Patut Dicoba, 3 Ide Unik untuk Membuat Aktivitas Anak di Rumah

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Patut Dicoba, 3 Ide Unik untuk Membuat Aktivitas Anak di Rumah

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Keadaan yang sedang berbeda terjadi karena penyebaran virus corona atau Covid-19. Hal ini menyebabkan pemerintah menetapkan setiap pekerja untuk work from home (WFH) sehingga mengimbau masyarakat melakukan social distancing atau physical distancing yang berarti pembatasan jarak dengan orang lain.

Penerapan bekerja dari rumah dialami oleh berbagai sektor dari perkantoran, sekolah dan instansi pendidikan melakukan pemberhentian kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan berubah menjadi belajar di rumah masing-masing.

Ide Aktivitas Bersama Anak di Rumah

Rutinitas baru merupakan sebuah tantangan bagi setiap orang tua yang harus bekerja diharuskan untuk  membantu anak belajar dan menemaninya bermain.

Walaupun tidak mudah, namun bekerja di rumah merupakan sebuah peluang untuk menghabiskan waktu dengan anak-anak melalui kegiatan yang menyenangkan. Setiap orang tua mulai mencari aktivitas anak yang menyenangkan dan mengasah kemampuan mereka.

Berikut ini rekomendasi beberapa kegiatan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak selama di rumah.

1. Berkreasi Membuat Masakan Jajanan Sekolah Dapat Meningkatkan Kreativitas

Foto: Ladiestory.id

Kegiatan yang menghabiskan waktu di rumah bersama anak membuat kita dapat menjaga kesehatan anak dengan mengontrol seluruh makanan yang dikonsumsinya. Selain itu, kita dapat membantu dalam memilih makanan yang aman sehingga dapat dikonsumsi anak saat di sekolah.

Seringkali mungkin anak merasa bosan dengan makanan rumah, maka dari itu mulai coba untuk kreasikan bersama anak untuk membuat jajanan sekolah seperti siomay, bakso, roti goreng, atau jajanan lainnya. Selain itu, kita bisa membuat menu jajanan yang berbeda setiap harinya dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

2. Melakukan Piket di Rumah agar Anak Belajar Kedisiplinan serta Menjaga Kebersihan

Foto: Ladiestory.id

Biasanya kegiatan piket dilakukan disekolah dan disusun untuk siswa membersihkan ruangan kelasnya. Orang tua dapat menggunakan ide untuk membiasakan anak menjaga ruangan belajar tetap rapi dan bersih dari  membersihkan debu atau menyapu ruang belajar dan kamar tidurnya.

Selain itu, kita dapat mengajarkan anak untuk tetap melakukan piket di rumah mengenai kedisiplinan dan menjaga kebersihan, anak-anak dapat sekaligus meringankan beban pekerjaan di rumah

3. Tingkatkan Konsentrasi Belajar Anak dengan Membuat Jadwal yang Sama seperti di Sekolah

Foto: Ladiestory.id

Menumbuhkan konsentrasi  belajar di rumah memang tidak semudah saat belajar di sekolah, maka dari itu perlu buat sesi belajar khusus di rumah. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah menyiapkan ruangan khusus anak belajar, dengan segala peralatan belajar seperti meja, kursi, laptop, dan buku-bukunya dengan baik.

Selain itu untuk membangun suasana belajar terkesan seperti di sekolah, buatlah jadwal mata pelajaran, membuat bel istirahat saat jam-jam tertentu, diselingi waktu dengan permainan seru yang berkaitan dengan mata pelajarannya. Tips ini membuat anak-anak jadi terbiasa untuk belajar di rumah sama seperti belajar di sekolah.

Berikan sesi untuk menghubungi teman-teman mereka pada waktu jam istirahat. Laporkan sesi belajar di rumah ke guru sekolah dengan cara yang menyenangkan seperti merekamnya di video.

Ide unik lainnya adalah mengajak anak membantu di dapur untuk menyiapkan makan siang pada sesi istirahat. Pada saat mengerjakan tugas-tugas, orang tua dapat mengerjakan pekerjaan seperti biasa.

Nah, itulah beberapa ide unik untuk aktivitas anak selama di rumah. Tetap semangat dalam mendampingi anak berkembang, bertumbuh, dan belajar, ya!

Berita Terkait