Ingin Memulai Karir Sebagai Content Creator? Coba 5 Tips Ini

Minggu, 12 Maret 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Ingin Memulai Karir Sebagai Content Creator? Coba 5 Tips Ini

Ilustrasi content creator. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu pekerjaan yang mulai hits saat ini adalah dengan menjadi content creator. Dengan bermodalkan kamera dan ponsel banyak content creator yang membuka peluang karir dan peruntungannya dengan konten-konten menarik. Tak hanya itu mereka yang sukses pun dapat menggaet puluhan hingga ribuan followers bahkan membuatnya menjadi terkenal. Menjadi content creator bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan tak memandang usia. Bagi kamu yang ingin memulai karir sebagai content creator, berikut ini lima tips yang bisa kamu lakukan.

Tentukan Image yang Ingin Dikenalkan

Ilustrasi content creator. (Special)

Ladies, menjadi seorang content creator pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun kamu pun harus menentukan image apa yang ingin kamu perkenalkan ke publik, misalnya tentang kecantikan, fashion, travel, cooking, pendidikan, musik, teknologi dan masih banyak lainnya. Pastikan image ini bisa sesuai dengan passion dan minatmu, dengan begitu kamu akan lebih mudah menerjemahkan dan membuat konten tentang apa yang kamu kuasai.

Buat Strategi

Ilustrasi content creator. (Special)

Jika kamu benar-benar serius ingin terjun ke dunia content creator, tentu kamu pun harus memiliki kiat-kiat maupun strategi khusus agar kontenmu dapat berjalan lancar dan menarik di mata publik, salah satunya dengan membuat strategi atau pengaturan konten. Misalnya, jika kamu ingin terjun sebagai beauty creator kamu dapat memulai mencari hal-hal apa saja yang sedang trending saat ini dan bisa kamu aplikasikan dalam sebuah konten dan dikemas secara menarik. Kamu pun bisa merilis beberapa jadwal konten yang harus kamu unggah dalam seminggu dan dikemas dengan apik agar followersmu pun semakin meningkat dan menanti-nantikan kontenmu.

Konsisten

Ilustrasi content creator. (Special)

Tentunya sebagai seorang content creator dituntut untuk aktif dan up to date tentang hal-hal terbaru dan kekinian. Jika kamu hanya mengunggah konten sesekali bahkan terkesan jarang maka hal ini pun dapat mempengaruhi produktifitasmu. Oleh sebab itu, mulailah dari niat dalam dirimu sendiri dan kesanggupanmu untuk konsisten dalam membuat konten yang kreatif dan menarik. Agar konten yang kamu buat dapat berjalan dengan rutin kamu pun bisa membuat jadwal khusus untuk menentukan waktu yang tepat setiap kali dalam mengunggah konten. Pastikan kegiatan ini tidak membuatmu menjadi sibuk dan lalai dengan kehidupanmu, Ladies.

Cari Inspirasi

Ilustrasi content creator. (Special)

Pekerjaan sebagai content creator saat ini pun kian menjamur, agar kamu tetap bisa terus eksis maka kamu pun dapat mencari inspirasi dari para content creator lainnya yang bisa kamu aplikasikan. Tak hanya itu, untuk mengembangkan skill kontenmu menjadi lebih baik maka kamu pun bisa memperhatikan cara kerja mereka dan kemudian bisa kamu aplikasikan dalam kontenmu sendiri.

Manfaatkan Media Sosial

Ilustrasi content creator. (Special)

Platform media sosial tentunya bisa kamu fungsikan sebagai alternatif untuk mengembangkan konten-kontenmu, bahkan pengaruh media sosial yang cepat bisa membuat konten menarik menjadi dikenal lebih banyak orang. Bahkan media sosial pun bisa menjadi akun bisnis yang bisa menghasilkan cuan. Selain itu, media sosial pun dapat memberikan insight dan meningkatkan jumlah followersmu bahkan kamu pun bisa semakin sukses dan dikenal banyak orang. Nah, oleh sebab itu kamu pun harus cerdas melihat konten-konten jenis apa yang paling banyak diminati dan menarik untuk diikuti. Kamu pun bisa memasang iklan dan mempromosikan diri lewat kontenmu serta dapat memberikan peluang bisnis maupun keuntungan.

Nah, Ladies itulah kelima tips yang bisa kamu lakukan jika ingin memulai karir sebagai content creator. Tentu ada berbagai cara lainnya yang bisa kamu lakukan sesuai dengan passionmu sendiri. Semoga bermanfaat.