5 Jenis Kue Lamaran Terbaik, Semua Manis seperti si Dia

Jumat, 26 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Jenis Kue Lamaran Terbaik, Semua Manis Seperti Si Dia

Foto: Selerasa

Ladiestory.id - Menjalin hubungan serius dengan seseorang hingga mengantarkan pada tahap lamaran yang akhirnya menuju pernikahan, tentu segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik.

Dari mulai mempersiapkan pakaian, tas, make up, produk perawatan hingga kue, yang nantinya akan dikemas cantik pas acara lamaran.  

Untuk pemilihan kue haruslah benar-benar kue yang enak dan terbaik. Karena bila  salah memilih kue atau kue yang dipilih ternyata tidak enak rasanya bisa jadi akan menimbulkan masalah.

Kue apa saja yang terbaik dan biasanya ada sebagai hantaran lamaran? Simak informasinya di bawah ini.

Jenis Kue Lamaran

Berikut jenis kue lamaran terbaik yang harus ada dalam hantaran lamaran.

1. Kue Lapis Legit

Foto: Balipost

Meskipun banyak bermunculan kue kekinian, tapi kue lapis masih tetap memiliki  banyak penggemar. Teksturnya yang lembut sedikit berminyak dengan rasa yang manis, menjadikan kue ini tak pernah ketinggalan dalam berbagai suguhan acara, termasuk acara untuk kue hantaran lamaran

2. Kue Wajik

Jenis kue untuk hantaran lamaran berikutnya adalah kue wajik. Kue yang satu terbuat dari ketan yang dicampur dengan santan, gula merah, gula pasir, air, garam, daun pandan dan beras ketan.

Cara membuatnya adalah dengan dikukus dan kemudian rebus santan bersama dengan gula merah, gula pasir, garam dan air.

Kemudian masukkan beras ketan yang sudah dikukus tadi ke dalam rebusan santan dan gula. Aduk hingga rata hingga santan menyusut. Angkat lalu masukkan ke dalam wadah.

Tekan-tekan untuk memadatkan lalu iris sesuai kebutuhan. Agar hantaran lebih cantik, Anda dapat menambahkan irisan daun pandan sebagai hiasan.

3. Kue Lemper

Foto: IDNTimes

Kue berikutnya yang menduduki peringkat atas sebagai kue hantaran untuk lamaran adalah kue Lemper. Kue lemper terbuat dari beras ketan, dengan tambahan daging ayam atau abon yang diisikan ke bagian dalamnya.

Setelah dimasak menggunakan santan, beras ketan yang ditambahkan daging ayam dibungkus menggunakan daun pisang. Setelah itu dikukus lalu sajikan. 

4. Kue Lapis

Dinamakan kue Lapis karena kue ini memang dibuat berlapis-lapis. Biasanya terdiri atas dua warna berbeda yang ditumpuk. Kue Lapis terbuat dari  tepung beras, tepung kanji, gula pasir, santan, garam dan pewarna makanan. 

Cara membuatnya lumayan lama, karena harus mengukus satu lapisan hingga matang dan mengeras sebelum menambahkan lapisan berikutnya secara berulang. Kue Lapis memiliki rasa yang manis dan kenyal. Kue ini biasa dikonsumsi per lapisan dengan cara dipisahkan satu-satu.

5. Kue Jenang

Foto: Correcto

Jenang merupakan salah satu jenis kue hantaran lamaran yang seolah wajib ada, terutama  bagi masyarakat Jawa. Jenang terbuat dari tepung beras dan tepung ketan. Rasanya manis dan gurih karena menggunakan santan.

Karena jenang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan, menjadikan tekstur jenang lembek dan lengket. Warnanya coklat terang hingga gelap karena menggunakan gula jawa sebagai perasanya. Untuk membuat jenang butuh waktu berjam-jam dan perlu tenaga ekstra untuk mengaduknya

Proses pembuatan jenang yang lama ini juga ternyata mengandung filosofi bahwa dalam rumah tangga segala sesuatu harus dihadapi dan jangan mudah putus asa.

Jenang juga bisa dibuat secara gotong royong; yang memiliki makna bahwa pasangan pengantin juga harus dapat bekerjasama dalam mengarungi rumah tangga

Itulah ide 5 jenis kue lamaran yang bisa Anda pilih. Selain kue-kue di atas sebetulnya masih banyak lagi ide kue lainnya seperti kue jadah, kue bugis mandi, kueku kacang hijau, roti buaya, bolu kukus, dan kue sus. Semua kue-kue tersebut biasanya bercita rasa manis.