Intip Yuk Cara Membeli Perhiasan Untuk Generasi Z Yang Enerjik

Rabu, 3 Maret 2021 | 20:37:15

LS Fashion

Penulis : LS Fashion

Intip Yuk Cara Membeli Perhiasan Untuk Generasi Z Yang Enerjik

Pencinta perhiasan yang lebih senior mungkin banyak yang sudah paham tentang beberapa hal mengenai berlian, namun lain halnya dengan para generasi muda seperti Millenials maupun Generasi Z yang lahir di awal tahun ’80-an sampai ’90-an. Mereka yang berada di rentang usia tersebut, meski sangat fasih teknologi dan terpapar informasi yang begitu banyak dari internet, kadang masih membutuhkan toko offline untuk melihat, menyentuh, dan memakai barang yang akan dibelinya.

Ketika sudah berada di toko, baru, deh, bingung. Sebenarnya apa, sih, yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli berlian? Berikut poin pentingnya:

Tentukan Desainnya

Perempuan milenial sangat menyukai segala sesuatu yang berbeda dari lainnya, termasuk dalam memilih desain berlian. Untuk memiliki berlian dengan desain yang tidak pasaran, sebaiknya tentukan desain yang diingankan terlebih dahuli. Beli berlian di toko yang memang hanya mengeluarkan koleksi desain tertentu yang dalam jumlah terbatas. Tidak masalah jika harus pre order beberapa minggu asal hasilnya memuaskan.

Sesuaikan dengan Karakter

Disesuaikan dengan karakter dan aktivitas pemakaian berlian. Misalnya berliannya hanya ingin dipakai di acara-acara tertentu, maka boleh memilih desain yang agak rumit. Tetapi kalau berliannya ingin dipakai untuk sehari-hari sebaiknya pilih yang simple dengan diameter sedang.

Semakin banyak outletnya makan benefit kamu semakin besar terutama buat kamu yang membeli wedding ring untuk digunakan seumur hidup. Pastikan tempat kamu membeli memiliki layanan perawatan dan reparasi seumur hidup, layanan buyback atau tukar tambah. Seperti Frank&co., yang dapat dengan mudah ditemui di mal-mal besar terdekat di kotamu, dan tentunya memiliki kredibilitas yang sangat baik.

Perhatikan Kejernihannya

Berlian tak luput dari cacat, seperti halnya batu mulia lain. Misalnya cacat berupa goresan, titik, atau tonjolan. Maka teliti sebelum membeli agar tidak menyesal jika nilai berlian menjadi berkurang.

Sumber Berlian

Tanyakan pada tempat membeli cincin berlian, dari manakah berlian itu berasal. Apakah berlian itu berasal dari daerah konflik (conflict diamond atau blood diamond), di mana biasanya berasal dari tambang yang dijual untuk membiayai konflik sipil di negara-negara Afrika.

Sertifikasi Berlian

Sertifikat suatu berlian bisa dibilang seperti akte kelahiran sebuah batu berlian, isinya meliputi tanggal, bentu dan cutting, proporsi, tingkatan warna dan kejernihan, finishing, kualitas fluorescence atau pendar berlian ketika disinari, dan diagram yang menunjukkan inklusi berlian termasuk tipe dan lokasinya. Cek apakah sertifikasi berlian tersebut memiliki sertifikat grading dari lembaga independen.

Itulah hal-hal yang sekiranya perlu diperhatikan dalam membeli pehiasan berlian. Sebarkan informasi ini ke teman maupun saudara supaya mereka tak bingung lagi dalam menentukan berlian mana yang cocok untuknya.

Sumber Foto Utama: @franknco_id

Berita Terkait