6 Ide Bisnis Rumahan yang Jadi Tren Selama Pandemi

Selasa, 14 September 2021 | 07:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Ide Bisnis Rumahan yang Jadi Tren Selama Pandemi

Foto: Ladiestory.id

Di masa pandemi saat ini setiap orang dituntut cerdas untuk bisa menghasilkan uang. Salah satu caranya adalah dengan mencari peluang usaha rumahan atau ide bisnis rumahan. Ada banyak ide bisnis rumahan yang cukup ngetren dengan keuntungan yang lumayan menjanjikan. 

Ide BIsnis Rumahan yang Tren Selama Pandemi

Inilah ide bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan di masa pandemi.

1. Bisnis Kuliner

Foto: Ladiestory.id

Salah satu ide bisnis rumahan yang marak selama pandemi adalah bisnis online kuliner. Bisnis kuliner terus mengalami kemajuan yang cukup pesat selama pandemi. Apalagi buat mereka yang hobi masak, bisa mulai dari membuka jasa katering, membuat kue, berjualan makanan frozen atau makanan jajanan sehari-hari.

Bisnis kuliner banyak diminati karena tidak semua orang bisa dan mau memasak sendiri di rumah. Cara mempromosikan bisnis macam ini cukup mudah saat ini, Anda bisa mengiklankan jualan Anda lewat grup WhatsApp, Facebook, atau Instagram.

2. Bisnis Pakaian Online

Foto: Ladiestory.id

Bisnis selanjutnya yang tren di masyarakat selama pandemi adalah bisnis ritel online. Mengingat, di masa pandemi ini ada banyak pusat perbelanjaan yang tutup. Maka peluang yang dapat dilakukan antara lain menjadi reseller atau dropshipper online.

3. Bisnis Tanaman dan Ikan Hias

Foto: Ladiestory.id

Diharuskan untuk berada di rumah saat pandemi membuat sebagian orang merasa bosan. Tak heran bila banyak orang mencari kesibukan termasuk dengan melakukan hobinya. Seperti memelihara ikan hias atau tanaman hias di rumahnya. Situasi seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis tanaman dan ikan hias. Untungnya pun cukup menjadikan loh, boleh dicoba nih!

4. Menjadi Youtuber

Foto: Ladiestory.id

Bisnis selanjutnya yang bisa digeluti selama masa pandemi adalah menjadi Youtuber. Bisnis juga tergolong tren dan ramai diminati, pasalnya, banyak orang yang memerlukan hiburan di tengah aktivitasnya di rumah.

Anda bisa mulai aktif bersosial media dan mengumpulkan banyak followers untuk menjadi YouTuber. Berbagai konten dapat dibuat seperti meng-cover lagu, berbagi tips dan informasi, membagi resep masakan, ataupun hal menghibur lain yang positif.

Semakin banyak yang mengikuti dan menonton video Anda, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube

5. Membuka Jasa Editing Video

Foto: Ladiestory.id

Selain menjadi Youtuber, bagi Anda yang juga gemar membuat video bisa juga menjual keahlian Anda dalam mengedit video. Karena saat ini banyak perusahaan startup yang membutuhkan video untuk promosi dan iklan.

Ide bisnis rumahan yang satu ini sebenarnya sangat praktis, karena Anda hanya perlu PC atau laptop dan software editing video. Anda juga mungkin memerlukan penyimpanan tambahan dan Photoshop untuk membuat grafik atau thumbnail yang menarik.

Anda juga diharuskan memiliki kemampuan bercerita agar bisa mengedit video dalam alur yang baik. Narasi video sebaiknya yang mudah diikuti, dan membuat penonton tertarik mengikutinya dari awal sampai akhir video.

6. Mengajar Les Online

Foto: Ladiestory.id

Ide bisnis berikutnya adalah dengan menjadi pengajar les online. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara part-time.

Anda bisa mengajar anak-anak atau mahasiswa sesuai dengan bidang pelajaran yang anda kuasai. Untuk menjadi pengajar Anda tidak harus punya gelar tapi cukup dengan pengalaman yang relevan. Metode pengajaran yang digunakan bisa berupa teks, panggilan video, papan tulis online, dan sebagainya.

Keenam bisnis di atas dapat Anda coba untuk menambah penghasilan selama pandemi. Bisnis tersebut tergolong menjanjikan tanpa membutuhkan banyak ruang, sehingga lebih efektif dan efisien.

Berita Terkait