Jangan Tersulut Emosi, Ini 5 Cara Elegan Hadapi Orang yang Meremehkan Kamu

Rabu, 3 Mei 2023 | 19:21:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Jangan Tersulut Emosi, Ini 5 Cara Elegan Hadapi Orang Yang Meremehkan Kamu

Ilustrasi perempuan percaya diri. (Special)

Ladiestory.id - Hidup berdampingan dengan orang yang selalu mendukung dan juga selalu menebar aura positif tentunya sangat menyenangkan. Kamu bisa hidup bahagia dan bisa fokus pada tujuan hidup. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki karakter yang sama. Ada kalanya kamu bertemu dan berinteraksi dengan orang yang suka merendahkan orang lain. 

Menghadapi orang dengan tipe ini akan membuat kamu mudah kesal dan tersulut emosi. Dibandingkan harus marah kepada orang tersebut ada baiknya kamu menghadapinya dengan cara yang lebih elegan.

Ladies, berikut ini lima cara elegan untuk menghadapi orang yang suka meremehkanmu. 

Ladeni Secukupnya

Ilustrasi sahabat bertengkar. (SPecial)

 

Menghadapi orang yang suka merendahkanmu akan sangat menguras energi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari interaksi yang intens dengan tipe orang seperti ini. Jika kamu harus berhadapan dengan mereka maka sebaiknya ladeni secukupnya saja. Tak perlu menjelaskan banyak hal kepada tipe orang seperti ini.

Selain itu, agar kamu bisa lebih tenang maka kamu bisa menjaga jarak untuk sementara waktu. Pasalnya, waktu dan energi yang kamu miliki terlalu berharga untuk dibuang hanya untuk meladeni orang yang dapat menguras energi positif.

Berikan Bukti

Ilustrasi Wanita Karir. (Instagram.com/my_life.travel)

 

Jika ada orang yang terus menerus merendahkanmu, cara yang paling elegan untuk membalasnya adalah dengan memberikan bukti bahwa kamu tidak seperti apa yang mereka bicarakan. Jika kamu dianggap tidak becus dalam menyelesaikan suatu hal, maka kamu bisa berikan bukti nyata bahwa kamu menyelesaikannya dengan baik. 

Tak perlu banyak kata untuk membalas orang dengan tipe seperti ini. Cukup berikan bukti kerja yang nyata dan hal ini akan membuat mereka terdiam tak berkutik. 

Selalu Bahagia

Ilustrasi perempuan berkulit sehat. (Special)

 

Meskipun kamu direndahkan dan diremehkan oleh orang lain, sebaiknya jangan pernah menampakkan kebencian. Kamu perlu bersikap sebaliknya yaitu bersikap seolah-olah kamu selalu bahagia dengan kehidupan yang kamu miliki. Tunjukkan bahwa kamu tidak terusik dengan perkataan yang mereka lontarkan. 

Kamu bisa melakukan berbagai hal yang membuat kamu bahagia di depan orang yang merendahkanmu. Dengan cara ini, akan membuat mereka terdiam dan enggan untuk mengomentari kehidupanmu lagi. 

Buat Pencapaian Baru

Ilustrasi Berkomunikasi. (Special)

 

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi orang yang suka merendahkanmu adalah dengan memotivasi diri sendiri agar bisa menjadi lebih baik. Kamu bisa membuat sesuatu dan buat pencapaian yang baru. Kamu bisa menjadikan orang-orang yang merendahkanmu sebagai sebuah motivasi agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik. 

Ketika kamu berhasil meraih sebuah pencapaian baru, orang-orang yang dulunya meremehkanmu akan diam dan tidak berkutik. Kamu juga akan terbiasa memiliki motivasi untuk menjadi lebih baik. Mungkin awalnya kamu melakukan hal tersebut karena tidak ingin diremehkan namun lambat laun kamu akan sadar bahwa kamu punya harga diri yang patut kamu jaga. 

Abaikan

Ilustrasi perempuan kerja. (Special)

 

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi orang yang suka merendahkanmu adalah dengan mengabaikannya. Cara ini terlihat mudah bagi sebagian orang. Namun, tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Kamu memang dituntut untuk ikhlas membiarkan orang lain merendahkanmu. 

Biarkan orang tersebut berkata hal buruk tentangmu. Kamu perlu berpikiran positif bahwa bisa jadi orang tersebut memiliki masalah dengan dirinya sendiri. Oleh karena itu, abaikan saja semua ucapan yang mereka lontarkan agar kamu bisa fokus kepada tujuan hidupmu.