Haruskah Miliki Humidifier di Kamar Bayi? Ini Penjelasannya!

Kamis, 25 Januari 2024 | 14:46:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Haruskah Miliki Humidifier Di Kamar Bayi? Ini Penjelasannya!

Ilustrasi Humidifier. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Memiliki humidifier atau alat yang dapat membantu menjaga kelembapan udara di ruangan kini tengah menjadi tren. Alat ini disebut bisa membantu menjaga kelembapan di dalam ruangan hingga mencegah kulit menjadi kering di musim dingin.

Tidak hanya itu, humidifier juga dinilai sangat cocok untuk diletakkan di kamar bayi. Bukan tanpa alasan, alat ini digadang-gadang dapat membantu mengurangi sumbatan pada hidung saat si kecil flu. Namun apakah harus memiliki humidifier di kamar bayi? Yuk simak penjelasan yang dilansir dari Parents Online.

Bagaimana Humidifier Bantu Bayi?

Ilustrasi Humidifier. (Freepik.com)

Humidifier dapat mengubah air menjadi uap, yang diproses melalui panas dari alat tersebut dan keluar ke udara melalui cerat.

Uap yang dihasilkan dapat meningkatkan kadar air di udara, dan ketika udara lembap tersebut dihirup melalui mulut atau hidung, hal ini dapat membantu meringankan kekeringan pada saluran udara di kamar si kecil.

Manfaat Humidifier untuk Bayi

Ilustrasi Humidifier. (Freepik.com)

Humidifier memiliki beberapa manfaat, khususnya untuk bayi yang di antara lain adalah  mengurangi kekeringan di udara, menjaga saluran hidung tetap lembap sehingga mengurangi hidung tersumbat, mencegah kulit kering, dan menciptakan white noise yang menenangkan.

“Pelembap udara sangat membantu di kamar bayi ketika mereka mengalami infeksi saluran pernapasan atas atau ketika udara di rumah sangat kering, biasanya di musim dingin,” kata Jennifer Foersterling, MD yang merupakan seorang dokter anak Universitas Washington di Premier Pediatrics di St. Louis.

“Udara yang dilembapkan membuat saluran hidung tetap lembab dan lendir tidak terlalu lengket, sehingga memudahkan pernapasan dan sering kali tidur lebih nyenyak,” lanjutnya.

Selain itu, humidifier juga memiliki manfaat lainnya, yaitu dapat membantu menangkal kulit kering dan mencegah eksim.

Perkenalkan Humidifier di Kamar Bayi

Ilustrasi Humidifier. (Freepik.com)

Jika kamu mempertimbangkan untuk memasang humidifier di kamar bayimu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membaca buku manual. Setiap humidifier bekerja sedikit berbeda, jadi sebaiknya kamu mengetahui secara pasti cara mengoperasikannya.

Kedua, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu tentang penggunaan humidifier. Mereka dapat memastikan bahwa ini adalah pilihan yang baik atau menyarankan alternatif untuk meringankan gejala spesifik bayi.

Namun secara umum, humidifier adalah cara yang aman dan efektif untuk membantu bayi tidur dan bernapas lebih baik, terutama ketika cuaca buruk di musim dingin mulai muncul.