Jangan Mau Ditindas, Ini 5 Cara Atasi Senior di Kantor yang Menyebalkan

Kamis, 31 Agustus 2023 | 08:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Jangan Mau Ditindas, Ini 5 Cara Atasi Senior Di Kantor Yang Menyebalkan

Ilustrasi Senior Menyebalkan. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, berstatus junior di kantor tentu kamu harus dituntut untuk memiliki adab dan sopan santun yang baik kepada senior-seniormu. Nah, kamu pun harus pandai bersikap dan menempatkan diri dengan baik supaya kamu dapat bergaul dengan baik pula dengan mereka yang lebih tua atau berstatus senior.

Namun, ada kalanya para junior ini merasa tertindas karena senioritas dengan sikap yang menyebalkan bahkan membuat orang baru merasa tidak nyaman dan tidak merasa betah di tempat kerja. Nah, untuk mengatasi senior-senior yang menyebalkan ini kamu pun bisa melakukan lima cara berikut ini, Ladies.

Bersikap Profesional

Ilustrasi bekerja. (Special)

 

Ladies, memiliki kedudukan sebagai seorang yang dianggap tau segalanya dan lebih berpengalaman darimu tentu akan membuatmu merasa segan dan hormat padanya. Biasanya senior yang seenaknya ini akan bersikap bak raja kepada anak baru, bahkan mereka akan menyuruh seenaknya dan mengaturmu sesuka hatinya.

Untuk mengatasinya, kamu harus bersikap elegan dan profesional, Ladies. Jangan mau mengikuti kemauannya apabila hal itu diluar aturan kantor, jika mereka sudah menyalahi aturan dan bersikap berlebihan kamu bisa menolak perintahnya dengan sopan dan baik. Jika hal ini sudah melewati batas wajar, kamu pun bisa menyampaikan perlakuan mereka kepada atasan atau rekan kerjamu.

Bersikap Tenang

Ilustrasi bekerja. (Special)

 

Ladies, biasanya perlakuan senioritas kepada anak baru atau junior di tempat kerja, mereka sering mem-bully, mengejek, bahkan membuat perasaanmu campur aduk menjadi kurang nyaman karena kamu harus menjaga wibawamu di tempatmu berkarir. Bisa saja ini sebagai uji ketahanan mentalmu di tempat kerja atau senioritas di tempat tersebut bisa menjadi toxic bagi dirimu.

Nah, apabila kamu mendapati perlakuan yang kurang baik yang sifatnya untuk menguji mentalmu di dunia kerja, kamu bisa bersikap tenang dan tidak mengambil hati perkataan mereka. Namun, apabila hal ini sudah membuatmu merasa tidak nyaman bahkan mengganggu kinerja maupun konsentrasimu kamu bisa mendiamkan mereka dan bersikap cuek agar mereka nantinya akan merasa bosan dan lelah dengan sendirinya. Tunjukan jika kamu memiliki mental yang kuat dan high value, jika kamu mudah tersulut emosi maka kamupun bisa mengundurkan diri dengan cepat, Ladies.

Hadapi dengan Tegas

Ilustrasi bekerja. (Special)

 

Ladies, perilaku senioritas yang menyebalkan dapat membuat seseorang merasa stres bahkan berujung depresi. Apabila hal ini sudah sangat mengganggu ketenanganmu dalam bekerja, cara yang bisa kamu lakukan ialah hadapi dan tegur mereka dengan tegas secara langsung. Tak perlu memberikan konfrontasi didepan umum, kamu bisa membicarakan hal ini secara pribadi.

Memberikan teguran kepada seseorang didepan umum terlebih yang usianya lebih tua darimu maka dapat mencerminkan sikap yang tidak bijaksana. Dengan begitu kamu bisa menjalin komunikasi yang baik dengannya sehingga mereka bisa terbuka dan sadar diri, jangan hilangkan sikap hormatmu kepada mereka dengan begitu mereka akan menyesal dan juga merasa dihargai.

Jangan Bandingkan Dirimu Dengannya

Ilustrasi bekerja. (Special)

 

Ladies, setiap orang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing khususnya bagi kamu anak baru yang perlu belajar dan beradaptasi di lingkungan kerja yang baru. Membanding-bandingkan status dan kedudukan antar senior dan junior justru akan membuatmu merujuk kearah yang negatif bahkan hubungan kalian akan menjadi buruk. Tegurlah ia dengan sopan dan jangan coba untuk mendikte dan menyebut faktor usia sebagai kesalahannya.

Menghindar Dari Mereka

Ilustrasi bekerja ( facetofeet )

 

Ladies, jika kamu merasa lingkunganmu sudah toxic, cara yang bisa kamu lakukan ialah jangan bergabung dalam circle yang dapat menjerumuskanmu. Lebih baik menjaga jarak atau menghindar dari mereka, kamu bisa membatasi interaksi dengan mereka dan lakukan pekerjaanmu dengan maksimal.