Jadi Olahraga Baru Yuni Shara, Intip 5 Manfaat Tenis bagi Kesehatan

Senin, 5 Desember 2022 | 17:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jadi Olahraga Baru Yuni Shara, Intip 5 Manfaat Tenis Bagi Kesehatan

Yuni Shara bermain tenis. (Special)

Ladiestory.id - Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang banyak memberikan pengaruh bagi kesehatan tubuh. Melakukannya secara rutin tentu dapat membantumu dalam menerapkan gaya hidup sehat. Sebab, olahraga membuat tubuhmu aktif bergerak dan melonggarkan otot-otot yang tegang karena aktivitas sehari-hari.

Salah satu olahraga yang dapat kamu lakukan yaitu tenis. Olahraga satu ini merupakan jenis permainan yang melibatkan dua pemain. Setiap pemain memegang raket untuk memukul bola tenis melewati net secara berulang. Tentunya, olahraga ini akan membuat seluruh bagian tubuh mu bergerak mulai dari kepala, tangan, hingga kaki.

Olahraga tenis juga kini tengah menjadi pilihan yang digemari oleh penyanyi Yuni Shara. Tentunya, olahraga menjadi salah satu resep dirinya selalu terlihat awet muda. Lalu, apa saja manfaat tenis bagi kesehatan? Yuk, simak!

Bantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Berat Badan. (Special)

Olahraga tenis merupakan salah satu jenis kegiatan yang dapat membantu menurunkan berat badan, lho. Jenis olahraga ini dapat menghasilkan perubahan signifikan jika dilakukan secara rutin dalam jangka waktu beberapa bulan. Dalam olahraga tenis, kamu dapat memprogram penurunan berat badan dengan meningkatkan intensitas permainan.

Sebab, dalam satu jam bermain tenis, kamu dapat membakar ratusan kalori. Namun, jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan sehat dan rajin air putih.

Kurangi Risiko Osteoporosis

Ilustrasi osteoporosis. (Special)

Olahraga tenis juga dapat membantu mengurangi osteoporosis. Sebab, dengan melakukan olahraga yang aktif bergerak seperti tenis akan mengurangi risiko patah tulang. Gerakan mengejar bola hingga mengayunkan raket membantu pertumbuhan tulang menjadi lebih kuat dan membuatmu lebih bugar dan sehat di masa tua nanti. 

Tingkatkan Kekuatan Otot  

Ilustrasi otot kuat. (Special)

Manfaat lain olahraga tenis yaitu meningkatkan kekuatan otot tubuhmu. Sebab, gerakan berlari, memukul bola hingga mengayun dilakukan pada olahraga satu ini. Hal ini lah yang meningkatkan kelincahan gerakmu.

Selain itu, aktivitas aerobik yang dilakukan pada saat olahraga tenis dapat membantu melumasi sendi dan memperkuat otot serta tendinmu. Tak hanya itu, tenis juga dapat membantu mengurangi risiko cedera serta meningkatkan kinerja tubuhmu. 

Tingkatkan Keseimbangan Tubuh

Ilustrasi Olahraga (Special)

Tenis juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan keseimbangan tubuh, lho. Gerakan-gerakan dalam memukul bola dan menghalaunya sangat efektif melatih keseimbangan tubuh dengan baik. Sehingga, kamu tidak mudah jatuh ketika mencondongkan tubuh untuk melakukan backhand.

Mengayun raket dapat menjaga keseimbangan lengan dan kedua kaki sehingga dapat berkoordinasi dengan baik. Tentunya, hal ini dapat meningkatkan kinerja tubuhmu untuk beraktivitas sehari-hari. 

Tambah Interaksi Sosial

Ilustrasi tenis. (Special)

Tak hanya dari segi kesehatan fisik tubuh, tenis juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Sebab, dengan bermain tenis, tentu kamu akan bertemu dengan orang lain. Sehingga, akan menambah kemampuanmu dalam interaksi sosial. Selain itu, memberimu kesempatan lebih banyak mengenal orang ataupun teman.

Hal ini akan berpengaruh positif pada kesehatan mental secara keseluruhan. Sebab, jika kamu tidak secara aktif melakukan interaksi sosial justru banyak bahaya yang mengancam. Misalnya, tekanan darah menjadi tinggi, mengalami kanker, penyakit jantung, hingga meningkatkan risiko kematian lainnya. 

Itulah, lima manfaat tenis bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Tentu saja, tubuh yang sehat dan bugar didapatkan dari menjaga pola hidup sehat dan rutin berolahraga. Jangan lupa juga, selalu hindari makanan yang instan dan berbahaya. Selamat mencoba dan salam sehat, Ladies!