Bikin Lebih Bahagia, Inez Kristanti Bagikan 4 Cara Tingkatkan Self Love

Kamis, 27 Januari 2022 | 17:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Bikin Lebih Bahagia, Inez Kristanti Bagikan 4 Cara Tingkatkan Self Love

Inez Kristanti. (Instagram.com/inezkristanti)

Ladiestory.id - Kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mengkhawatirkan, membuat banyak orang pada satu aspek saja yaitu kesehatan. Betul, kesehatan memang menjadi hal yang penting, namun bukan berarti mengabaikan hal lain, seperti perawatan diri.

Merawat diri dan memberikan penghargaan terhadap diri sendiri atas kerja keras dan pencapaian yang telah diraih tak boleh disepelekan lho. Meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah salah satu bentuk mencintai diri sendiri atau self love yang harus kita perhatikan. Self love sangat penting dimiliki agar bisa lebih menerima dan menghargai diri sendiri.

Menurut Inez Kristanti, Clinical Psychologist, self love seharusnya dilihat sebagai sebuah perjalanan, bukan tujuan. Karena sepanjang perjalanan hidup, kita mungkin akan mempelajari cara-cara baru untuk menerima hal-hal dalam diri kita yang tidak bisa kita ubah, sambil terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Dalam acara BincangShopee 2.2 COD Sale: “Self Love: Awali Dari Diri Sendiri”, Inez Kristanti pun memberikan tips untuk meningkatkan rasa cinta pada diri sendiri. Berikut empat tips meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri yang berhasil dirangkum oleh Ladiestory.id.

Mendengarkan dan Menanggapi Kebutuhan Diri Sendiri

Ilustrasi perempuan mengalami life quarter crisis. (Special)

 

Cara untuk menerapkan self love berbeda untuk semua orang, oleh karena itu hal utama yang perlu dilakukan saat mulai membangun rasa cinta terhadap diri sendiri adalah dengan mencoba untuk mendengarkan dan menanggapi kebutuhan diri.

Kamu bisa mulai dari mengidentifikasi kelebihan dan kekuranganmu, mimpi dan harapanmu, kegiatan favoritmu, dan yang paling penting apa yang membuatmu merasa senang. Tujuannya adalah untuk menentukan hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk memberikan apresiasi kepada diri sendiri, yang merupakan bentuk dari self love.

Berani Berkata “Tidak” untuk Hal-hal yang Tak Bisa Disanggupi

Ilustrasi menolak pasangan. (Spesial)

 Setiap orang punya hak untuk berkata “tidak”, baik kepada diri sendiri ataupun orang di sekitarnya. Sayangnya, kita sering merasa kesulitan untuk berkata “tidak” karena enggan menyakiti hati orang lain. Namun perlu diingat bahwa kita juga memiliki batas, tanggung jawab, dan kepentingan yang perlu dituntaskan.

Jadi, jangan lagi takut untuk menolak permintaan dari seseorang dan belajar lah bersikap tegas demi kebaikan dirimu sendiri. Bantulah orang lain saat kamu merasa mampu, baik itu berupa jasa maupun finansial.

Me Time Tidak Harus Banyak yang Penting Berkualitas

Ilustrasi me time. (Special)

Di tengah kesibukan sehari-hari, seringkali merasa lelah dengan berbagai tekanan ataupun rutinitas yang berulang. Jika terus dibiarkan, hal ini bisa mengakibatkan stres dan burnout. Maka itu, Kamu perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri atau yang sering disebut dengan me-time.

Kabar baik untuk Kamu yang super sibuk, me-time tidak harus mengambil waktu banyak kok! Dengan meluangkan sedikit waktu "turn-off" untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai, kamu bisa melepas penat dan mengembalikan mood sehingga bisa lebih semangat dalam menjalani hari.

Menerima Hal-hal yang Tidak Bisa Diubah

Ilustrasi merenung. (Special)

Walaupun sudah berusaha semaksimal mungkin, terkadang kita masih sering dikecewakan oleh realita, dan berakhir menyalahkan hingga membenci diri sendiri.

Saat hal tidak berjalan sesuai dengan rencana, sebaiknya kita berusaha untuk berlapang dada dan mengubah mindset dengan menerima bahwa memang ada beberapa hal yang ada di luar kendali dan tidak bisa diubah. Bukan berarti kita menjadi cepat menyerah, ya! Kita harus tetap optimis dan percaya bahwa akan ada hal baik lainnya yang bisa diusahakan untuk menjadi kenyataan.