Hobi Lari, Soraya Larasati Rekomendasikan Perlengkapan untuk Berlatih

Sabtu, 6 Mei 2023 | 17:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Hobi Lari, Soraya Larasati Rekomendasikan Perlengkapan Untuk Berlatih

Soraya Larasati. (Instagram.com/sorayalasat1)

Ladiestory.id - Tren olahraga lari di kalangan anak muda terus meningkat dengan semakin banyaknya event lari seperti fun run dan marathon yang diadakan secara rutin setiap tahun baik oleh pemerintah maupun swasta yang digelar di berbagai kota.

Lazada pun menyelenggarakan Lazada Run, yang akan diadakan di enam negara di Asia Pasifik, dan hadir di Indonesia tanggal 11 Juni mendatang.

Soraya Larasati, public figure dan sport enthusiast yang juga pecinta lari saat ini tengah semangat berlatih sebagai persiapan untuk ikut Lazada Run.

Soraya Larasati. (Instagram.com/sorayalasat1)

 

“Bagi saya, berlari mengajarkan saya untuk sabar, karena semuanya butuh proses. Kita perlu melakukan latihan secara bertahap supaya makin kuat dan bisa berlari semakin jauh. Oleh karena itu setiap ada ajang kegiatan lari seperti Lazada Run ini, saya pasti berusaha mempersiapkan dengan baik. Kegiatan seperti Lazada Run juga membuat kami para pelari makin semangat karena memberikan kita alasan untuk berlatih, supaya bisa finish dengan happy,” terang Soraya, yang akan berlari 10K di Lazada Run nanti.

Jika kamu sedang gemar berlari, kamu juga bisa mengikuti ajang Lazada Run yang terbuka untuk umum. Cara daftarnya sangat mudah, cukup ketik “Lazada Run” pada kolom search di aplikasi Lazada, kemudian pilih kategori yang kamu inginkan. Lazada Run akan tersedia dalam empat kategori, yaitu 5K, 10K, 21K, dan Kids Dash, yaitu lari 100 meter untuk anak-anak.

Bagi para pemenang, tersedia hadiah berupa uang tunai senilai Rp40 juta untuk juara pertama kategori 21K, Rp15 juta untuk juara pertama kategori 15K, dan Rp5 juta untuk juara pertama kategori 5K.

Agar latihan lari semakin seru dan efektif, Soraya membagikan beberapa rekomendasi perlengkapan yang dibutuhkan, yuk kita simak bersama:

Smartwatch

Jam Tangan Sport Original Garmin Forerunner 55. (Lazada)

 

Smartwatch adalah salah satu aksesoris fungsional yang tidak boleh dilewatkan oleh para pelari. Memiliki fitur heart rate, smartwatch dapat membantu pelari memantau kondisi jantung saat berlari.

Dengan menggunakan fitur ini, pelari bisa mengetahui kondisi jantungnya saat berlari dan mengurangi intensitas jika denyut jantung sudah terlampau tinggi.

Selain itu, dengan kontrol jarak, waktu, dan pace yang terdapat pada smartwatch, kita bisa mengetahui seberapa jauh, cepat dan lama waktu kita berlari.

Dengan tampilan modern dan fitur yang lengkap, smartwatch tidak hanya bermanfaat, tetapi juga membuat penampilanmu semakin stylish saat berlari. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memasukkan smartwatch ke dalam daftar perlengkapan wajib saat berlari!

PUMA Sepatu Lari Aviator ProFoam. (Lazada)

 

Sepatu lari memiliki beberapa teknologi yang membuat kaki lebih nyaman ketika berlari, dan dapat dipilih sesuai kebutuhan kita. Misalnya, sepatu lari yang bisa digunakan untuk sehari-hari, sepatu lari yang lebih ringan untuk race jarak pendek, atau yang memiliki bantalan lebih tebal untuk menambah kenyamanan berlari jarak jauh.

Selain memilih model yang memiliki fitur khusus bagi pelari, Soraya selalu menekankan pentingnya memilih sepatu yang pas dengan bentuk kaki sehingga dapat mengikuti manuver pelari dengan baik dan mengurangi risiko cedera.

