Inilah Ciri-ciri Toxic People yang Harus Kamu Sadari, Ladies!

Kamis, 26 Desember 2019 | 07:47:54

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Inilah Ciri-Ciri Toxic People Yang Harus Kamu Sadari, Ladies!

Berada di lingkungan yang berisikan toxic people hanya akan membuatmu rugi, Ladies. Terlebih jika kebanyakan dari temanmu adalah orang-orang yang beracun seperti itu. Namun, bukan berarti kamu harus meninggalkan semua teman yang kamu curigai sebagai toxic people, ya! Biasanya, seorang toxic tak akan semudah itu ditemukan. Sebab, ia selalu punya banyak cara untuk menyembunyikan motivasinya serapi mungkin agar tidak disadari oleh orang lain. Tapi, terkadang ada juga beberpa toxic people yang malah tidak menyadari bahwa mereka adalah seorang toxic. Nah, jangan-jangan kamu juga kerap melakukan hal-hal toxic tanpa kamu sadari? Untuk itulah, berikut ini ada ciri-ciri toxic people yang harus kamu pahami sebelum mewaspadai orang lain. Yuk, cocokkan juga dengan kepribadianmu sendiri!

1. Berperilaku manipulatif

Berperilaku manipulatif
sumber: freepik.com

Orang-orang toxic gemar memutabalikkan segalanya. Ia akan bersikap manis seolah tidak terjadi apa-apa. Namun, di belakangmu ia telah menyusun berbagai macam strategi. Ia pun mahir dalam membuat rencana kedua, ketiga, dan seterusnya. Ketika kamu berupaya mencari bukti atas kejahatannya, orang-orang manipulatif akan memutarbalikkan kondisinya. Misalnya saja, yang tadinya kamu sudah berhasil memojokkan dia, maka dia akan berbalik memojokkan kamu, sehingga seolah-olah penyebab segala kesalahan yang dilakukannya adalah kamu seorang. Selain itu, orang-orang toxic juga gemar mengancam atau menakut-nakuti.

2. Bermuka dua

Bermuka dua
sumber: freepik.com

Selain gemar memutarbalikkan apa saja, para toxic people juga kerap bermuka dua. Awalnya mereka akan mencari segala cara agar kamu berempati padanya, lantas memuji perbuatannya dan menganggapnya yang terbaik. Setelah ia berhasil terhadap misinya dengan membuatmu seakan menghormatinya, ia akan membuatmu hampa dan tak mendapat apa-apa. Lantas, ketika kamu ingin lepas darinya, ia akan mengkritisi perbuatanmu dan mencari-cari kesalahanmu, ia juga akan mengungkit kebaikannya, sehingga kamu akan merasa bersalah jika harus meninggalkannya, Ladies.

3. Ketika kamu curhat dengan mereka, kamu tidak mendapat manfaat

Ketika kamu curhat dengan mereka, kamu tidak mendapat manfaat
sumber: freepik.com

Orang-orang beracun tidak bisa menempatkan dirinya di posisi orang yang sedang bercerita kepadanya. Makanya, ketika kamu curhat dengannya, kamu tidak akan mendapat manfaat apa-apa dan beban pikiranmu tak akan berkurang, malah bertambah. Sebab, toxic people kerap hanya menggunakan topeng kesetiaan, yang penting baginya kamu masih berada di sampingnya, tak peduli bagaimanapun perasaanmu.

4. Mempermainkan emosimu

Mempermainkan emosimu
sumber: freepik.com

Orang-orang beracun kerap senang mempermainkan emosimu, Ladies. Mereka senang merendahkanmu dengan lelucon-lelucon kritis mereka, dan ketika kamu berpikir untuk mencernanya dan mengungkapkan isi pikiranmu, mereka hanya terbahak-bahak. Mereka juga suka memberimu pujian dan cacian sekaligus. Hal itu kerap tidak kamu sadari. Selain itu, mereka gemar membuat drama. Mendekatimu lantas tiba-tiba menjauh, lalu kembali lagi, dan menjauh lagi, dan begitu seterusnya. Tentu, dalam hal ini emosimu sedang dipermainkannya. Jika ditanya mengapa mereka melakukan itu, mereka akan menjawab dengan cerita drama yang membangkitkan iba, atau bahkan tidak menjawabnya sama sekali.

5. Gemar mencari perhatian

Gemar mencari perhatian
sumber: freepik.com

Orang-orang beracun senang mencari perhatian orang lain. Misalnya saja dengan menuliskan status tentang dirinya yang baru saja disakiti. Setelah itu, kamu tertarik untuk menolongnya, lantas mempedulikannya, ia akan memanfaatkan hal itu untuk mengambil kebebasanmu. Jika ia merasa kamu sudah tidak mempedulikannya lagi, ia akan menggunakan segala macam cara untuk menarik perhatianmu lagi kepadanya. Sementara, hal paling ekstrem yang bisa dilakukannya adalah mengancam untuk bunuh diri. Ih, serem ya, Ladies!

Nah, coba cocokkan ciri-ciri toxic people di atas dengan perilakumu sendiri. Apakah kamu pernah melakukan setidaknya satu dari 5 ciri tadi? Jika ya, sebaiknya ubahlah sikapmu menjadi manusia normal yang apa adanya saja, Ladies. Tentu agar tidak merugikan orang lain!