Insecure Dapat Merusak Hubungan! Ini Cara Atasinya

Selasa, 16 Januari 2024 | 17:42:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Insecure Dapat Merusak Hubungan! Ini Cara Atasinya

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Hubungan yang sehat bermula dari komunikasi, saling percaya, dan rasa saling menghormati dengan pasangan. Namun, keadaan menjadi cukup rumit ketika salah satu atau keduanya merasa insecure.

Insecurity dalam suatu hubungan mengacu pada kurangnya kepercayaan diri atau keraguan diri seseorang. Seseorang yang merasa insecure mungkin akan terus-menerus mencari kepastian, berjuang melawan rasa cemburu, atau berusaha untuk mencoba mengendalikan pasangan.

Insecurity yang dialami pasangan tentunya akan menciptakan hubungan yang tidak sehat alias toxic

Berikut cara mengatasi insecurity dalam hubungan.

Komunikasi

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Komunikasi yang terbuka dan jujur merupakan landasan dari hubungan yang kuat. Jika merasa insecure dengan pasangan, ungkapkanlah tentang pikiran dan emosi yang dirasakan kepadanya. Ciptakan ruang aman bersama pasangan, di mana kedua pasangan akan merasa nyaman mendiskusikan perasaan, ketakutan, dan rasa insecure yang dirasakan.

Memiliki komunikasi baik dengan pasangan, akan membangun rasa percaya dan pengertian yang sangat penting dalam mengatasi rasa insecure.

Tetapkan Batasan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Insecure dapat muncul ketika adanya batasan yang terus-terusan dilanggar. Diskusikanlah bersama pasangan untuk menetapkan batasan, pastikan keduanya merasa nyaman dan dihormati satu sama lain.

Bangun Kepercayaan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Kepercayaan merupakan aspek paling mendasar dari setiap hubungan yang harmonis. Jika seseorang tak mempercayai pasangannya, ada kemungkinan terjalinnya hubungan yang toxic

Untuk membangun rasa percaya terhadap pasangan, cobalah untuk lebih banyak habiskan waktu bersama, selalu ada satu sama lain secara fisik dan emosional. Hal ini akan membantu pasangan dalam membangun kepercayaan, dan membuat pasangan merasa dalam hubungan yang aman.

Refleksi Diri

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Insecurity sering kali berasal dari rasa tidak aman atas pengalaman yang terjadi di masa lalu. Untuk mengatasinya, luangkanlah waktu untuk refleksi diri guna memahami asal muasal rasa insecure itu berasal. 

Mengidentifikasi akar permasalahan, dapat membantu seseorang dalam mengatasi masalah ini secara langsung. Pertimbangkanlah untuk mencari bantuan dari terapis atau konselor untuk memahami permasalahan yang sedang dialami.

Bangun Harga Diri

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Harga diri yang rendah adalah salah satu penyebab paling umum dari rasa insecurity dalam suatu hubungan. Untuk mengatasinya, berusahalah untuk meningkatkan harga diri. Fokuslah pada kekuatan dan pencapaian, serta akui nilai yang dimiliki terlepas dari hubungan yang sedang dijalani.