5 Ide Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Jumat, 24 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Ide Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Foto: Etalase Bintaro

Ladiestory.id - Menjadi ibu rumah tangga kadang-kadang menjadikan kita kesulitan dalam memperoleh penghasilan lebih. Pasalnya, seorang ibu rumah tangga mempunyai tanggung jawab yang besar dalam semua hal yang ada di rumah.

Tanggung jawab itu dapat berwujud memastikan semua area rumah bersih, memastikan anak terawat dengan baik, mencuci piring, memasak, mengantar serta menjemput anak sekolah, dan sebagainya.

Hampir semua yang berprofesi menjadi ibu rumah tangga mengerjakan pekerjaan rumah dari pagi hingga malam. Walaupun di antaranya terdapat waktu yang dapat dipakai guna beristirahat.

Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Namun, ibu rumah tangga pun tetap dapat memperoleh pemasukan lebih layaknya wanita karier, lo. Caranya yaitu dengan membuat sebuah bisnis.

Dengan menjalankan bisnis, waktu Anda dalam mengurus rumah tak akan terganggu sebab menjalankan bisnis merupakan pekerjaan yang sangat fleksibel.

Selain berbisnis, Anda juga dapat mengerjakan pekerjaan freelance yang sifatnya pun juga fleksibel. Apa saja, ya bisnis sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga?

1. Menjadi Dropshiper atau Reseller

Foto: Ladiestory.id

Dropshiper merupakan menjadi perantara untuk pemasok barang dan konsumen pada proses jual beli online. Promosikan produk ke media sosial dan platform lainnya.

Semua urusan pengemasan dan pengiriman produk ke konsumen, merupakan tanggung jawab dari pemasok. Keuntungan yang dapat Anda ambil yaitu selisih dari harga pemasok dan harga jual yang sudah Anda berikan.

Reseller membeli produk yang dijual pemasok, kemudian dijual lagi dengan harga yang diinginkan sendiri. Namun ingat, harga yang dipastikan ada baiknya jangan terlalu tinggi daripada harga grosir dari pemasok, ya.

Bisnis menjadi reseller ini nyatanya memerlukan modal yang kecil, lho. Sehingga cocok menjadi pekerjaan sampingan bagi ibu rumah tangga.

2. Katering

Foto: Ladiestory.id

Bisnis yang satu ini telah banyak dicoba oleh para ibu rumah tangga sebab lumayan menjanjikan selama masih terdapat orang yang memerlukan jasa ini dalam menyiapkan konsumsi di acara yang mereka adakan.

Entah pada acara pernikahan, pengajian, arisan, rapat, pertemuan, dan lain-lain akan memerlukan konsumsi.

Bisnis ini memiliki potensi dalam memberikan kesempatan ibu rumah tangga memperoleh pemasukan lebih. Sebab dapat dinilai bisnis makanan merupakan bisnis yang dapat memberikan keuntungan besar.

Di sisi lain, ketika mengerjakan pesanan katering, Anda dapat sekaligus menyiapkan makanan rumah bagi suami dan anak.

3. Menjual Aksesoris Wanita

Aksesoris wanita merupakan salah satu produk yang paling laris di ecommerce sebab memang permintaannya yang stabil. Para wanita biasanya akan mengenakan aksesori ketika pergi sekolah, kuliah, kerja dan jalan-jalan.

Dengan modal yang tidak terlalu besar, kamu dapat mencoba berjualan aksesoris wanita dengan online, siapa tahu cukup laris sebab memang permintaan pasarnya yang besar.

4. Penulis Freelance

Foto: Ladiestory.id

Untuk Anda yang gemar menulis atau mempunyai latar di bidang kepenulisan dapat menjadi penulis lepas yang juga menguntungkan.

Usaha ini dapat dikerjakan ketika pekerjaan rumah sudah selesai semua, dapat dikerjakan di malam hari, dan waktu lain ketika luang.

Apalagi pada era digital ini banyak perusahaan yang mengenakan sebuah website atau aplikasi yang mana didalamnya diperlukan artikel-artikel yang dibuat oleh penulis freelance.

5. Jasa Rias

Foto: Ladiestory.id

Dapat dibilang semua wanita bisa berdandan, tapi tak semua agenda membolehkan wanita dalam merias dirinya sendiri. Contohnya saja ketika menikah, wisuda, pemotretan, dan acara lainnya.

Anda dapat menjalankan bisnis jasa rias yang lumayan fleksibel dan tak membuang banyak waktu.

Untuk Anda yang sudah menjadi ibu rumah tangga dan menginginkan pemasukan lebih, dapat membuat bisnis sampingan seperti di atas. Semoga bermanfaat.