Moms, Ini Cara Aman Minum Kopi Saat Hamil

Minggu, 26 Desember 2021 | 14:51:00

Moms, Ini Cara Aman Minum Kopi Saat Hamil

Ilustrasi ibu hamil minum kopi. (Special)

Ladiestory.id - Tak sedikit ibu hamil minum kopi saat bepergian karena merasa nyaman ketika mengonsumsi sejumlah besar gula dalam minuman, seperti soda dan teh manis. Mereka juga lebih cenderung mencoba rasa kopi baru karena selera mereka berubah selama kehamilan.

Sementara beberapa ibu hamil mungkin berpikir bahwa mereka harus menghindari kafein saat hamil. Jadi sebenarnya bagaimana fakta dan risiko saat ibu hamil minum kopi?

Apakah Ibu Hamil Minum Kopi Berbahaya Bagi Kehamilan dan Bayinya?

Ilustrasi minum kopi. (Special)

 Kopi merupakan minuman yang digemari banyak orang. Tapi itu juga terkait dengan risiko kesehatan. Singkatnya adalah tergantung seberapa banyak Kamu meminumnya. Bagi kebanyakan perempuan, secangkir kopi aman selama kehamilan, selama mereka tidak memiliki kondisi kesehatan terkait kafein.

Namun, para peneliti telah menemukan bahwa minum lebih dari dua cangkir per hari dapat meningkatkan risiko keguguran atau berat badan lahir rendah pada bayi. Kabar baiknya adalah ada cara untuk membatasi jumlah kafein yang dikonsumsi tanpa membatasi konsumsi kopimu terlalu banyak.

Tidak semua kopi berbahaya untuk diminum ibu hamil. Namun, karena kafein menjadi bahan dalam sebagian besar kopi, kafein dapat memiliki beberapa efek samping pada ibu dan bayi.

Banyak dari kita mungkin menyadari fakta ini tetapi banyak yang tidak. Maka, yang terbaik adalah aman daripada menyesal jadi penting untuk berpikir dua kali sebelum Kamu minum kopi dalam porsi berlebihan saat hamil.

Apa Ilmu Di Balik Ibu Hamil Minum Kopi?

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Kopi adalah minuman yang populer dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia. Telah terbukti bahwa itu dapat memiliki berbagai efek pada kesehatan manusia. Beberapa efek ini termasuk penambahan berat badan, insomnia, kecemasan, dan bahkan pencegahan kanker.

Ibu hamil minum kopi untuk memastikan mereka memiliki energi dan stamina untuk menjalankan tugas sehari-hari, ini bermanfaat bagi kesehatan ibu dan anak.

Kafein adalah stimulan, yang berarti membantu membangunkan otak dan tubuh. Seorang ibu hamil membutuhkan semua stimulasi mental dan fisik yang mungkin, jadi kafein adalah pilihan terbaik untuknya.

Kafein dapat ditemukan dalam makanan yang berbeda seperti teh, kopi hitam atau minuman energi. Sangat penting untuk tidak minum terlalu banyak kafein, karena Kamu tidak ingin bayimu mengembangkan ketergantungan padanya agar merasa waspada dan terjaga sepanjang hari.

Ada banyak prasangka tentang kafein pada wanita hamil. Namun, tidak ada bukti nyata yang menunjukkan bahwa minum kopi selama kehamilan merugikan bayi yang sedang berkembang.

Sebagian besar wanita hamil disarankan untuk menahan diri dari mengkonsumsi kafein berlebihan karena dapat memiliki konsekuensi negatif pada perkembangan anak mereka yang belum lahir. Namun, belum ada bukti yang mendukung klaim ini sehingga harus diambil dengan sedikit pertimbangan sampai penelitian lebih lanjut membuktikan sebaliknya.

Apa Manfaat Ibu Hamil Minum Kopi?

Kafein dikenal karena efeknya pada tubuh. Ini dapat membantu merangsang kontraksi otot rahim dan membuka saluran udara selama persalinan. Minuman berkafein seperti limun dan es teh juga diperbolehkan selama kehamilan karena tidak mengandung kafein.

Minum kopi saat hamil adalah topik yang kontroversial. Secara umum, ibu hamil sebaiknya menghindari kopi berlebihan karena dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan dan masih kurangnya penelitian tentang manfaatnya. Namun, beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa minum kopi dalam jumlah kecil tidak berdampak signifikan pada perkembangan bayi.

Beberapa manfaat minum kopi selama kehamilan adalah bahwa kafein memiliki efek pada detak jantung dan tekanan darah selama kehamilan dan dapat bermanfaat bagi ibu hamil yang menderita preeklamsia. 

Beberapa orang mengatakan bahwa akan lebih baik bagi wanita hamil untuk minum sesuatu versi favorit mereka tanpa kafein yang berlebihan.

Apa Risiko Minum Kopi Saat Hamil?

Kopi berlebihan tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena efek kafein pada sistem saraf janin. Efek jangka panjang dari kafein belum diketahui, tetapi telah diakui bahwa asupan kronis dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, dan kelahiran prematur. Risiko komplikasi ini lebih tinggi ketika jumlah kafein yang dikonsumsi dalam kisaran sedang.

Kami sangat menyarankan untuk sangat berhati-hati saat minum kopi selama kehamilan. Batasi asupanmu tidak lebih dari 200mg per hari untuk menghindari konsekuensi potensial.

Kopi dalam jumlah sedang selama kehamilan adalah aman. Namun, kopi mengandung kafein dan telah ditemukan bahwa wanita hamil yang minum lebih dari 200 miligram kafein per hari berisiko lebih tinggi mengalami keguguran.