Mudah Cemburu, Ini 6 Bahaya Insecure dalam Hubungan Percintaan

Minggu, 10 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mudah Cemburu, Ini 6 Bahaya Insecure dalam Hubungan Percintaan

Foto: soompi

Ladiestory.id - Insecure adalah perasaan tidak percaya terhadap diri sendiri atau perasaan tidak aman. Perasaan insecure dapat terjadi dalam suatu hubungan percintaan.

Biasanya, dalam hubungan percintaan, perasaan insecure timbul karena merasa diri tidak pantas bersanding dengan pasangan. Perasaan tersebut memang tidak salah karena hal yang umum terjadi, tetapi jangan biarkan menjadi berlebihan. Bila kamu insecure berlebihan, maka bisa membahayakan hubungan percintaan.

Bahaya Insecure dalam Hubungan Percintaan

Inilah 6 bahaya insecure dalam hubungan kamu dan pasangan.

1. Kamu dan Pasangan Jadi Sering Berantem

Foto: Ladiestory.id

Bayangan-bayangan dalam pikiran mengenai pasangan kamu, akan mengakibatkan munculnya kesalahpahaman. Karena kamu selalu merasa curiga dengan pasangan kamu, kamu juga akhirnya akan mulai posesif terhadap pasangan. Bila dibiarkan situasi ini akan memicu keributan kamu dan pasangan yang tentu membuat kalian jadi tidak akur lagi.

2. Mudah Cemburu dan Posesif terhadap Pasangan

Insecure juga akan membuat kamu jadi mudah cemburu. Sebenarnya perasaan cemburu adalah wajar, tetapi  bila berlebihan, maka akan menimbulkan sikap posesif yang pada akhirnya kamu pun tidak sadar akan membatasi aktivitas pasangan kamu. Bila dibiarkan maka akan membuat hubungan kamu dan pasangan  jadi tidak sehat.

3. Mudah Stres Akibat Overthinking terhadap Pasangan

Foto: Ladiestory.id

Perasaan insecure berlebihan juga bisa menimbulkan rasa cemas, sehingga membuat kamu jadi mudah stres, bahkan bisa saja membuat kamu depresi. Rasa cemas ini juga muncul akibat terlalu overthinking terhadap pasangan, yang pada akhirnya membuat kamu jadi mudah sekali gelisah.

4. Kamu Jadi Tidak Bisa Membahagiakan Pasangan 

Bagaimana kamu bisa membahagiakan pasanganmu di saat kamu sendiri masih belum dapat menciptakan rasa bahagia buat diri kamu sendiri. Hati-hati ya ladies, kalau kamu terlalu fokus dengan  perasaan insecure kamu, maka kamu pun otomatis tidak akan mengindahkan semua hal baik yang ada di sekitarmu. 

5. Memiliki Ekspektasi Tinggi terhadap Pasangan

Perasaan tidak aman dalam hubungan percintaan akan membuat Anda mudah memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pasangan. Akhirnya, jadi mudah mengeluh, dan jadi membandingkan pasangan dengan orang lain, serta merasa tidak puas dengan pasangan. Ini akan membuat hubungan jadi tidak sehat.

6. Semakin Lama Pasangan Kamu Akan Lelah dengan Sikap Insecure Kamu

couple; pasangan; hubungan
Foto: Ladiestory.id

Perasaan insecure yang terus menerus tanpa ada keinginan untuk merubahnya bisa jadi bumerang buat diri kamu sendiri, lho Ladies. Pasangan kamu yang terus berusaha meyakinkan, tapi kamu tetap saja begitu.

Pada akhirnya pasangan kamu mungkin saja akan merasa lelah. Bukan salahnya, tapi tak adanya keinginan kamu untuk berusaha mengusir rasa insecure itulah yang jadi akar permasalahannya.

Kalau dibiarkan terus-menerus tentu saja hubungan kamu dan pasangan tidak akan berjalan mulus. Meskipun memang kamu butuh support dan kasih sayang dari pasanganmu untuk bisa membantumu dari luar. Tetapi, yang paling dapat menolong dan mengubahmu adalah keinginan dari diri kamu sendiri untuk berubah. 

Nah Ladies, jadi itulah bahaya insecure dalam hubungan percintaan. Bila terus-menerus dibiarkan tak menutup kemungkinan hubungan kamu dan pasangan akan berakhir. 

Berita Terkait