Ingin Balikan, Inilah Cara Meminta Maaf kepada Mantan Pacar

Jumat, 22 Oktober 2021 | 05:41:00

Ingin Balikan, Inilah Cara Meminta Maaf Kepada Mantan Pacar

Foto: pexel

Ladiestory.id - Salah satu tantangan terberat orang yang ingin kembali menjalin hubungan adalah cara meminta maaf kepada mantan, apalagi jika hubungan cinta kamu selesai karena hal yang tidak baik.

Tidak mudah untuk cara meminta maaf kepada mantan pacar karena kamu mungkin merasa sangat menyesal, malu, atau gengsi terhadap mereka. Namun, cara terbaik untuk beralih dari pengalaman ini adalah bersikap proaktif dan meminta maaf terlebih dahulu.

Kamu mungkin merasa bahwa kamu tidak cukup baik untuk mantan kamu. Mungkin kamu gagal menjaga hubungan tetap utuh, atau kamu putus dengannya karena dia terlalu cerewet. 

Apapun alasannya, tidak pernah mudah untuk meminta maaf kepada mantan pacar. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kami akan berusaha merangkum cara meminta maaf kepada mantan pacar khusus buat kamu yang ingin balikan.

Pahami Apa Alasan Kamu Meminta Maaf

minta maaf kepada mantan
Foto: Ladiestory.id

Kamu harus memahami bahwa meminta maaf karena kamu merasa bersalah atau menyesal atas apa yang telah kamu lakukan dan ingin menebus kesalahan. 

Kamu meminta maaf karena kamu tidak dapat melupakan mantan dan masih memiliki keinginan untuk melanjutkan hubungan kembali jika dia berkenan. Kamu perlu meminta maaf ketika untuk memperbaiki kerusakan dan menjaga semuanya tetap berjalan baik.

Kami percaya selalu ada cara meminta maaf berupa permintaan maaf atas kesalahan yang kamu buat, jika kamu telah menyakiti perasaan mantan kamu atau jika kamu ingin melanjutkan hubungan kembali dengannya.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Cara Meminta Maaf dengan Benar kepada Mantan

minta maaf kepada mantan
Foto: Ladiestory.id

Inilah saatnya untuk mulai menerima bahwa kamu tidak dapat terlalu berharap kembali bersama mantan lagi. Kamu harus bersikap jika mantan kekasih kamu sudah bersama orang lain, itu adalah pilihan mereka dan kamu harus menghormati pilihan itu tanpa merasakan kepahitan atau kebencian apapun terhadap mereka.

Namun tidak ada salahnya untuk kamu tetap meminta maaf agar kamu dapat berdamai dengan keadaan dan dapat menemukan kebahagiaan lain seperti mantan kamu.

Namun, jika mantan kamu ternyata belum memiliki pasangan, kamu memiliki kemungkinan lebih besar untuk kembali bersamanya. Cara meminta maaf yang tepat terdiri dari lima langkah: 

  • mengakui kesalahan;
  • mengungkapkan penyesalan;
  • mengatakan kamu menyesal dan meminta maaf;
  • menebus kesalahan;
  • bertanggung jawab atas kesalahan kamu dan memperbaiki.

Bagaimana Cara Meminta Maaf Terbaik kepada Mantan?

minta maaf kepada mantan
Foto: pexel

Untuk meminta maaf kepada mantan, kamu harus terlebih dahulu memahami apa yang membuat hubungan kamu begitu hebat dulu. Apa yang membuat kalian saling terikat dan apa yang membuatmu kamu selalu jatuh cinta pada dirinya.

Setelah kamu mengetahui hal ini, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengetahui cara meminta maaf. Penting juga untuk tidak melakukan apa pun yang dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit.

Jika dia meminta istirahat maka mungkin lebih baik untuk tidak menghubungi mereka lagi sampai mereka siap untuk berbicara.

Selanjutnya cara terbaik adalah dengan ikhlas tanpa memaksa. Permintaan maaf dapat menunjukkan bahwa kamu menyesali tindakan kamu dan jika kamu berusaha untuk meminta maaf, itu akan menciptakan kesan positif.

Banyak orang menyukai ketika orang meminta maaf dengan menunjukkan betapa menyesalnya mereka. Permintaan maaf juga dapat ditulis dalam bentuk surat, kartu ucapan, hadiah, namun alangkah lebih baik jika kamu mengatakannya langsung. Setiap cara meminta maaf menunjukkan ketulusan dan penyesalan atas apa yang telah dilakukan.

1. Anjuran dan Larangan dari Cara Meminta Maaf kepada Mantan 

Permintaan maaf adalah masalah yang sensitif, tetapi penting untuk tidak melupakan pentingnya meminta maaf. Dengan demikian, permintaan maaf akan memberikan dampak yang lebih positif bagi orang yang menerimanya dan mereka akan lebih mudah memaafkan kesalahan kamu. Berikut adalah anjuran dan larangan cara meminta maaf kepada mantan:

  • Persiapkan apa yang harus kamu katakan kepada mantan dari cara membuka pembicaraan sampai masuk kepada intinya.
  • Bawakan dia hadiah kesukaannya namun jangan terlalu berlebihan karena nanti terkesan kamu memberi karena ada ada maunya.
  • Kamu harus siap atas segala resiko dan keputusan yang akan kamu hadapi nantinya .
  • Ajak ke tempat yang tenang dan menyenangkan atau kamu bisa datang langsung ke rumahnya dengan meminta izin dulu tentunya, katakan bahwa kamu ingin melihatnya.
  • Jangan memaksa dan menggebu-gebu untuk meminta maaf padanya, sebagian orang sangat tidak nyaman ditekan.
  • Arahkan pembicaraan ke hal yang bersifat positif, hindari mengungkit kesalahan atau keburukan apapun.
  • Lakukan pendekatan secara bertahap jangan langsung sekali bertemu langsung ngajak balikan, kamu perlu membuatnya kembali percaya padamu.
  • Jangan lancang menyentuh, memeluk, mencium karena itu akan membuatnya merasa direndahkan.
    minta maaf kepada mantan
    Foto: Ladiestory.id

2. Cara Meminta Maaf karena Meninggalkan Dia

Saat kamu meninggalkan seseorang, penting untuk menunjukkan bahwa kamu menyesal telah melakukannya. Mohon maaf yang sebesar-besarnya karena mengecewakan dia dan jelaskan mengapa kamu saat itu  harus pergi. Cobalah untuk tidak melakukannya secara impulsif dan tetap tenang .

Biarkan mereka tahu betapa kamu peduli, hal ini menunjukkan bahwa kamu memperhatikan apa yang dia rasakan dan bahwa kamu benar-benar peduli dengan perasaan dia. Kemudian berilah ruang dia untuk berpikir setelah kamu meminta maaf dan menyatakan perasaan kamu. 

Nah itulah cara meminta maaf kepada mantan bagi kamu yang ingin balikan. Ingatlah bahwa semua dapat kamu atasi dengan baik dan apapun yang terjadi kamu harus menerima dengan lapang dada. Semoga bermanfaat.