Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kapalan

Minggu, 28 Mei 2023 | 15:28:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kapalan

Ilustrasi kaki kapalan. (Special)

Ladiestory.id - Kapalan merupakan kondisi dimana bagian kulit mengalami penebalan dan terasa keras. Umumnya, kapalan terjadi pada bagian telapak kaki pada ujung jari ataupun pada telapak tangan.

Sebenarnya, kapalan bukanlah masalah yang serius dan tidak berbahaya. Namun, terkadang timbul rasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri karena tidak enak dilihat. 

Kapalan dapat terjadi karena kebiasaan sehari-hari yang kerap dianggap sepele, misalnya karena terjadi gesekan berulang pada area kulit tersebut. Kapalan juga bisa dihilangkan dengan perawatan pedicure di salon ataupun perawatan sendiri di rumah. 

Lalu apa saja penyebab kapalan? Ladiestory.Id telah merangkum lima kebiasaan yang dapat menyebabkan kapalan.

1. Memakai Sepatu yang Kurang Pas

Ilustrasi memakai sepatu. (Special)

 

Kebiasaan pertama yang dianggap sepele namun ternyata bisa menyebabkan kapalan adalah memakai sepatu yang kurang tepat. Memakai sepatu yang terlalu sempit atau sepatu dengan ujung lancip ternyata dapat membuat bagian jari kaki terutama kelingking tidak dapat bergerak atau terhimpit. Hal inilah yang kemudian dapat menimbulkan kapalan terutama pada jari kelingking kaki. 

Selain itu, memakai sepatu yang terlalu longgar juga dapat menyebabkan kapalan, lho. Pasalnya, bagian telapak kaki akan bergeser dan timbul gesekan dengan sepatu sehingga dapat menimbulkan kapalan terutama pada area belakang kaki. 

2. Adanya Gesekan Berulang

Ilustrasi bermain gitar. (Special)

 

Kebiasaan selanjutnya yang tanpa disadari dapat menyebabkan kapalan adalah melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan gesekan berulang. Seperti misalnya pada pemain gitar yang menggunakan jari-jari tangganya untuk memetik senar.

Aktivitas sehari-hari pun yang banyak menimbulkan gesekan juga dapat menimbulkan terjadinya kapalan. Mengendarai sepeda motor juga dapat menyebabkan telapak tangan menjadi kapalan karena bergesekan dengan stang. Kapalan juga dapat dialami oleh ibu rumah tangga karena sering terjadi gesekan antara telapak tangan dengan alat yang digunakan sehari-hari.

3. Adanya Tekanan Berlebihan

Ilustrasi memakai high heels. (Special)

 

Agar terhindar dari risiko kapalan, kamu juga perlu memperhatikan alas kaki yang kamu pakai. Selain ukurannya harus pas, sebaiknya hindari memakai heels. Pasalnya, terlalu sering memakai high heels dapat menimbulkan kapalan karena terjadi  tekanan berlebih pada ujung kaki. Kapalan akan terjadi pada area kaki yang menjadi tumpuan. 

Selain itu, aktivitas menulis dengan menggunakan pensil atau bolpoin juga dapat menyebabkan kapalan, lho. Hal ini dikarenakan terjadi tekanan pada ujung jari tangan ketika memegang bolpoin atau pensil untuk menulis. 

4. Tidak Memakai Kaus Kaki

Ilustrasi memakai kaus kaki. (Special)

 

Kebiasaan selanjutnya yang dapat menyebabkan kapalan adalah tidak memakai kaus kaki ketika memakai sandal atau sepatu. Hal ini dapat menyebabkan bagian telapak kaki bergesekan langsung dengan jahitan pada alas kaki yang dapat menimbulkan kapalan. Oleh karena itu, jika kamu ingin  terhindar dari kapalan sebaiknya pakai kaus kaki sebelum memakai sepatu atau sandal, ya. Kamu juga perlu memperhatikan kaus kaki yang kamu pakai harus pas dan tidak kekecilan. 

5. Berjalan Tanpa Alas Kaki

Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki. (Special)

 

Kebiasaan terakhir yang dapat menyebabkan kapalan adalah sering berjalan kaki tanpa alas kaki. Pada awalnya, kamu mungkin tidak akan merasakannya, namun lama kelamaan kulit telapak kaki akan menebal. Hal ini dapat terjadi karena kulit pada area tersebut berusaha untuk melindungi dirinya sendiri dengan melakukan penebalan. 

Ladies, itulah lima kebiasaan yang kerap dianggap sepele namun ternyata dapat menyebabkan kapalan. Meskipun kapalan bisa dihilangkan dengan perawatan khusus, namun jika kamu masih melakukan kebiasaan yang sama maka kapalan akan kembali muncul. Oleh karena itu, jika ingin terhindar dari kapalan, sebaiknya hindari kebiasaan penyebab kapalan.