Mau Bisnis? Ini 7 Ide Usaha Rumahan yang Bisa Kamu Coba

Sabtu, 16 Juli 2022 | 00:01:00

Ghina Nafisah

Penulis : Ghina Nafisah

Mau Bisnis? Ini 7 Ide Usaha Rumahan Yang Bisa Kamu Coba

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Apakah kamu sedang mencari ide usaha yang mudah dan hanya menggunakan modal kecil, buat dapetin cuan tambahan? Tenang, karena sekarang kamu bisa dapet cuan hanya lewat usaha rumahan loh. Zaman sekarang ini sudah banyak ide dan kemudahan dalam hal berjualan, bahkan kemudahan dalam berjualan pun terbantu dengan adanya marketplace belanja online.

Oleh karena itu usaha rumahan bisa menjadi pilihanmu, selain tidak perlu menyewa toko atau ruko, usaha rumahan juga menggunakan modal yang kecil dan bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Cocok juga nih untuk kamu para pelajar yang butuh uang jajan tambahan.  

Untuk kamu yang masih bingung mau usaha apa, berikut ini ide usaha rumahan yang mudah untuk kamu ikuti dengan hanya menggunakan modal kecil.

Usaha Desain

Ide Usaha Rumahan yang Mudah dengan Modal Kecil. (Special)

Ide pertama datang dari usaha desain, apa maksud dari usaha desain? Usaha desain adalah usaha berjualan suatu produk yang datang dari hasil desain yang kamu buat sendiri. Selain mudah untuk diikuti, usaha ini juga menjanjikan. Usaha yang bisa kamu lakukan contohnya berjualan karya ilustrasi, poster artis atau hiasan dinding, buku catatan (notebook), dan botol minum (tumbler) dari hasil gambarmu sendiri.

Jasa Jahit

Ide Usaha Rumahan yang Mudah dengan Modal Kecil. (Special)

Untuk kamu yang ahli menjahit, jangan sia-siakan bakatmu. Kamu bisa membuka jasa jahit nih, mulai dari membetulkan keluhan baju customer hingga membuat baju seragaman seperti baju nikahan atau sekolah. 

Fotografer dan Videografer

Ide Usaha Rumahan yang Mudah dengan Modal Kecil. (Special)

Kamu yang hobinya foto-foto bisa banget coba usaha ini. Dengan cukup bermodalkan kamera dan keahlianmu, kamu bisa menghasilkan uang tambahan. Kamu bisa buka jasa foto seperti jasa foto produk, foto wisuda sampai dokumentasi pernikahan. Usaha ini sangat digemari oleh mahasiswa, karena waktunya yang fleksibel.

Guru Private

Ide Usaha Rumahan yang Mudah dengan Modal Kecil. (Special)

Guru private, sebuah usaha yang selain mudah dan modalnya yang kecil, usaha ini juga mendatangkan manfaat. Ditambah sekarang untuk menjadi guru private tidak harus datang kerumah, karena kamu bisa melakukannya secara online melalui aplikasi meetingZoom”.

Usaha Masakan Rumahan

Ide Usaha Rumahan yang Mudah dengan Modal Kecil. (Special)

Makanan menjadi hal penting di hidup kita, oleh karena itu usaha ini tak pernah lekang oleh waktu. Ya, usaha kuliner seperti masakan rumahan ini memang selalu diminati banyak pembeli. Kamu bisa memulainya dengan berjualan lauk pauk, masakan atau jajanan ringan seperti keripik atau gorengan. Selain bisa berjualan lewat rumah kamu juga bisa memasarkannya lewat aplikasi online, seperti “GoFood”.

Usaha Kerajinan Tangan

Ide Usaha Rumahan yang Mudah dengan Modal Kecil. (Special)

Usaha yang cocok untuk kamu yang selalu memiliki ide-ide unik dan menarik. Tak harus menjadi ahlinya, kamu cukup menjadi orang yang kreatif. Dengan itu kamu bisa membuat suatu produk yang bisa kamu jualkan seperti tas rajut, kotak pensil hingga vas bunga dari tanah liat.

Menjadi Konten Kreator

Ide Usaha Rumahan yang Mudah dengan Modal Kecil. Foto: Ladiestory.id

Dan yang terakhir dan menjadi salah satu usaha yang paling banyak diikuti orang adalah kontent kreator. Usaha ini mengharuskan mu untuk membuat suatu kontent yang disebar luaskan di media sosial seperti Instagram, YouTube maupun TikTok. Modalnya pun sangat kecil dan mudah untuk kamu lakukan.

Kamu hanya perlu terus konsisten membangun citra dirimu di media sosial dan selalu menghadirkan konten yang menarik agar banyak dilihat, setelah kamu mendapatkan popularitas maka kamu akan banyak mendapat tawaran atau ajakan kolaborasi, dan disitulah cuan mengalir.

Nah itu tadi ide usaha rumahan yang mudah untuk diikuti dengan cukup menggunakan modal yang kecil, selamat mencoba.