1. Health
  2. Jaga Nutrisi Otak, Ini Vitamin Dan Nutrisi Terbaik Untuk Kamu
Health

Jaga Nutrisi Otak, Ini Vitamin Dan Nutrisi Terbaik Untuk Kamu

Jaga Nutrisi Otak, Ini Vitamin Dan Nutrisi Terbaik Untuk Kamu

Vitamin untuk kesehatan otak. (Pinterest.com/theepochtimes)

Ladiestory.id - Seiring bertambahnya usia, kesehatan otak sering kali dihiraukan. Kesehatan otak ternyata berhubungan dengan pola makan. Mengonsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk mendapatkan nutrisi dan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan otak. 

Melansir dari Prevention Online, menurut Puja Agarwal, Ph.D. mengatakan bahwa nutrisi tertentu seperti flavonoid, lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3, sangat berhubungan dengan penurunan kognitif yang lebih lama dan penurunan risiko demensia. 

Selain makanan sehat dan bergizi, suplemen juga dibutuhkan untuk kesehatan otak lho! 

Berikut vitamin yang kamu butuhkan untuk menjaga agar otak tetap baik, menurut para ahli.

Omega-3 Fatty Acids

Omega-3 fatty acids. (Pinterest.com/cathefriedrich)

 

Asam lemak omega-3 merupakan sejenis lemak tak jenuh yang memiliki efek anti-inflamasi yang melindungi otak. Ikan yang mengandung asam lemak omega adalah salmon dan tuna.

Selain ikan berlemak, sumber omega-3 yang baik bisa kamu temukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, telur bahkan yogurt. Jika ingin lebih praktis, kamu dapat membeli vitamin yang mengandung omega-3 apotik terdekat. 

Lebih lanjut, penelitian menemukan asam lemak omega-3 dosis tinggi yang dikonsumsi setelah operasi gegar atau cedera otak akan memberi efek perlindungan pada kerusakan jangkaa panjang.

Vitamin E

Vitamin E. (Pinterest.com/juvenon)

Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, biasanya terjadi pada penderita alzheimer. Otak diketahui sangat rentan terhadap oxidative stress yang meningkat seiring bertambahnya usia.

Vitamin E memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu menjaga DNA tetap sehat serta menjaga struktur membran sel otak dengan baik.

Kamu dapat menemukan sumber vitamin ini dari sayuran berdaun gelap, alpukat, paprika merah, kacang-kacangan hingga biji-bijian.

Vitamin C

Vitamin C. (Pinterest.com/basenfasten)

 

Vitamin C diketahui dapat mendukung otak berkembang dan menjinakan peradangan di dalam otak. Orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C setidaknya sekali seminggu memiliki kemungkinan kecil untuk terkena alzheimer lho.

Kandungan vitamin ini dapat kamu temukan pada kiwi, paprika, jeruk, bebri, brokoli hingga tomat.

Vitamin B

Vitamin B. (Pinterest.com/cathefriedrich)

Jika kamu ingin fokus akan kesehatan otak, vitamin B yang diperlukan untuk fungsi normal otak adalah B6, B12, dan B9. Hal ini karena vitamin tersebut membantu meningkatkan produksi neurotransmitter yang menghubungkan antara otak dan tubuh. 

Mengonsumsi suplemen ini juga dapat membantu mengatasi kehilangan ingatan seiring bertambahnya usia.

Kacang menjadi salah satu sumber vitamin B terbaik. Vitamin B bisa kamu temukan pada pisang, jeruk, pepaya, tuna, daging, salmon hingga telur.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel