembeli akibat barang yang dikirim tidak sesuai pesanan. Hal semacam ini terjadi saat pembeli kurang aware dengan metode pembayaran COD yang disediakan marketplace.

COD atau cash on delivery dalam konteks berbelanja di marketplace ini artinya pembeli dapat membayar barang secara tunai pada kurir saat barangnya diantar ke rumah. Sayangnya, masih banyak yang kurang memahami transaksi COD dengan seller langsung dan memesan lewat marketplace.

Jika bertransaksi COD secara langsung dengan seller, pembeli dapat memeriksa barang dan melakukan komplain secara langsung. Sedangkan jika memesan barang lewat marketplace, kurir hanya bertugas untuk mengantar dan menerima pembayaran.

Agar tidak terjadi lagi kejadian yang serupa, ada baiknya untuk melakukan hal-hal ini saat ingin bertransaksi COD.

Pilih penjual yang terpercaya

Jika kamu ingin membeli barang dengan sistem COD, kamu harus memercayai bahwa seller tersebut terpercaya. Dalam artian, seller tersebut menjual barang sesuai dengan apa yang dideskripsikan. Hal ini juga bisa kamu terapkan saat akan berbelanja melalui marketplace.

Di marketplace, kamu juga bisa melihat rating atau penilaian dari pembeli lain tentang pelayanan atau produk yang dijual.

Dengan memilih seller yang terpercaya, kamu bisa meminimalisir penipuan barang, barang tidak sesuai atau cacat, juga mengetahui bagaimana cara mengajukan komplain.

Bayar dengan uang tunai yang pas

Saat kurir datang dengan barang yang dipesan, pastikan kamu sudah menyiapkan sejumlah uang tunai untuk membayar. Usahakan kamu menyiapkan uang pas sesuai nominal yang tertera di marketplace.

Alasannya, agar kurir  tidak perlu repot memberi kembalian. Begitu pula saat bertransaksi COD dengan seller.

Pilih waktu dan lokasi COD yang tepat

Tips ini berlaku jika kamu melakukan kesepakatan untuk bertransaksi COD dengan seller. Usahakan untuk melakukan transaksi COD saat siang dan jangan terlalu malam.

Tujuannya agar kamu punya banyak waktu untuk memeriksa barang dan memberikan rasa aman karena harus membawa uang dalam jumlah besar.

Selain itu, pilih tempat yang ramai dan strategis untuk meminimalisir risiko COD dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Buat video unboxing

Setelah menerima dan membayar paket pada kurir, kamu perlu membuat video unboxing alias video saat membuka paket tersebut.

Alasannya, agar video tersebut dapat dijadikan bukti jika ada ketidaksesuaian barang atau barang yang dipesan ada cacat produk.

Foto produk

Selesai membuka paket, hal yang perlu dilakukan adalah memotret barang yang dibeli. Tujuannya, agar detil dari produk dapat terlihat lebih jelas. Foto juga dapat dijadikan bukti pendukung untuk komplain saat barang yang dipesan tidak sesuai.

Foto dan video unboxing juga dapat membantu para pembeli lain untuk menilai kinerja penjual di e-commerce. Semoga kedepannya, para pembeli bisa lebih bijak dalam memanfaatkan fitur COD yang disediakan marketplace, sehingga tidak merugikan pihak kurir.