Ini Resiko Memakai Anting Berat Pada Telinga dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 23 Januari 2021 | 14:02:49

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Ini Resiko Memakai Anting Berat Pada Telinga Dan Cara Mengatasinya

Berbagai model anting menjadi bagian dari koleksi perhiasan wanita. Dari model anting emas studs yang berbentuk kecil hingga anting besar berbentuk chandelier atau hoops, bergonta-ganti model anting di berbagai kesempatan menjadi hal yang biasa.

Namun tahukah kamu, penggunaan anting besar seperti chandelier secara terus menerus, tidak baik untuk bentuk telinga kamu. Bahkan bagi kamu yang memiliki daun telinga yang tipis, akan sangat mudah mengalami earlobe droop akibat pemakaian anting yang terlalu besar dan berat.

Apa itu Earlobe Droop?

Earlobe droop merupakan bahasa Inggris yang berarti terkulainya daun telinga. Dalam pengertiannya, earlobe droop adalah kondisi ketika daun telinga kamu memanjang atau menggantung karena model anting besar dan berat. Jika anting studs yang kamu gunakan tidak menghadap ke depan atau cenderung ke bawah, bisa dibilang daun telingamu mengalami earlobe droop.

Richard Ha, MD, seorang ahli bedah plastik di Baylor University Medical Center di Dallas mengatakan dia sering melihat kerusakan pada telinga karena anting-anting berat yang digunakan oleh pasiennya. Kulit daun telinga sangat rapuh, sehingga anting-anting besar atau berat dapat menimbulkan luka pada telinga, pemanjangan lubang, bahkan dapat merobek robek daun telinga karena penggunaan yang terlalu sering.

Walau dampak model anting besar terlalu menyeramkan, bukan berarti kamu harus menghindari pemakaian model anting besar di beberapa kesempatan. Berikut tiga cara untuk mengatasi earlobe droop pada penggunaan model anting besar.

  1. Gunakan Monster Backs

Monster backs berfungsi sebagai penopang bobot anting, sehingga dapat menahan desain anting yang lebih berat. Anting akan dipegang dengan kuat, sehingga beratnya tidak menarik daun telinga.

Biasanya, alat penopang anting besar ini terbuat dari emas yang tebal, oleh karena itu mereka tidak mudah lepas dan tidak akan menyebabkan infeksi. Monster backs cocok sebagai penopang anting bagian belakang daun telinga untuk mencegah daun telinga menekuk sehingga nyaman digunakan sepanjang hari. Monster backs ini juga cocok dipadukan dengan anting emas kamu yang elegan.

 

  1. Lebih Empuk dengan Plastic Disc Backs

Plastic disc backs menggunakan plastik lilin berbentuk bulat untuk memegang dan menahan telinga. Penopang anting ini akan mencengkeram anting dengan cukup kuat yang akan menyelamatkan daun telinga kamu dari tarikan anting berat.

Beda halnya dengan monster backs yang biasa terbuat dari emas, plastic disc backs terbuat dari lilin plastik. Dengan harga yang lebih murah, kamu bisa mendapatkan sepasang di setiap model anting besar yang kamu punya.

 

  1. Lebih Elastis dengan Silicone Sliders

Silicone slider merupakan penopang anting dengan bahan silicon. Bahannya yang elastis dapat menyesuaikan gerak anting ketika digunakan seharian. Walaupun bahan terbilang lentur tapi silicon slider ini tetap kuat. Agar lebih nyaman, kamu bisa memilih bentuk silikon yang agak besar hingga menutup seluruh daun telinga belakangmu. Oh iya, bahan silikon juga bertahan jauh lebih lama daripada plastik, jadi lebih awet kamu gunakan bertahun-tahun. Modelnya yang transparan dan putih juga cocok dipadukan dengan anting emasmu.

Itulah 3 penopang model anting besar yang bisa kamu gunakan untuk menopang daun telinga agar tidak mudah kendor dan memanjangkan lubang telinga. Walau anting besar tidak disarankan untuk penggunaan setiap hari, di beberapa kesempatan jangan cuma simpan anting besar di kotak perhiasan. Pakailah dan buat mereka terpesona dengan penampilanmu!