Jangan Putus Asa, Begini 4 Cara Terbaik untuk Bangkit dari Kegagalan!

Senin, 4 Oktober 2021 | 12:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Jangan Putus Asa, Begini 4 Cara Terbaik untuk Bangkit dari Kegagalan!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Sebagian orang yang gagal akan merasa terpuruk, putus asa, dan merasa tidak akan berhasil. Jika Anda saat ini adalah orang yang tengah mengalami hal tersebut, kini saatnya Anda untuk bangkit dengan kegagalan, bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Untuk Bangkit dari Kegagalan?

Bagi Anda yang tengah putus asa dengan kegagalan yang Anda alami, lakukan hal berikut ini untuk bisa bangkit dalam kegagalan.

1. Ambil Pelajaran Berharga dari Kegagalan Tersebut

Foto: Ladiestory.id

Sedih atas kegagalan yang dialami adalah hal yang wajar, tapi ingat jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Terus gali penyebab Anda gagal, lalu pikirkan apa yang sudah Anda pelajari serta yang tidak boleh terulang di masa depan, bagaimana cara memperbaiki kesalahan itu di masa depan. Cobalah Anda pikirkan hal tersebut.

Dengan mengingat dan merekonstruksi pengalaman-pengalaman kegagalan, itu berarti Anda sudah selangkah lebih maju untuk mendekati sukses.

Kegagalan di masa lalu juga jadi tidak sia-sia karena sudah menjadi pelajaran paling berharga untuk memotivasi diri Anda untuk bangkit dari kegagalan hidup Anda dan dapat menggapai kesuksesan pada akhirnya nanti.

2. Berpikirlah Bahwa Kegagalan adalah Jalan Menuju Sukses

Foto: Ladiestory.id

Percaya atau tidak, orang yang sukses itu telah mengalami kegagalan berkali-kali. Jadi, Anda pun mungkin saja memerlukan kegagalan berkali-kali sebelum pada akhirnya sampai pada titik berhasil untuk bangkit dan bisa  mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang sebelumnya.

Yang penting Anda berusaha terus mencoba, tidak diam saja, walaupun hasil yang diperoleh nantinya di luar ekspektasi. Jika Anda hanya diam tanpa bertindak apa pun, maka Anda dapat dikatakan akan memulai kegagalan permanen.

Contoh misalnya, Anda adalah seorang lulusan baru yang melamar pekerjaan berkali-kali namun selalu ditolak. Cobalah hindari mengeluh dan menyerah apalagi putus asa, tapi Anda harus terus melamar ke beberapa perusahaan lagi hingga akhirnya ada perusahaan yang menerima Anda bekerja.

3. Berpikir Jauh Kedepan

Foto: Ladiestory.id

Dibutuhkan kerja keras untuk dapat meraih kesuksesan. Diperlukan usaha keras siang hingga malam, dan bisa saja seseorang menyerah di tengah jalan.

Tapi perlu Anda tahu bahwa orang-orang sukses yang pernah mengalami kegagalan berkali-kali. Ia akan berpikiran jauh ke depan. Mereka pun akan tetap optimis dan terus bekerja keras.

Seperti bambu Cina yang butuh waktu hingga 5 tahun untuk dapat menumbuhkan akarnya terlebih dahulu tanpa adanya pertumbuhan yang tampak di atas tanah demi untuk mendapatkan pasok yang kuat.

Jadi, benarlah bahwa sukses itu seperti menanam bambu. Orang tidak dapat melihatnya dalam waktu dekat, tapi tunggulah hingga tunasnya mampu melesat tinggi beberapa waktu kemudian.

4. Jangan Menyerah dan Teruslah Mencoba

Foto: Ladiestory.id

Bangkit itu berarti Anda tidak boleh menyerah, tapi terus mencoba. Thomas Alva Edison pun mencoba hingga 9.999 kali untuk mewujudkan impiannya, hingga akhirnya berhasil pada percobaan ke-10.000.

Salah satu kutipan darinya yang dapat Anda jadikan motivasi adalah, “Saya tidak gagal. Bahkan saya berhasil menemukan 9.999 cara yang tidak bekerja untuk hasil yang saya inginkan.

Jadi, jangan pernah patah semangat bila banyaknya kegagalan Anda masih jauh dari hitungan ribuan. Setiap manusia mempunyai anugerah tersendiri, yakinlah dengan Anda terus mencoba, maka anugerah tersebut akan  berbuah kesuksesan bagi Anda. Begitulah salah satunya cara agar bangkit dari kegagalan.

Nah, itulah 4 cara untuk bisa bangkit dari kegagalan. Jangan berputus asa! Yakinkan dalam diri bahwa kegagalan adalah sukses yang tertunda. Teruslah mencoba hingga suatu saat sukses menghampiri Anda. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait