Jadi Pilihan Eva Celia, Ini 5 Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Minggu, 26 Februari 2023 | 14:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jadi Pilihan Eva Celia, Ini 5 Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Ilustrasi Vegetarian. (Special)

Ladiestory.id - Sosok selebriti Eva Celia tengah menjadi sorotan publik. Sebab, dirinya diketahui memilih menjadi seorang vegetarian. Namun, pilihannya tersebut bukan tanpa alasan. Mengutip dari kanal YouTube Vindes (21/2/2023), Eva Celia mengungkapkan pilihannya menjadi vegetarian karena memiliki masalah hormon. Ia perlu menghindari konsumsi daging merah untuk mengurangi risiko adanya inflamasi. Berawal dari hal tersebut dirinya pun mengaku ketagihan dan menjalani pola hidup vegetarian hingga saat ini. 

Penganut vegetarian sendiri selain mengkonsumsi sayuran maupun buah. Beberapa diantaranya masih mengkonsumsi beberapa produk seperti susu, telur serta produk turunan susu lainnya. Banyak manfaat yang tersimpan dalam menerapkan pola hidup vegetarian. Nah, bagi kamu yang penasaran. Yuk, simak ulasan lima manfaat vegetarian bagi kesehatan berikut ini.

Menjaga Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Manfaat vegetarian bagi kesehatan yang pertama yaitu menjaga kesehatan kulit. Sebab, vegetarian lebih banyak mengkonsumsi sayuran serta buah dalam setiap sajiannya. Tingginya kandungan mineral serta antioksidan pada dua jenis makanan tersebut menjadikan peredaran dalam tubuh menjadi lancar. Selain itu, pigmen kulit pun selalu terjaga. Bahkan, dianjurkan untuk menyantap jenis sayuran dalam keadaan mentah dan segar seperti dijadikan lalapan. 

Pilihan semacam ini menjadikan kamu terhindar dari Advanced Glycation Endproducts (AGEs) sejenis lemak jahat yang dapat muncul ketika makanan dimasak dalam suhu tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa dampak dari zat jahat tersebut dapat menyebabkan adanya lemak di perut serat meningkatkan risiko penuaan dini.

Terhindar dari Obesitas

Ilustrasi Vegetarian. (Special)

Manfaat vegetarian selanjutnya yaitu terhindar dari obesitas. Tak hanya itu, pola makan vegetarian juga cocok untuk diterapkan bagi orang-orang yang memiliki berat badan berlebih. Ketika konsisten menerapkan pola makan vegetarian juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang ideal. Bagi kamu yang ingin menerapkan vegetarian untuk menjaga berat badan yaitu melakukannya secara konsisten selama 6 bulan. 

Ilustrasi diabetes. (Special)

Penderita diabetes tentunya perlu memperhatikan pola makan untuk mengontrol gula darah. Namun, berbeda dengan vegetarian yang justru mampu menurunkan risiko penyakit diabetes. Sebab, seorang vegetarian diketahui memiliki kadar gula darah yang lebih stabil dan terkontrol.  

Menghindari Kanker Usus Besar

Ilustrasi Kanker Usus Besar. (Special)

Bagi orang yang sering mengkonsumsi daging khususnya daging merah. Diketahui memiliki risiko mengidap kanker usus besar yang lebih tinggi dibandingkan vegetarian. Sedangkan, bagi pecinta vegetarian lebih sering mengkonsumsi sayur serta buah-buahan memiliki risiko kanker usu besar yang rendah. Kedua makanan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk memperlancar pencernaan, melindungi usus serta menghindari risiko kanker usus besar.

Berdasarkan hasil studi penelitian, ditemukan sebesar 15% potensi kanker dapat menurun pada orang yang memiliki pola makan vegetarian (bebas daging). Kandungan serta, vitamin, mineral hingga fitokimia yang tinggi dalam sayuran maupun buah menjadi salah satu faktor yang membantu menghindari kanker.

Mengurangi Risiko Jantung Koroner

Ilustrasi sakit jantung. (Special)

Manfaat lain dari vegetarian bagi kesehatan yaitu mengurangi risiko jantung koroner. Penyakit yang menjadi penyebab utama kematian terbanyak di Indonesia ini masih jarang diketahui cara mencegahnya. Nyatanya, dengan menjadi vegetarian diakui oleh para ahli kesehatan sebagai salah satu cara mencegah jantung koroner.

Banyak studi menyebutkan, penganut pola makan vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami kematian akibat jantung koroner. Vegetarian juga dapat memberikan manfaat untuk memperbaiki profil tekanan darah serta menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab dari jantung koroner. Tentunya, informasi ini menjadi kabar yang baik bukan?