Tingkatkan Interaksi Pelanggan, Indosat Ooredoo Hutchison Luncurkan Chatbot WhatsApp dari Infobip

Rabu, 27 Juli 2022 | 22:30:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Tingkatkan Interaksi Pelanggan, Indosat Ooredoo Hutchison Luncurkan Chatbot Whatsapp Dari Infobip

Ilustrasi WhatsApp. (Special)

Ladiestory.id - Indosat Ooredoo Hutchison, perusahaan telekomunikasi digital, meluncurkan chatbot WhatsApp untuk menghidupkan kembali interaksi dengan pelanggan. Chatbot ini didukung oleh platform komunikasi cloud global, Infobip. 

Dalam waktu kurang dari enam bulan, chatbot baru ini telah mengubah operasional layanan pelanggan perusahaan, meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 40 persen, dan meningkatkan pendapatan yang secara langsung dapat diatribusikan ke WhatsApp sebesar lima kali lipat pada tahun pertama.

Chatbot WhatsApp yang diluncurkan Indosat Ooredoo Hutchison hadir untuk menjawab perubahan kondisi pasar, menyediakan kesinambungan layanan dengan kondisi toko yang tutup, serta dalam menjawab berbagai pertanyaan pelanggan yang beragam.

Chatbot ini dapat mengelola lebih dari 200 kasus penggunaan individu. Kasus-kasus tersebut termasuk pemeriksaan saldo dan sisa kuota data, mengunduh tagihan, dan mendaftar untuk value added services

Dengan mengintegrasikan kartu kredit dan e-wallet, layanan chatbot ini juga dapat mengelola pembayaran tagihan online, isi ulang akun, dan pembelian paket telekomunikasi, yang dapat memungkinkan channel baru untuk menghasilkan pendapatan. Jika permintaan-permintaan tersebut tidak dapat diselesaikan oleh chatbot, maka pelanggan akan dialihkan ke agen customer service.

Berkat solusi dari Infobip, kami dapat menangani 92% pertanyaan pelanggan di WhatsApp tanpa perlu masukan dari agen manusia - bahkan lebih mengesankannya lagi, hal yang dijadikan pertimbangan adalah pencapaian kami dalam peningkatan pengguna sebesar 168% di tahun lalu,” ujar Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer, Indosat Ooredoo Hutchison lewat press release yang diterima Ladiestory.id, Rabu (27/7/2022).

Layanan chatbot ini juga memungkinkan Indosat Ooredoo Hutchison dalam mengembangkan kampanye untuk menjangkau pelanggan tertentu, yang memilih untuk menerima pembaruan melalui aplikasi WhatsApp. Misalnya, untuk pelanggan pascabayar yang biasanya harus membayar tagihan secara langsung kini bisa menerima tautan melalui aplikasi WhatsApp untuk membayar tagihan dengan menggunakan ponsel mereka.