Jangan Jadi Tawar Hati, Inilah Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kasih Sayang

Minggu, 29 Agustus 2021 | 00:02:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Jangan Jadi Tawar Hati, Inilah Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kasih Sayang

Foto: Ladiestory.id

Kasih sayang seringkali diartikan sebagai suatu perasaan yang diberikan dan diterima oleh seseorang, dalam konteks hubungannya dengan cinta. Namun, hal ini tidak bisa diartikan secara mutlak. Pasalnya, suatu bentuk emosi bukanlah sesuatu yang dapat diberikan ataupun diterima.

Kasih sayang merupakan sesuatu yang mengalir di antara manusia, diterima, dan diberikan. Untuk memberikan maupun merasakan kasih sayang, seseorang membutuhkan suatu bentuk usaha.

Bahkan kasih sayang tidak hanya diberikan antar-manusia, melainkan juga kepada spesies lainnya. Seperti contoh kasih sayang kepada hewan peliharaan.

Ayat Alkitab Tentang Kasih Sayang

Foto: Ladiestory.id

Namun, jangan lupakan bahwa kita juga harus memberikan kasih sayang kepada Tuhan yang menciptakan kita. Terlebih Tuhan sudah mengasihi kita terlebih dahulu dengan dibuktikan memberikan nyawa-Nya untuk menebus dosa kita. Oleh sebab itu, inilah kumpulan ayat Alkitab tentang kasih sayang Tuhan kepada kita. Ataupun kasih sayang dari kita untuk Tuhan dan sesama.

1. Efesus 6 : 24

"Kasih karunia menyertai semua orang, yang mengasihi Tuhan kita Yesus Kristus dengan kasih yang tidak binasa."

2. 1 Korintus 13 : 13

"Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih."

3. Mazmur 11 : 5

"Tuhan menguji orang benar dan orang fasik, dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan."

4. Galatia 5 : 13

"Saudara-saudara memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan dalam dosa, melainkan layanilah seseorang akan yang lain oleh kasih."

5. Amsal 21 : 21

"Siapa mengejar kebenaran dan kasih akan memperoleh kehidupan, kebenaran dan kehormatan."

Ayat Alkitab Tentang Kasih Sayang Tuhan Kepada Kita

Foto: Ladiestory.id

 

1. Yohanes 3 : 16

"Karena Tuhan begitu mengasihi dunia ini, Dia menyerahkan Anak Laki-Lakinya yang tunggal, sehingga barangsiapa percaya kepada-Nya tidak akan binasa, melainkan memiliki kehidupan kekal".

2. 1 Yohanes 4 : 16-19

"Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia." (ayat 16)

"Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini." (ayat 17)

"Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih." (ayat 18)

"Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita." (ayat 19)

3. 1 Yohanes 4 : 9-10

"Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya." (ayat 9)

"Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan telah mengutus Anak-nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita." (ayat 10)

4. Yohanes 15 : 13

"Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya."

Ayat Alkitab Tentang Kasih Sayang kepada Tuhan dan Sesama

Foto: Ladiestory.id

 

1. Yohanes 15 : 12

"Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu."

2. 1 Yohanes 4 : 7-8

"Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah." (ayat 7)

"Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih." (ayat 8)

3. 1 Yohanes 4 : 18

Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

4. Mazmur 116 : 1

"Aku mengasihi TUHAN, sebab Ia mendengarkan suaraku dan permohonanku."

5. 1 Korintus 16 : 14

"Lakukan segalanya dengan cinta"

6. Efesus 6 : 24

"Kasih karunia menyertai semua orang, yang mengasihi Tuhan kita Yesus Kristus dengan kasih yang tidak binasa."

Inilah kumpulan ayat Alkitab tentang kasih sayang, antara Tuhan ke kita serta kasih sayang kita ke Tuhan dan sesama. Semoga ayat ini dapat kembali mengingatkan kita bahwa kasih sayang merupakan suatu hal yang penting.