Ini Cara Memakai dan Melepaskan Masker yang Tepat

Senin, 20 April 2020 | 16:14:11

LS Health

Penulis : LS Health

Ini Cara Memakai dan Melepaskan Masker yang Tepat

Pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) semakin meluas, dan satu dari ketentuan sistem tersebut adalah mengharuskan orang memakai masker saat berada di ruang publik. Kamu pasti sudah tahu hal ini, tapi bagaimana sebenarnya cara memakai masker dengan benar? Berikut penjelasannya. 

Kapankah kita harus memakai masker?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, jika kamu tinggal atau sedang merawat orang yang sakit, kamu harus mengenakan penutup wajah yang menutupi area hidung dan mulut. Namun jika semua penghuni rumahmu sehat, sepertinya kamu tidak perlu menggunakannya di dalam rumah. 

Dan satu yang pasti masker wajah bukanlah pengganti dari social distancing. Faktanya CDC masih merekomendasikan untuk menjaga jarak paling tidak 2 meter dari orang lain. Hal ini berlaku jika kamu akan mendatangi tempat-tempat ramai, seperti supermarket, toko obot, tempat olahraga. Pakai masker dan jaga jarak saat mendatangi tempat-tempat ini. 

Bagaimana cara memakai masker? 

Entah maskernya kamu buat sendiri atau dibeli, sangat penting untuk memakainya dengan benar agar terhindar COVID-19. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ini langkah-langkah menggunakan masker yang tepat

1. Bersihkan tangan dengan sabun dan air. 

2. Pastikan kamu tahu mana bagian depan (biasanya bagian berwarna adalah bagian depan) dan bagian mana yang berada di atas (biasanya bagian dengan pinggiran yang bisa dilipat adalah bagian yang menutupi hidung). 

3. Tutupi hidung dan mulut dengan masker, pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker. 

4. Hindari menyentuh wajah saat memakai masker, dan segera cuci tanganmu jika menyentuhnya. 

Dan satu lagi, jika kamu memakai masker wajah dengan tali dikaitkan di telinga, pastikan masker terikat di daun telinga. Dan jika kamu menggunakan masker operasi dengan tali, letakkan masker pada posisi hidung dan ikat di bagian atas kepala dan ikat dalam bentuk pita. 

Bagaimana cara melepaskan masker? 

Begitu kamu melihat bahwa masker sudah kotor atau lembap, lepaskan dari wajah. Jika kamu memakai masker sekali pakai, langsung buang setelah dipakai. Jika menggunakan masker kain, cuci masker sama seperti kamu mencuci bajumu dan lakukan ini setiap kali selesai dipakai. 

Ketika melepaskan masker: pastikan kamu tidak menyentuh mata, hidung dan mulut. Dan pastikan mencuci tangan secepatnya setelah menyentuh masker. 

Itu ya, panduan memakai masker yang sebaiknya kita ingat setiap kali akan memakainya. Dan jangan lupa untuk selalu rajin mencuci tangan, menutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan baju setiap kali bersin, dan jaga kesehatan mental dan fisik dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga. Dan tak kalah pentingnya, jaga jarak ketika kamu keluar rumah. 

Sumber foto utama: Freepik.com