Instagram Kenalkan Fitur Baru Notes, Bagini Cara Pakainya

Rabu, 14 Desember 2022 | 11:30:00

Instagram Kenalkan Fitur Baru Notes, Bagini Cara Pakainya

Fitur Baru Instagram. (Instagram)

Daftar isi

Ladiestory.id - Ada fitur baru di media sosial Instagram. Aplikasi berbagi foto dan video ini meluncurkan fitur Notes (Catatan) untuk memungkinkan pengguna menuliskan pemikiran lewat teks dan emoji. Hampir serupa dengan fitur Tweet milik Twitter, fitur Notes dideskripsikan sebagai posting-an singkat yang dapat berisi hingga 60 karakter.

Menurut laporan The New York Times pada Minggu lalu, Instagram sedang mempertimbangkan untuk mengubah Instagram Notes, yang telah diuji selama berbulan-bulan, menjadi saingan Twitter yang lebih matang. Mereka memanfaatkan kekacauan di Twitter setelah akuisisi Elon Musk. 

Perusahaan telah mempertimbangkan apakah Notes harus menjadi aplikasi mandiri atau fitur lain di dalam Instagram. Namun, untuk saat ini, tampaknya Instagram meluncurkan Notes sebagaimana adanya. 

Cara Menggunakan 

Fitur Baru Instagram. (Instagram)


Untuk menggunakan fitur Notes, pengguna dapat meninggalkan catatan dengan pergi ke bagian atas kotak masuk mereka. Kemudian, memilih pengikut yang mereka ikuti kembali (alias mutual) atau orang lain dari daftar "Teman Dekat" yang ada. 

Setelah itu, pengguna mengetik catatan dalam 60 karakter berupa teks atau emoji saja. Catatan tersebut akan muncul di bagian atas kotak masuk teman selama 24 jam dan balasan akan tiba sebagai DM (Direct Message).

"Selama pengujian, kami mengetahui bahwa orang menyukai cara yang ringan dan mudah untuk berbagi apa yang ada di pikiran mereka dan memulai percakapan," kata Instagram, dikutip dari Macrumors.

"Mulai dari meminta rekomendasi hingga membagikan apa yang sedang mereka lakukan, Notes memberi orang cara yang santai dan spontan untuk mengekspresikan diri dan terhubung satu sama lain," lanjutnya.

Instagram juga sedang menguji fitur Candid, sebuah cara baru pengguna Instagram untuk berbagi cerita yang hanya dapat dilihat oleh orang lain yang juga membagikan Candid mereka sendiri. Selain itu, Instagram juga memberikan pembaruan pada fitur IG Story. Mereka akan memperkenalkan cara baru untuk berbagi posting-an dengan grup.