Mau Bisnis? Yuk Coba Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Tahun 2021

Kamis, 2 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Mau Bisnis? Yuk Coba Bisnis Franchise Makanan Terlaris Di Tahun 2021

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kita tentu sering mendengar franchise. Dalam Bahasa Indonesia, franchise adalah waralaba. Wara artinya lebih, laba artinya untung. Sehingga bisnis franchise adalah upaya mengharapkan keuntungan lebih.

Apa Itu Franchise?

Foto: Ladiestory.id

Franchise adalah salah satu cara termudah dan tercepat dalam memulai bisnis. Ini karena dengan membeli franchise, maka merek bisnis tersebut lazimnya sudah cukup dikenal oleh masyarakat.

Merujuk pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba, franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis.

Ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Dalam dunia franchise, dikenal juga istilah franchisor atau pemberi waralaba. Masih berdasarkan regulasi yang sama, franchisor sendiri adalah orang perseorangan atau badan usaha yang memberikan hak untuk memanfaatkan atau menggunakan waralaba yang dimilikinya kepada penerima waralaba.

Dengan membayar franchise fee, maka penerima waralaba diberikan hak untuk memanfaatkan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual serta segala penemuan dari suatu brand yang dimiliki franchisor.

Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Tahun 2021

Mau coba bisnis franchise makanan? Berikut deretan franchise makanan terlaris yang masih bertahan sampai sekarang dan tetap laku di tahun 2021.

1. Kebab Baba Rafi

Foto: paper

Kebab Baba Rafi bisa disebut salah satu franchise makanan terlaris yang sukses dan legendaris di Indonesia. Dimulai sejak 2003 dan masih menawarkan sistem waralaba hingga sekarang.

Kebab Baba Rafi juga sudah melebarkan sayapnya tidak cuma di wilayah Indonesia, tapi sampai ke luar negeri. Merek waralaba asal Indonesia ini bahkan memiliki 68 outlet di 9 negara yakni Malaysia, India, Filipina, Sri lanka, China, Singapura, Brunei, Belanda, dan Bangladesh.

Baba Rafi memiliki opsi outlet Container Kebab, Container Kebab Kafe, Baba Rafi Premium, Black Booth, dan Black Kiosk. Biaya atau nilai investasi outlet-outlet tersebut tentunya memiliki perbedaan. Bila ingin bermitra dengan Kebab Baba Rafi cukup sediakan dana mulai dari Rp75 juta untuk model outlet Black Kiosk.

Estimasi keuntungan dengan omzet rata-rata per bulan Rp19,5 juta bisa mendapatkan keuntungan bersih Rp 4,8 juta. Dengan demikian perkiraan balik modal sekitar 1,4 tahun.

2. Eatlah

Eatlah terkenal akan ayam saus telur asinnya yang tak pernah sepi penikmat. Pada tahun 2018, Eatlah memiliki 14 gerai dan tiap gerainya mampu menjual sekitar 300 box per hari. Hal ini menjadikannya salah satu franchise makanan terlaris.

Modal yang perlu dikeluarkan untuk menjadi franchisee Eatlah berkisar antara Rp300--Rp500 juta. Meskipun cukup besar, minimnya kompetitor merupakan peluang bagi kalian untuk meraup banyak keuntungan.

3. Sabana Fried Chicken

Foto: finansialku

Kamu yang suka banget makan ayam goreng tentu aja tahu franchise makanan terlaris yang satu ini dong. Rasa ayamnya yang dibilang mirip-mirip KFC bikin Sabana Fried Chicken punya penggemar setia sendiri. Apalagi harga ayam goreng yang ditawarkan terbilang murah. Bayar Rp15 ribu aja, kamu udah dapat paket ayam plus nasi.

Buat beli franchise ini, dibutuhkan modal sebesar Rp16,7 juta. Selama tiga bulan pertama pihak Sabana Fried Chicken bakal memberikan asistensi alias memantau dan membimbing perkembangan usaha kamu Kalau sukses, dalam satu bulan kamu bisa mengantongi omzet hingga Rp20 juta.

4. Martabak San Fransisco

Martabak merupakan jajanan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Kalau tertarik dengan bisnis martabak, cobalah waralaba Martabak San Fransisco. Brand ini sudah terkenal di wilayah Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai waralaba Martabak San Fransisco adalah 90 juta rupiah. Namun tak perlu khawatir, karena dalam waktu 3 bulan saja, modal sudah bisa kembali. Sebab dalam waktu satu hari saja, bisa mengantongi 1 juta rupiah dari berjualan martabak ini.

5. Ngikan Yuk

Ngikan Yuk belakangan ini terus merajai franchise makanan di Indonesia. Bisnis kulineran yang juga dikembangkan oleh selebgram Niko Al-Hakim dan Rachel Vennya ini juga bisa menjadi referensi franchise pilihan terlaris. Hanya saja untuk membuka bisnis ini, setidaknya perlu menyiapkan dana yang banyak.

Franchisor harus menyiapkan dana sampai 300 jutaan demi bisa membuka bisnis Efnel. Biaya tersebut sudah mencakup keseluruhan franchise selama 5 tahun.

Dengan menggeluti bisnis franchise ini, maka franchisor bisa cepat memperoleh keuntungan. Bahkan untuk sekedar balik modal pun gampang.

6. Warunk Upnormal

Foto: njajan

Anak muda sangat suka nongkrong di tempat yang nyaman untuk sekedar bersantai bersama teman, apalagi jika jajanan yang ditawarkan adalah jajanan seperti mie instan, roti bakar, dan minuman yang menyegarkan.

Pasti kamu sudah sering mendengar Warunk Upnormal, restoran yang selalu ramai karena menyediakan jajanan-jajanan tadi. Nah kalau kamu membeli lisensi franchise Warunk Upnormal, sangat mungkin restoran kamu akan dipenuhi pelanggan, apalagi ketika akhir pekan.

Inilah 6 franchise makanan yang terlaris di tahun 2021. Tertarik untuk mencoba bisnis franchise?