Harus Diterapkan, Ini 9 Cara Simple untuk Menjadi Produktif di Kantor

Selasa, 22 Oktober 2019 | 16:32:13

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Harus Diterapkan, Ini 9 Cara Simple Untuk Menjadi Produktif Di Kantor

Kamu mungkin bingung bagaimana cara meningkatkan produktivitasmu di kantor, tapi ternyata ada beberapa cara simple yang bisa kamu terapkan. Terkadang kamu merasa begitu lelah dan bingung untuk membuat dirimu tetap pada jalurnya dalam bekerja. Kebosanan itu sering terjadi di kantor karena rutinitas yang mungkin itu-itu saja. Tapi bukan berarti hal tersebut membuatmu menjadi tidak produktif dalam bekerja. Kamu masih bisa tetap produkti di kantor walaupun banyak pekerjaan yang harus kamu kerjakan. Di bawah ini merupakan 9 cara simple untuk menjadi produktif di kantormu!

1. Larikan dirimu dari kesibukan

Rahasia untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja adalah dengan menggunakan headphone. Mungkin tidak cocok untuk beberapa pekerjaan karena alasan peraturan pekerjaan, tetapi headphone?membuatmu menghilangkan kebisingan di sekitar dan membuatmu fokus dengan pekerjaanmu. Cobalah untuk mengenakan setidaknya earphone untuk mencegah keributan yang terjadi di sekitarmu dan menyetel lagu bisa menjadi hal yang baik untuk kamu lakukan agar menjadi fokus.

2. Biarkan pikiran batinmu keluar

Cukup tulis (dengan pena dan kertas) selama 60 detik. Tulis apa yang kamu pikirkan, apa yang kamu rasakan, dan jangan pikirkan itu. Menulis dalam kesadaran (tanpa diedit dan direncanakan) setiap hari ketika kamu lelah untuk bekerja, dapat melepaskan stress dan meningkatkan produktivitas. Cari tahu cara menggunakan perencanaan untuk mengatur harimu dengan baik.

3. Cobalah metode 4-7-8

Beberapa orang mungkin sudah mengetahui metode ini, tetapi mengambil napas yang dalam dan terkontrol sebenarnya bisa menurunkan kadar kortisolmu dan melepaskan serotonin. Kamu bisa melakukannya dengan hanya menghirup napas selama 4 detik, tahan selama 7 detik, lalu lepaskan selama 8 detik. Lakukan ini setiap kali kamu merasa kewalahan dan kamu akan segera melihat perbedaannya.

4. Jangan mencoba menjadi superwoman

Banyak orang berpikir bahwa multitasking akan menghemat waktu dengan memungkinkanmu menyelesaikan lebih dari satu tugas sekaligus. Namun, mencoba melakukan sesuatu lebih dari yang kamu bisa lakukan dapat meningkatkan stress dan menurunkan kualitasmu. Jadi, lebih baik untuk menyelesaikan masalah dengan perlahan dan satu per satu. Kalau sudah terbiasa, kamu juga akan bekerja cepat.

5. Pergi dan bicaralah pada seseorang

Tempat kerja biasanya bukan tempat yang dianggap sebagai lingkungan sosial yang bisa dengan santai melakukan percakapan yang lama, tetapi melakukan percakapan singkat dengan teman kerjamu dapat membantumu mengurangi stres, terutama ketika menangani beban kerja yang berat.

6. Tersenyumlah lebih sering

Terbukti secara ilmiah bahwa tersenyum sebenarnya dapat membuatmu jadi lebih Bahagia, dan orang-orang Bahagia itu biasanya lebih produktif. Jadi, tersenyumlah. Tersenyumlah pada rekan kerjamu, pada dirimu sendiri, pada gambar-gambar lucu yang kamu temukan di dunia maya, dan apa pun yang kamu inginkan.

7. Bicaralah pada diri sendiri

Meskipun suka dianggap gila, ternyata berbicara kepada diri sendiri sebenarnya sangat sehat. Ini cara mengekspresikan dirimu. Jika kamu cenderung bergumam pelan atau berbicara dengan orang lain, lakukan saja. Kalau hanya kamu pendam, malah akan meningkatkan stres dalam dirimu, Ladies!

8. Jadilah dirimu sendiri

Kedengarannya mungkin konyol, tetapi banyak orang cenderung menjaga image-nya saat bekerja. Tapi ternyata, menjadi diri sendiri jauh lebih santai daripada mencoba membuat orang terkesan dengan profesionalisme-mu, jadi biarkan kepribadianmu itu bersinar (dan tentu saja dengan alasannya).

9. Biarkan dirimu beristirahat

Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. Jika kamu lelah dan kamu melakukan banyak kesalahan, sudah waktunya biarkan dirimu beristirahat. Jangan pernah memaksakan dirimu. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jadi, ketika kamu merasa dirimu lelah, cobalah luangkan waktu untuk kamu beristirahat agar kamu bisa kembali lagi pada keadaan yang sudah fresh.

Source foto: film The Devil Wears Prada/Fox 2000 Pictures,?Dune Entertainment,?Major Studio Partners

Menjadi produktif di kantor mungkin adalah impian semua wanita karier dan itu mudah dilakukan jika kamu menerapkan 9 cara simple di atas, yuk coba Ladies!