Jangan Salah Kostum! Pahami 8 Jenis Dress Code dan Cara Berpakaian

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 15:00:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Jangan Salah Kostum! Pahami 8 Jenis Dress Code dan Cara Berpakaian

Foto: soompi

Ladiestory.id - Ketika menghadiri sebuah acara tak jarang kita mengikuti sebuah ketentuan dalam berpakaian yang sering disebut dress code. Menurut wikipedia Dress codes are written and, more often, unwritten rules with regard to clothing. Artinya semacam peraturan tidak tertulis berkaitan dengan pakaian.

Bahasa baku dalam bahasa Indonesianya adalah "Kode Busana". Tentu saja tujuan dress code adalah untuk kesesuaian acara supaya mengacu ke satu tema, atau mengacu ke satu warna yang tentunya di harapkan oleh pembuat acara.

Jenis Dress Code dan Cara Berpakaian

Sebagai tamu yang baik, tentunya kita harus mengenakan busana sesuai dengan dress code yang tertera. Agar tidak saltum atau salah kostum, kenali dulu dress code yang biasa dicantumkan dalam undangan seperti di bawah ini.

1. Black Tie

Foto: standard

Jenis dress code ini ditujukan bagi para pria untuk mengenakan tuksedo, celana hitam, kemeja warna putih dilengkapi dasi kupu-kupu hitam. Dress code ini juga sedikit rumit untuk diterjemahkan bagi kaum perempuan, mereka bisa mengenakan apa saja, mulai dari gaun panjang, hingga gaun cocktail yang formal. Biasanya menggunakan gaun malam berbahan sifon, velvet, satin dan sutra.

Cara terbaik untuk mengetahui apa yang bisa digunakan adalah dengan melihat kembali acara yang akan diadakan. Jika menghadiri pesta pernikahan mewah, gunakanlah gaun.

2. Black Tie Optional

Foto: vogue

Jenis dress code yang kedua ini memberikan pilihan bagi para pria apakah akan mengenakan tuksedo atau setelan berwarna gelap dengan dasi. Karena para pria diberi pilihan berpakaian yang lebih santai, maka begitu juga untuk pasangan perempuannya.

Namun perlu dipahami jika arti jenis dress code ini merupakan tanda bahwa acara yang diselenggarakan cukup formal.

3. Creative Black Tie

Foto: hespokestyle

Sebenarnya jenis dress code ini mengajak para tamu undangan untuk berkreasi dengan busana mereka. Oleh karena itu, dapat dikirkan busana yang tetap layak digunakan ke acara yang diadakan. Agar tetap tampil secara sempurna.

4. White Tie

Foto: standard

Jenis dress code white tie biasanya ditujukan untuk menghadiri pesta atau acara pada kalangan kerajaan, pertunjukan opera, atau malam amal. Arti dari jenis dress code ini adalah ultra formal.

Biasanya pria yang menghadiri acara dengan dress code ini menggunakan jas lengkap dengan rompi, kemeja, serta dasi putih. Sedangkan untuk perempuan menggunakan gaun malam panjang atau gaun pesta dengan rok bentuk lebar ala putri raja.

5. Cocktail

Foto: thetrendspotter

Untuk pria, dress code ini cenderung berarti jas hitam dengan dasi. Untuk kaum perempuan, gaun pendek yang biasa digunakan saat pesta dengan perhiasan yang membuat tampilan semakin menyenangkan. Pilihlah warna-warna yang cerah dan feminin.

6. Business Formal

Foto: TAMSY

Jenis dress code ini yang sering dianjurkan untuk acara semi-formal siang hari seperti meeting dan konferensi. Ide di balik dress code ini adalah mengenakan sesuatu yang secara esensial adalah versi lanjutan dari pakaian kerja terbaik.

Untuk perempuan, ini berarti apapun dari dress yang dijahit di tailor hingga celana bahan yang dikenakan dengan high heels. Palet warna untuk dress code ini selalu netral untuk menjaga suasana serius yang perlu ditampilkan.

7. Business Casual

Foto: TWEED ANSKY

Sebagian besar acara ada yang menggunakan jenis dress code ini, mengharapkan para perempuan menggunakan celana dan blazer atau rok pensil dengan blouse. Sedangkan para pria diharapkan menggunakan celana panjang atau chino dengan kemeja berkerah. Tidak ada celana jeans atau sneakers.

8. Dressy Casual

Foto: PINK PRINTED LINDEN

Dress code ini dimaksudkan untuk penampilan terbaik dari versi kasual yang biasa dikenakan sehari-hari. Kenakan kemeja, blus, waistcoat, atau apa pun yang tampak smart tanpa terlalu banyak memperlihatkan kulit. Lengkapi dengan kalung panjang dan make up yang seksi.

Sebagai saran, kenakan waistcoat putih segar dari kain yang gemerisik dan celana panjang jahitan jika ingin mendapat banyak pujian sepanjang acara. Celana panjang juga bisa dipilih. Tapi, jangan sekali-kali mengenakan jeans. Sedangkan untuk kaum pria, kenakan celana jeans favorit dengan blazer.

Inilah 8 jenis dress code dilengkapi dengan cara berpakaiannya. Jadi, mulai sekarang jangan sampai salah kostum  lagi ya hehe

Berita Terkait