Jangan Dibuang! Ini Manfaat dari Pakaian Bekasmu

Rabu, 5 Januari 2022 | 08:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Dari Pakaian Bekasmu

Ilustrasi perempuan memilih baju. (Special)

Ladiestory.id - Saatnya untuk mulai memperhatikan dan merapikan kembali hal -hal yang perlu dibersihkan. Coba untuk tengok kembali isi dari lemarimu. Dari banyaknya baju yang ada, apakah semuanya masih Kamu pakai.

Jika sudah tidak terpakai mulai untuk pisahkan dan tata kembali. Terkadang hal ini mungkin terpikirkan bahkan mungkin Kamu akan bingung baju yang ada mau diapakan pakaianmu supaya gak hanya dibiarkan tersimpan di dalam lemari.

Ketahuilah, ternyata baju bekas yang sudah tak terpakai masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. 

1. Donasi

Ilustrasi orang menyumbang baju. (Special)

Faktanya, ada banyak organisasi non-profit yang mulai peduli dengan lingkungan melalui daur ulang barang bekas. Coba cari di Google atau Instagram mengenai program yang menyediakan layanan terhadap daur ulang baju bekas.

Salah satu contohnya ada The Street Store Indonesia dan Sumbang.in. Ini akan sangat membantumu sehingga tidak perlu kebingungan ingin menyumbangkan baju bekas kemana. 

2. Garage Sale

Ilustrasi bisnis online. (Special)

Hal ini cukup sederhana dan seru untuk dilakukan. Tanpa modal yang besar, Kamu bisa mulai berbisnis dan mendapatkan penghasilan dari penjualan yang dilakukan.

Selain itu, biasanya ada berbagai gerai yang membuka garage sale atau ikut dalam acara pasar loak yang ada di kotamu. Langkah mudah lainnya untuk berjualan, kami bisa membuat akun di marketplace dan mulai berjualan secara online.

Ini adalah platform yang cocok dan mudah digunakan untuk memulai bisnis online dan memanfaatkan barang bekas. 

3. Bahan untuk Membuat Aksesoris

Dari berbagai tumpukan baju bekas yang kamu miliki, sebenarnya ada banyak kreasi yang dapat dibuat dari membuat gelang dan kalung. Kita bisa memotong kecil-kecil baju bekas kemudian merangkai atau menyatukannya menjadi utuh.

4. Kreasi Tas dari T-shirt

Salah satu alat yang membantu kita dalam menjalankan berbagai aktivitas adalah tas. Tas digunakan untuk membawa berbagai barang yang dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari.

Kita dapat menggunakan baju bekas sebagai bahan dalam membuat tas sehingga tidak perlu pakai plastik lagi setiap belanja karena sudah ada tas ini

5. Alat Mainan untuk Hewan Peliharaan

Ilustrasi anjing sebagai hewan peliharaan. (Special)

Jika Kamu adalah tipe orang yang memelihara hewan, maka ini menjadi salah satu alternatif untuk menyenangkan hewan peliharaanmu dengan membuatkannya mainan.

Seringkali ketika kita membeli, harganya cukup mahal bahkan mudah rusak. Maka kita bisa mencoba untuk mendaur ulang baju bekas sebagai mainan mereka.