Hati-Hati PMK! Ini Dia Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat

Rabu, 6 Juli 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Hati-Hati Pmk! Ini Dia Tips Memilih Hewan Kurban Yang Sehat

Ilustrasi sapi (Special)

Ladiestory.id - Jelang Hari Raya Iduladha, masyarakat muslim berburu hewan kurban untuk melaksanakan salah satu syariat Islam. Namun sayangnya, baru-baru ini terdengar kabar bahwa wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak terus meluas. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari laman Siaga PMK, wabah PMK yang menjangkit sapi, kerbau, kambing, dan domba itu meluas di 21 provinsi serta 232 Kabupaten/Kota di Indonesia. Kasusnya bahkan mencapai ratusan ribu dan masih banyak diantaranya yang belum juga sembuh.

Untuk itu, masyarakat muslim yang ingin membeli hewan kurban perlu perhatian ekstra dalam memilih hewan ternak tersebut. Berikut Ladiestory.id memiliki beberapa tips dalam memilih hewan kurban yang sehat.

Cek Kondisi Fisik Hewan

Ilustrasi hewan kurban (Special)

Dalam membeli hewan ternak untuk kurban, jangan lupa untuk cek secara teliti kondisi fisik hewan tersebut. Pastikan hewan ternak memiliki kondisi fisik yang terlihat bersih dan sehat.

Untuk hewan ternak yang terserang wabah PMK, biasanya terdapat ruam pada mulut, kuku kaki melepuh, bahkan terlihat lesu. Untuk lebih memastikan lagi, Anda dapat meminta penjual hewan untuk menunjukkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang mereka miliki.

Waktu Pembelian Dekat dengan Hari Raya

Ilustrasi hewan kurban (Special)

Sebaiknya, dalam membeli hewan ternak untuk kurban dilakukan menjelang hari raya. Hal ini dikarenakan masa inkubasi virus terjadi selama 14 hari. Dikhawatirkan, jika hewan yang awalnya terlihat sehat akan berubah menjadi berpenyakit jika dibeli sejak lama karena tanda-tanda PMK baru terlihat setelah masa inkubasi virus selesai.

Hindari Tempat yang Termasuk Zona Merah PMK

Ilustrasi hewan kurban (Special)

Dalam mencari hewan ternak untuk kurban, sebaiknya terlebih dahulu memastikan bahwa daerah pembelian hewan tidak masuk ke dalam zona merah PMK. Karena penularan virus yang mudah, dikhawatirkan jika membeli dari daerah yang termasuk zona merah PMK, hewan rawan terjangkit penyakit tersebut.

Anda dapat mencari tahu ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk memastikan hal ini. Atau juga dengan mengikuti berita perkembangan PMK yang ada di berbagai sumber.

Itu dia beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih hewan kurban yang sehat. Selalu teliti dalam memilih hewan kurban agar pelaksanaan syariat Islam tersebut dapat berjalan dengan sempurna.