Jangan Sampai Salah! Yuk Ketahui Bahasa Korea “Maaf”

Senin, 13 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Jangan Sampai Salah! Yuk Ketahui Bahasa Korea “Maaf”

Ilustrasi pasangan korea. (Spesial)

Ladiestory.id - Bahasa Korea maaf harus diketahui oleh kamu yang sedang belajar bahasa atau akan berlibur ke Negeri Ginseng tersebut. Sikap hormat dan sopan sangat penting dalam budaya Korea.

Ada berbagai cara untuk mengungkapkan permintaan maaf kamu dalam Bahasa Korea, tetapi cara terpenting yang harus kamu pelajari adalah cara formal untuk meminta maaf. Ini bisa sangat membantu, dan itu akan menghindari kesalahpahaman

Yuk Ketahui Bahasa KoreaMaaf

Ilustrasi pasangan korea. (Spesial)

 

Lantas, bagaimana dengan kata-kata untuk mengucapkan permintaan maaf? Seperti diketahui, Bahasa Korea memiliki tingkatan kesopanan yang membedakan penggunaannya. Ketika meminta maaf pada teman sebaya, tentunya akan berbeda dibandingkan saat bicara kepada orangtua yang dihormati.

1. 미안합니다 (mianhamnida)

미안합니다 (mianhamnida) merupakan ucapan maaf dalam Bahasa Korea yang sifatnya formal. Ucapan ini biasanya ditujukan pada orang yang lebih tua atau dihormati.

Namun begitu, banyak juga yang memakai ucapan ini agar terlihat lebih tulus ketika meminta maaf. Penggunaan frasa ini biasanya lebih ditujukan pada teman seumuran dan cenderung kurang akrab.

“Mianhamnida” mempunyai kata dasar “Mianhada” (미안하다) lalu diubah dengan akhiran formal “mnida” (ㅂ니다). Perubahannya secara ringkas bisa dilihat seperti ini: [미안하다 + ㅂ니다 = 미안합니다].

2. 미안해요 (mianhaeyo)

미안해요 (mianhaeyo) merupakan bentuk lain dari 미안합니다 (mianhamnida) yang sifatnya sama-sama formal. Bedanya, ucapan ini lebih sering ditujukan pada orang yang kurang akrab atau tidak kamu kenal. Misalnya seperti ketika kamu menabrak orang saat berjalan kaki.

“Mianheyo” (미안해요) terdiri dari kata dasar “Mianhada” (미안하다) lalu diubah dengan akhiran “eoyo” (어요). Perubahannya secara ringkas seperti ini: [미안하다 + 어요 = 미안해요].

Ilustrasi pasangan korea. (Spesial)

 

3. 미안해 (mianhae)

미안해 (mianhae) merupakan ucapan maaf dalam Bahasa Korea yang sifatnya informal. Frasa ini biasanya diucapkan saat sedang berbicara dengan teman dekat, teman yang seusia atau bisa juga pada orang yang lebih muda. Jangan coba-coba ditujukan pada orang yang lebih senior, nanti kamu akan dianggap tidak sopan.

Kata “Mianhe” terdiri dari kata dasar “Mianhada” (미안하다) yang diakhiri dengan “eoyo” (어요) namun kita hilangkan suku kata terahirnya yaitu “o” (오).

4. 미안하다 (mianhada) / 미안 (mian)

미안하다 (mianhada) dan 미안 (mian) merupakan ucapan maaf dalam Bahasa Korea yang sifatnya personal dan lebih kasar dibanding 미안해 (mianhae). Ucapan ini dapat kamu tujukan pada pasanganmu atau orang yang sangat akrab denganmu, tapi bisa jadi kamu dianggap tidak tulus ketika meminta maaf menggunakan ucapan ini.

5. 죄송합니다 (joesonghamnida)

죄송합니다 (joesonghamnida) merupakan ucapan maaf dalam Bahasa Korea yang sangat sopan. Termasuk dalam bahasa formal, frasa ini dianggap sebagai cara yang sangat sopan. Bahkan bisa dibilang merupakan bentuk kehormatan dalam Bahasa Korea (Honorific Korean Level). 

6. 죄송해요 (joesonghaeyo)

죄송해요 (joesonghaeyo) memiliki tingkat kesopanan yang sama dengan 미안해요 (mianhaeyo). Meski ada penambahan 요 (yo) yang terkesan jadi lebih sopan dan tergolong dalam bahasa formal, tapi frasa ini masih bisa digunakan untuk percakapan kasual. Biasanya 죄송해요 (joesonghaeyo) banyak diucapkan pada rekan kerja.

Ilustrasi pasangan korea. (Spesial)

 

7. 실례합니다 (sillyehamnida)

실례합니다 (sillyehamnida) merupakan frasa Bahasa Korea yang artinya ‘permisi’. Jika suatu saat kamu mau melewati kerumunan orang, kamu bisa mengucapkan frasa yang satu ini.

Itulah 7 Bahasa Korea maaf yang perlu kamu ketahui. Hati-hati jangan sampai salah menggunakan frasa, ya! Apalagi jika ditujukan kepada orang yang kamu hormati