Jaga Kesehatan Ginjal, Ini Dia Makanan yang Perlu Dihindari

Rabu, 27 Juli 2022 | 09:30:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Jaga Kesehatan Ginjal, Ini Dia Makanan Yang Perlu Dihindari

Ginjal (Special)

Ladiestory.id - Ginjal memiliki fungsi yang vital untuk tubuh manusia. Organ tubuh tersebut memiliki fungsi untuk menyeimbangkan cairan, elektrolit, dan zat terlarut untuk menyaring air dan membuang darah manusia. Hal tersebut membuat ginjal mem produksi sekitar 50 ons cairan urin setiap hari.

Terdapat empat jenis penyakit ginjal yang berbahaya, yaitu batu ginjal, cedera ginjal akut, penyakit ginjal kronis, atau penyakit ginjal stadium akhir. Sedangkan dua penyakit yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan risiko penyakit ginjal adalah diabetes dan hipertensi.

Jika kerusakan pada ginjal parah, hal tersebut dapat berujung ke kematian. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting. Salah satu cara menjaganya adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya tidak sering dikonsumsi agar ginjal tetap sehat.

Daging Olahan

Ilustrasi daging olahan. (Special)

Daging olahan dapat menjadi ancaman bagi kesehatan ginjal. Misalnya sosis dan kornet. Daging olahan mengandung sodium dan protein hewani yang tinggi. Oleh karena itu, jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak daging olahan, tekanan darah Anda dapat meningkat dan menciptakan tekanan ekstra pada ginjal.

Sop

Ilustrasi sop. (Special)

Walaupun sop biasanya adalah hidangan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk meredakan gejala flu, tetapi hidangan tersebut sebenarnya banyak mengandung garam. Sop setidaknya mengandung 800 miligram sodium. 

Pizza

Ilustrasi Pizza. (Ladiestory.id)

Bahan baku yang digunakan dalam pizza adalah makanan yang tinggi akan kandungan natrium, lemak, dan sodium. Bahan tersebut adalah seperti saus tomat, keju, dan daging olahan. Kandungan nutrisi dalam pizza adalah empat kali lipat dari jumlah nutrisi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi harian.

Kentang Goreng

Ilustrasi orang makan kentang goreng. (mcdonalds.co.id)

Kentang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satu yang sering dijumpai adalah kentang goreng. Makanan ini sebaiknya dihindari jika Anda ingin menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan kentang yang tinggi potasium ditambah kandungan lemak dalam minyak goreng berdampak tidak baik untuk ginjal.

Kecap

Ilustrasi kecap (Special)

Kecap memiliki kandungan natrium yang tinggi. Setidaknya 950 miligram natrium terkandung dalam satu sendok makan kecap. Jumlah ini mencapai hampir 50 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk dikonsumsi harian.