Ini 6 Peluang Usaha Sampingan yang Bisa Dikerjakan Saat Weekend Untukmu Pekerja Fulltime!

Kamis, 14 November 2019 | 15:05:14

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Ini 6 Peluang Usaha Sampingan Yang Bisa Dikerjakan Saat Weekend Untukmu Pekerja Fulltime!

Kebutuhan hidup yang terus meningkat pastinya membuat kamu merasa perlu mencari uang tambahan untuk ataupun tabungan cadangan. Tentu, kamu akan merasa bahwa kamu perlu mendapatkannya di luar dari penghasilan bulanan hasil bekerja selama 30 hari. Akan tetapi, padatnya kesibukan di setiap harinya sudah pasti membuatmu lelah dan tak sanggup lagi jika harus mengerjakan pekerjaan sampingan yang juga sama lelahnya, kan? Apalagi jika tipe pekerjaanmu di kantor adalah jenis pekerjaan yang mempunyai deadline atau target setiap hari, misalnya saja content writer, desainer grafis, editor, marketing, dan lainnya. Sudah pasti jika kamu memaksakan diri untuk mengambil kerja sampingan di waktu yang bersamaan, tubuhmu akan kelelahan dan bisa menyebabkan kamu mudah terserang penyakit pada akhirnya. Tapi, jika kamu tetap ingin menambah penghasilan di luar dari gaji bulanan, kamu bisa memulai 6 peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan saat weekend seperti berikut ini, Ladies.

1. Menjual jasa desain grafis

Menjual jasa desainer grafis
sumber: freepik.com

 

Jika pekerjaan fulltime yang kamu kerjakan adalah sebagai graphic designer, kamu bisa membuka usaha sampingan yang bisa dikerjakan saat weekend dengan menjual jasa desain grafis sesuai dengan keahlianmu. Tapi, sebelum kamu benar-benar membuka usaha ini, kamu harus membuat perencanaannya dengan hanya melayani klien atau pesanan di saat weekend. Di luar weekend, kamu harus tetap fokus mengerjakan pekerjaan penuh waktumu dan menggunakan sisa waktunya untuk beristirahat seperti biasanya. Dengan begitu, skill desainmu akan terus bertambah pastinya, seiring dengan bertambahnya pundi-pundi rupiah kan, Ladies?

2. Menulis cerpen atau novel dan menjualnya dalam bentuk e-book

Menulis cerpen atau novel dan menjualnya dalam ebook
sumber: freepik.com

 

Kalau kamu sempat memiliki cita-cita menjadi seorang penulis atau pengarang buku, kamu bisa mengambil usaha sampingan dengan menjadi penulis cerpen atau novel dan menjualnya dalam bentuk e-book. Tentu saja, tak butuh modal banyak dan mahal untuk menjadi penulis. Sebab, kamu hanya membutuhkan laptop atau komputer, koneksi internet, dan banyak-banyak membaca buku, berita, atau artikel untuk menambah wawasanmu agar semakin banyak dan liar. Kamu juga bisa membuat perjanjian dengan dirimu sendiri untuk mengerjakannya setiap weekend saja.

 

3. Menjadi fotografer untuk pre-wedding dan acara pernikahan

Menjadi fotografer pernikahan
sumber: freepik.com

 

Kamu punya hobi fotografi? Sebaiknya, jangan kamu sia-siakan hobimu itu ya, Ladies! Kamu bisa menggunakan hobimu itu sebagai lahan untuk menambah penghasilan. Agar pekerjaan fulltime yang kamu lakoni tidak terganggu, kamu bisa mengambil peluang usaha sampingan menjadi fotografer pre-wedding atau acara pernikahan, yang mana biasanya usaha tersebut hanya dikerjakan di hari Sabtu atau Minggu saja.

4. Menjual jasa sebagai naming and branding consultant

Menjual jasa naming and branding consultant
sumber: freepik.com

 

Kamu juga bisa membuka peluang usaha sampingan sebagai naming and branding consultant kalau kamu hobi mencari nama, meriset, atau punya keahlian untuk menganalisis sebuah penggunaan dan penciptaan nama untuk brand atau label. Sebenarnya, banyak kok perusahaan yang membutuhkan jasa pekerja lepas yang mampu membuat penamaan untuk produk atau keperluan lainnya pada brand mereka. Nah, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu itu, Ladies!

5. Menjadi social media planner

Menjadi social media planner
sumber: freepik.com

 

Ada juga nih peluang usaha sampingan yang bisa kamu ambil dan kerjakan di saat weekend saja, terutama untukmu yang susah banget untuk pisah sama Instagram, twitter, facebook, atau jenis platform untuk marketing lainnya. Misalnya dengan menjadi social media planner. Pekerjaan ini bisa kamu kerjakan di hari libur, lho. Kamu hanya perlu punya otak yang cerdas dan kemampuan untuk menganalisis, riset, dan punya ide kreatif yang cemerlang dan up to date!

6. Menjadi translator dan editor buku

Menjadi translator atau editor buku
sumber: freepik.com

 

Kalau kamu punya skill menggunakan bahasa asing untuk kehidupan sehari-hari, kamu bisa menjual jasa dengan menjadi translator atau editor buku nih, Ladies. Tentu, pekerjaan ini bisa kamu lakukan di kala weekend saja. Akan tetapi, kalau kamu ingin menjadi translator bahasa asing, kamu harus benar-benar menguasai bahasanya sebagaimana kamu menguasai bahasa ibu, Ladies. Sedangkan, kalau kamu ingin menjadi editor buku, kamu harus rajin-rajin membaca, agar kamu bisa membuat artikulasi sebuah tulisan yang masih mentah menjadi tulisan yang enak untuk dibaca.

Nah, setelah mengetahui keenam peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan saat weekend ini, tentu kamu jadi punya inspirasi tentang bagaimana cara menambah penghasilanmu. Selamat berusaha!