Jadi Viral di TikTok, Apa Itu Cut Off dalam Pertemanan?

Selasa, 2 Agustus 2022 | 14:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jadi Viral Di Tiktok, Apa Itu Cut Off Dalam Pertemanan?

ilustrasi cut off pertemanan (special)

Ladiestory.id - Beberapa waktu lalu, sempat viral di media sosial terutama TikTok sebuah istilah yang disebut dengan cut off. Hal tersebut dipicu dari konten salah satu TikTokers yang menyampaikan kekecewaan terhadap temannya dan memutuskan untuk cut off. Sejak itulah, cut off menjadi pembicaraan di kalangan netizen hingga viral. Beberapa konten kreator lain juga aktif membahas mengenai istilah ini.

Cut Off sendiri terdiri dari dua suku kata bahasa inggris yaitu cut artinya memotong dan off artinya mati. Menurut Dictionary Cambrige, Cut Off merupakan sebuah tindakan menghentikan sesuatu. Jika dipakai dalam konteks hubungan, maka artinya memutuskan sebuah hubungan baik dalam bentuk komunikasi hingga relasi. Istilah ini pun menjadi marak digunakan oleh kalangan muda ketika berkomunikasi atau pergaulan. Berikut tanda ketika kamu memerlukan untuk melakukan cut off dalam pertemanan.

Mereka Tidak Ada Untukmu

ilustrasi pertemanan. (Special)

Menjalani sebuah pertemanan haruslah didasari dengan kesetaraan dan harapan untuk saling memberi maupun menerima. Hal tersebut akan menumbuhkan sebuah hubungan yang sehat. Ketika temanmu menginginkan kehadiranmu untuk selalu mendukung dan berada di sampingnya, namun ia tidak melakukan sebaliknya untukmu. Bisa jadi, itu pertanda bahwa pertemanan kamu perlu evaluasi karena tidak sehat. Selain itu, jika hal tersebut menjadi kebiasaan maka akan menimbulkan salah presepsi bagi satu pihak

Merasa Rugi Ketika Bersama

ilustrasi cut off pertemanan. (Special)

Ketika memiliki sebuah pertemanan yang sehat, maka kamu akan memiliki tempat terbaik untuk menangis maupun menuangkan kebahagiaan bersama. Hal tersebut seharusnya terasa hangat dan berharga. Namun, saat perasaan yang kamu miliki justru sebaliknya kemungkinan ada permasalahan dalam pertemananmu. Selain itu, jika sering terjadi bergosip di belakang  hingga menjatuhkan, kamu harus sesegera mungkin diskusikan dan diselesaikan. Apabila tidak menunjukkan itikad baik maupun perubahan, sepertinya kamu perlu untuk melakukan cut off untuk kebaikan mental dan dirimu sendiri.

Kepercayaan Hilang Padanya

ilustrasi pertemanan. (Special)

Salah satu dasar sebuah hubungan apapun adalah kepercayaan. Begitu pula dengan hubungan pertemanan yang kamu miliki. Jika kamu tidak dapat mempercayai temanmu, kemungkinan besar hubungan yang kalian miliki tidak sehat. Beberapa contoh yang membuat kepercayaan hilang seperti, sering membatalkan janji, berbohong hingga menipu. Menjalin sebuah pertemanan tanpa ada kepercayaan hanya akan menimbulkan kerugian jangka panjang untukmu.

Selalu Bertentangan Denganmu

ilustrasi cut off pertemanan. (Special)

Pernahkan kamu merasa sering dinilai salah dalam melakukan sesuatu oleh temanmu? Bahkan segala hal yang kamu lakukan selalu dikatakan sebagai sebuah permasalahan. Jika iya, maka itu merupakan tanda pertemanan kamu tidak sehat. Kamu bahkan tidak bisa melakukan sesuatu dengan benar dan selalu mendapat tekanan. Kemudian, rasa lelah akan menghampiri ketika semua waktu dan energi yang kamu habiskan untuk mendengarkan temanmu, meminta maaf berulang kali dan memberi  penjelasan. Tanda seperti ini haruslah kamu waspadai dan melakukan cut off menjadi tidak bermasalah demi kebaikanmu secara mental maupun fisik.

Tidak Membiarkanmu Menjadi Diri Sendiri

Ilustrasi cut off pertemanan. (Special)

Tampil di depan teman dengan menggunakan topeng tentu saja tidak nyaman, bukan? Sebab, kamu akan terus-menerus menjadi orang lain dan bersandiriwara. Teman juga sering menekanmu untuk melakukn hal-hal yang bertentangan dengan kamu untuk mempertahankan padangan dan penilaian orang lain terhadapmu. Jika seorang teman tidak dapat membiarkan dan menerimamu apa adanya untuk menjadi diri sendiri, ada baiknya kamu melakukan cut off dan mencari teman baru yang menerimamu apa adanya.

Itulah penjelasan mengenai istilah cut off yang telah viral di Tik Tok. Semoga, kamu selalu dikelilingi oleh pertemanan yang baik ya, Ladies.

s