Ajaib, 7 Bahan Alami ini Terbukti Ampuh Hilangkan Kapalan

Sabtu, 26 Maret 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Ajaib, 7 Bahan Alami Ini Terbukti Ampuh Hilangkan Kapalan

Bahan Alami Hilangkan Kapalan (Special)

Ladiestory.id - Kapalan adalah kondisi penebalan kulit akibat tekanan atau gesekan pada area kulit tertentu. Beberapa bagian tubuh yang kerap mengalami kapalan antara lain tumit, lutut, telapak tangan dan telapak kaki.

Bagi sebagian orang, kapalan menjadi permasalahan kulit yang harus segera diatasi. Pasalnya, dengan adanya kapalan di bagian tertentu pada area tubuh, dapat mengurangi rasa percaya diri.

Namun, untuk menghilangkan kapalan, Kamu tidak boleh asal memotong menggunakan benda tajam, karena akan berakibat infeksi. Tetapi Kamu tidak perlu khawatir, kapalan bisa diatasi dengan cara alami yang tentunya tidak menimbulkan risiko. Berikut bahan alami yang terbukti ampuh untuk atasi kulit yang kapalan.

Gunakan Air Hangat

Bahan Alami Hilangkan Kapalan (Special)

Cara paling mudah untuk atasi kapalan adalah dengan merendam bagian yang terkena kapalan menggunakan air hangat. Kamu bisa rendam kaki, tangan, atau bagian lain yang terkena kapalan selama 15 menit.

Setelah bagian kulit tersebut melunak, keringkan dengan handuk atau kain, lalu gosok perlahan secara lembut dengan jari pada bagian kulit yang kapalan. Hasil dari proses ini tidak bisa langsung terlihat, Kamu harus rutin melakukannya beberapa kali sampai kondisi kulit kembali lembut.

Gunakan Nanas

Bahan Alami Hilangkan Kapalan (Special)

Buah nanas yang manis dan segar untuk dikonsumsi, ternyata dapat membantu menghilangkan kapalan. Buah yang kaya akan enzim ini terbukti mampu mengangkat sel-sel kulit mati, terutama buah nanas yang masih muda.

Cara penggunaanya adalah dengan menggosokkan langsung nanas muda ke area yang mengalami kapalan. Gosokkan secara lembut dan merata. Jika sudah, bilas sampai bersih menggunakan air dingin. Agar hasil lebih maksimal, Kamu bisa gunakan cara ini secara rutin, sampai kapalan benar-benar hilang.

Gunakan Cuka Apel

Bahan Alami Hilangkan Kapalan (Special)

Kandungan asam dari cuka apel sudah terbukti dapat membantu melembutkan kulit, termasuk permasalah kapalan. Kamu cukup merendam area yang mengalami kapalan dengan larutan cuka apel selama 15 menit. Setelah lapisan kulit melunak, Kamu bisa mengelupasnya secara perlahan. Hindari mengelupas kulit terlalu keras, karena dapat menyebabkan luka dan infeksi kulit.

Gunakan Lemon dan Soda Kue

Bahan Alami Hilangkan Kapalan (Special)

Bahan alami selanjutnya untuk mengatasi kapalan adalah dengan menggunakan lemon dan soda kue. Caranya sangat mudah, siapkan air hangat, lalu campurkan dengan perasan air lemon sekitar tiga atau empat tetes, kemudian tambahkan soda kue.

Gunakan campuran tersebut untuk merendam kulit yang mengalami kapalan. Setelah kulit melunak, Kamu bisa melakukan pengelupasan secara perlahan.

Gunakan Bawang Putih dan Cuka

Bahan Alami Hilangkan Kapalan (Special)

Kombinasi bawang putih dan cuka menjadi salah satu cara alami yang mampu menghilangkan kapalan. Caranya, Kamu bisa haluskan bawang putih, lalu campurkan dengan cuka. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur rata.

Panaskan kedua campuran tersebut di bawah sinar matahari. Setelah itu, Kamu bisa oleskan bahan tersebut ke area kulit yang mengalami kapalan. Lakukan secara rutin sampai, kulit kapalan melunak dan kembali halus.

GunakanTea Tree Oil

Bahan Alami Hilangkan Kapalan (Special)

Tea Tree Oil atau sering disebut minyak pohon teh mengandung bahan antibakteri dan antiseptik yang dapat mengatasi permasalahan kapalan. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam air hangat, lalu rendam area kulit yang mengalami kapalan.

Tea tree oil memiliki kandungan anti jamur yang cukup keras, sehingga dapat merusak lapisan kulit. Jadi untuk penggunaan tea tree oil tidak disarankan dalam jangka waktu yang lama. Kamu bisa menghentikan pemakaian, jika dirasa tekstur kapalan sudah melunak.

Gunakan Minyak Jarak

Bahan Alami Hilangkan Kapalan (Special)

Minyak jarak memiliki zat yang dapat menjaga kelembaban kulit secara alami serta membantu mengatasi kapalan. Kamu bisa mencampurkan lima sendok makan minyak jarak, dengan baskom air hangat, lalu rendam kulit kapalan selama 15 menit. Agar memperoleh hasil yang maksimal lakukan secara rutin, sampai kulit kembali halus.