Outfit Olahraga yang Nyaman dan Fashionable   

(Kiri - Kanan) PUMA Kaos Tank Top COOLADAPT dan PUMA Kaos Lari CLOUDSPUN. (Lazada)

 

Saat ini, kaos olahraga sudah memiliki semakin banyak pilihan baik dari sisi bahan, warna, maupun model yang dapat disesuaikan dengan karakteristik para pelari. Meskipun demikian, Soraya menekankan bahwa fungsi dan kenyamanan harus tetap menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh pelari.

Dalam perlombaan lari baik jarak pendek maupun jauh sangat disarankan untuk mengenakan kaos olahraga dengan kain yang berbahan ringan dan menyerap keringat serta cepat kering. Kaos tanpa lengan juga menjadi salah satu pilihan bagi Soraya untuk berolahraga dan dapat dipadankan dengan inner yang sesuai bagi yang berhijab. Namun bagi yang ingin tampil stand-out, warna shocking agar lebih eye-catching bisa menjadi pilihan.

Celana Training

(Kiri - Kanan) ANTARESTAR Official Celana Joger Training Olahraga dan ELFS ACTIVE Celana Training Pendek. (Lazada)

 

Bagi para pelari, pilihan celana yang tepat akan mempengaruhi kenyamanan saat berlari. Soraya menyarankan untuk memilih celana training yang nyaman dan ringan, terutama jika kamu akan berlari dalam jarak yang lebih jauh. Pastikan juga bahan celana yang dipilih dapat menyerap keringat dengan baik dan memudahkan kamu untuk bergerak. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih nyaman dan fokus pada performa lari kamu.

Sports Bra Untuk Wanita 

(Kiri - Kanan) PUMA Bra Latihan Wanita dan Sportbra Olahraga Wanita FITWEAR

 

Jangan anggap enteng pemilihan sports bra untuk berlari. Pilihlah bra dengan bahan yang berkualitas dan dapat menyerap keringat dengan baik, seperti polyester atau spandex. Selain itu, perhatikan juga ukuran bra yang sesuai dengan tubuh agar tidak terlalu ketat atau longgar sehingga nyaman digunakan saat berlari jarak pendek maupun jauh. 

(Kiri - Kanan) Trohe Tas Ikat Pinggang Lari dan Hikaya Armband. (Lazada)

 

Ketika berlari, pastikan kamu tidak membawa barang-barang berat yang dapat mengganggu kegiatan lari kamu. Selain itu, menyimpan barang seperti handphone atau dompet di saku celana tidak efektif karena bisa mempengaruhi performa lari. Solusi yang tepat adalah dengan menggunakan tas pinggang, running belt ataupun armband.

Saat ini juga terdapat pilihan tas pinggang atau running belt yang dilengkapi tempat untuk botol minum, cocok dipilih untuk kamu yang sedang berlatih lari jarak yang lebih jauh misalnya diatas 10K. Pilihlah tas pinggang yang bisa memuat banyak barang namun tidak terlalu besar sehingga kamu tetap bisa memasukkan barang-barang yang dibutuhkan, atau Armband buat kamu yang tetap ingin tampil gaya saat berlari.

Aksesoris Trendy yang Dapat Melindungi Pelari

(Kiri - Kanan) Ortuseight SONIC RN CAP dan PUMA Running Visor

 

Topi menjadi sebuah perlengkapan utama bagi para pelari agar tidak terkena paparan sinar matahari terlebih jika sering berlari pada saat pagi atau siang hari.

Soraya menyarankan untuk memilih topi berbahan dryfit yang memiliki daya serap keringat yang tinggi. Pemilihan bentuk dan model topi juga dapat disesuaikan dengan kondisi kulit kepala dan rambut sehingga nyaman digunakan dan dapat menjaga sirkulasi udara dengan baik agar kesehatan rambut dan kulit kepala juga tetap terjaga selama berolahraga. 

Headband

(Kiri-Kanan) Headband Sport Rexchi, Decathlon Kalenji Headband

Headband dapat membantu menjaga keringat agar tidak masuk ke mata dan garis rambut. Pilihlah bahan yang ringan dan breathable sehingga tidak mudah jatuh saat berlari. Selain fungsional, headband juga dapat memberikan tampilan yang lebih stylish saat berlari.