Ini 5 Makanan Terbaik yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Kamis, 21 September 2023 | 20:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Ini 5 Makanan Terbaik Yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi Tidur Nyenyak. (iStock)

Ladiestory.id - Apakah kamu tengah mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak? Jika iya, maka pembahasan mengenai makanan terbaik yang bantu tidur lebih nyenyak tepat untuk kamu simak. 

Tidur merupakan salah satu kebutuhan tubuh manusia yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika dilakukan dengan benar maka tidur bisa membantu tubuhmu terhindar dari berbagai penyakit berbahaya dan meningkatkan fungsi otak serta kekebalan tubuh. 

Melansir dari healthline.com waktu tidur yang baik adalah selama 7 hingga 9 jam tanpa gangguan. Sayangnya, kini banyak orang yang justru mengalami masalah tidur. Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbaiki makanan yang kamu konsumsi. 

Berikut ini deretan makanan terbaik yang bantu tidur lebih nyenyak. Jangan lupa simak sampai sampai akhir supaya bisa segera praktek mulai hari ini!

Teh Chamomile

Ilustrasi Teh Chamomile. (iStock)

Pada urutan pertama dari makanan terbaik yang bantu tidur lebih nyenyak adalah teh chamomile. Produk herbal satu ini memang tengah menjadi pilihan populer di masyarakat. 

Nah, ternyata di dalam bahan alami satu ini terdapat kandungan berupa flavon. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang mengurangi risiko penyakit kronis bagi tubuh. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit hingga mengurangi depresi maupun kecemasan. 

Selain itu, teh satu ini juga kaya akan kandungan apigenin yang meningkatkan proses reseptor pada otak dan menyebabkan rasa kantuk. Sehingga, kamu terhindar dari insomnia dan bisa tertidur pulas lebih cepat.

Buah Kiwi

Ilustrasi buah kiwi. (iStock)

 

Siapa yang akan menyangka, ternyata buah kiwi bisa membantumu untuk tidur lebih nyenyak lho. Buah satu ini diketahui kaya akan kandungan nutrisi, mulai dari kalori yang rendah hingga vitamin C dan K yang tinggi. 

Selain itu, ada pula kandungan potasium, mineral dan folat yang baik bagi tubuh. Kiwi sendiri memiliki kandungan yang berkaitan secara erat dengan serotonin. 

Sebagai informasi, serotonin merupakan bahan kimia pada otak yang membantumu untuk mengatur siklus tidur. Selain itu, vitamin C serta karotenoid yang tinggi di dalya juga efektif dalam meningkatkan kualitas tidur. Cukup konsumsi secara rutin setiap hari maka kamu akan merasakan efeknya. 

Ikan Berlemak

Ilustrasi Ikan Salmon. (iStock)

 

Makanan terbaik yang bantu tidur lebih nyenyak selanjutnya adalah ikan berlemak. Beberapa contohnya seperti tuna, salmon, trout hingga mackerel yang kaya akan kandungan vitamin D.

Selai vitamin ini, ikan berlemak seperti ini juga kaya akan kandungan omega-3 yang dapat mengurangi terjadinya peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung hingga meningkatkan kesehatan otak. Kombinasi kandungan inilah yang diketahui efektif dalam mengatasi masalah tidur, Sebab, membantu meningkatkan produksi serotonin yang berperan aktif dalam menjaga kualitas tidur. 

Nasi Putih

Ilustrasi nasi. (Special)

 

Sebagian dari kamu tentu sering mengkonsumsi bahan satu ini bukan? Nah, ternyata ada banyak kebaikan di dalam sepiring nasi putih. Salah satunya membantu tidurmu menjadi lebih nyenyak. 

Diketahui dalam 4 ons nasi putih mengandung flat, tiamin, dan juga mangan yang baik bagi tubuh. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya dengan maskial. Disarankan mengkonsumsi satu piring nasi atau 4 ons setidaknya 1 jam sebelum kamu tidur. Sehingga, efektif bekerja dalam membuat tidur lebih berkualitas. 

Kacang Almond

Ilustrasi almond. (Special)

 

Makanan terbaik yang bantu tidur lebih nyenyak yang terakhir adalah kacang almond. Bahan alami satu ini ternyata menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. 

Diketahui, dalam setiap 1 onsnya, kacang almond mengandung fosfor sebanyak 18% kebutuhan harian tubuh orang dewasa dan riboflavin sebanyak 23%. Selain itu, juga ada kandungan mangan yang baik bagi pria maupun wanita.

Jika kamu mengkonsumsinya secara teratur. Maka, makanan satu ini bisa mencegah tubuhmu dari bekam penyakit. Misalnya, diabetes hingga penyakit jantung. Ada pula kandungan antioksidan yang terdapat pada kacang ini yang berfungsi mengurangi terjadinya kerusakan pada sel tubuh dan membantu meningkatkan kualitas tidurmu menjadi lebih baik.