Hati-hati, Ini 6 Ciri Karyawan Penjilat yang Harus Dihindari

Sabtu, 13 November 2021 | 10:57:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Hati-Hati, Ini 6 Ciri Karyawan Penjilat Yang Harus Dihindari

Foto: Depositphotos

Ladiestory.id - Dalam dunia kerja, pasti akan menemukan berbagai sifat dan karakter yang berbeda. Ada yang bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, ramah dan tulus. Tapi ada juga yang memiliki sifat penjilat. 

Entah bermaksud untuk mendapat perhatian lebih dan terlihat paling menonjol di antara teman-temannya, atau untuk mempromosikan dirinya agar segera naik jabatan. Tak jarang seorang penjilat juga bersikap ‘cari muka’ kepada atasan lewat berbagai cara. 

Memang sulit membedakan mana yang benar-benar tulus dan mana yang penjilat. Untuk itu penting mengenali ciri-ciri penjilat.

Ciri-ciri Karyawan Penjilat

Berikut ciri-ciri dari karyawan penjilat yang harus kamu kenali.

1. Selalu Menunjukan Dirinya Paling Baik di Depan Semua Orang

Foto: Lokadata

Seorang penjilat akan berusaha untuk terlihat paling baik di antara rekan-rekannya. Hal ini biasanya ia lakukan untuk menarik perhatian lebih dari atasan. 

Saat yang lain bersusah payah sebaik mungkin mengerjakan pekerjaan, sementara si penjilat dengan mudahnya melakukan pekerjaan, meski sebenarnya pekerjaannya dilakukan dengan tidak jujur. Namun ia bisa dengan bangganya menunjukan pada atasannya, bahwa ia telah menjalankan tugasnya dengan baik.

2. Cenderung Cerewet atau Banyak Bicara Dibandingkan dengan Rekan Kerjanya

Seorang penjilat biasanya tidak bisa menempatkan diri, penjilat cenderung cerewet atau banyak bicara di manapun dan kapanpun dihadapan rekan kerjanya atau bahkan atasannya. 

Terutama, saat mencari perhatian dari atasannya. Tak heran juga penjilat berani berkata lantang atau berteriak untuk mencari perhatian atasan atau targetnya. Ciri lainnya bisa dilihat dari kuantitas dan kualitas bicara dan cara kerjanya yang berbanding terbalik.

3. Tidak Cerdas tapi Pandai Memanfaatkan Orang Didekatnya

Foto: Suara

Seorang penjilat biasanya bukanlah orang-orang yang cerdas dalam segi intelektual. Tapi mereka pandai menutupinya dengan memanfaatkan keterampilan orang di dekatnya. 

Bila ia diberi pekerjaan bisa saja berbagi tugas dengan orang terdekatnya, namun seolah-olah ia yang mengerjakan semuanya. Namanya akan baik dimata bos karena mampu mengerjakan tugas tepat waktu, padahal bukan ia sendirian yang mengerjakannya. 

4. Menebar Pencitraan dengan Menceritakan Kehebatannya

Si penjilat biasanya sibuk bercerita mengenai kehebatan dirinya pada rekan, para senior atau atasan. Mereka sering melakukan pencitraan sebaik-baiknya dengan menceritakan pengalamannya dan kehebatan dirinya sendiri. Entah menceritakan tentang pendidikannya atau juga status sosial kehidupannya.  

5. Proaktif Menawarkan Diri Membantu Pekerjaan Atasan

Foto: Glints

Seorang karyawan penjilat biasanya lebih sering menawarkan diri untuk membantu pekerjaan atasannya. Hal tersebut ia lakukan di depan rekan-rekannya. Tanpa diminta, ia akan menawarkan diri untuk membantu hal-hal kecil.

6. Merasa Diri Sendiri Paling Berguna

Ciri penjilat lainnya yakni merasa dirinya paling hebat serta berguna bagi perusahaan. Ia menganggap tanpa dirinya perusahaan tidak maju dan berkembang. Ia juga kadang sesumbar ke luar perusahaan serta berani mengatakan perannya yang sangat besar dalam upaya memajukan perusahaan.

Itulah 6 ciri karyawan penjilat yang harus kamu hindari. Semoga ciri di atas tidak ada pada rekan kerjamu, apalagi pada dirmu.