Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Perawatan Luka yang Tepat

Minggu, 17 September 2023 | 15:24:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Perawatan Luka Yang Tepat

Ilustrasi Luka. (Freepik)

Ladiestory.id - Tak bisa terelakkan, tiap orang pasti pernah mengalami luka di bagian tubuhnya, baik itu luka besar mau pun luka kecil. Luka pada tubuh harus ditangani dengan baik dan tepat, apabila luka tidak tertangani dengan tepat, maka ada kemungkinan bahwa luka akan kian menjadi parah. Untuk itu, perlu adanya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pertolongan pertama.

Dalam acara “First Aid Conference 2023” yang digelar beberapa waktu lalu di kawasan Jakarta Pusat, dr. Kevin Mak mengungkapkan bahwa dalam perawatan luka dapat dilakukan dalam 3 langkah, yakni bersihkan, lindungi, dan sembuhkan.

"Perawatan luka sebenarnya sederhana yang bisa dilakukan dalam 3 langkah yaitu bersihkan, lindungi, dan sembuhkan. Hal ini berarti, bila terjadi luka, selalu ingat untuk bersihkan luka dengan cairan antiseptik supaya tidak infeksi. Kemudian lindungi luka dengan plester luka, dan terakhir bila diperlukan penyembuhan yang lebih cepat, bisa menggunakan salep luka," ungkap dr. Kevin Mak saat ditemui oleh tim Ladiestory.id beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dokter sekaligus health influencer itu juga membagikan cara tepat dan tips dalam memberikan penanganan dan merawat luka. Yuk simak tipsnya!

Bersihkan Luka

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan luka. dr. Kevin Mak menyarankan agar luka dapat dicuci dengan air mengalir. Setelahnya, cuci luka menggunakan antiseptik agar tidak ada infeksi.

Buat Luka Jadi Lembab

Untuk mempercepat penyembuhan luka, area luka harus dijaga agar tetap lembab. Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan plester atau salep luka agar proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Tutup Luka

Setelah memastikan area luka tetap lembab, kemudian tutup luka menggunakan plester. Karena apabila luka dibiarkan terluka, maka area luka akan menjadi lebih gampang kotor, infeksi, dan komplikasi.