5 Jenis Teh Asal Korea Selatan yang Wajib Dicoba

Selasa, 14 Februari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Jenis Teh Asal Korea Selatan Yang Wajib Dicoba

Ilustrasi Teh Korea Selatan (Special)

Ladiestory.id - Dikenal sebagai negeri gingseng dan industri K-Pop terbesar di Asia, nyatanya Korea Selatan menyimpan banyak kejutan lainnya yang tak kalah menarik, salah satunya minuman berupa teh.

Ternyata, Korea Selatan memiliki ragam cita rasa teh tradisional yang tak hanya dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, namun dapat memberi manfaat bagi kesehatan. Nah, berikut ini lima jenis teh asal Korea Selatan yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Dohwa Cha

Dohwa Cha. (Special)

Ladies, salah satu minuman teh tradisonal asal Korea Selatan yang wajib kamu coba ialah Dohwa Cha. Teh ini berasal dari bunga persik yang telah dikeringkan dan memiliki kandungan antioksidan tinggi serta dapat membantu melawan munculnya garis halus bahkan penuaan dini.

Selain itu, dohwa cha ini juga dapat mengatasi masalah kesehatan seperti sembelit, lho. Bunga persik ini dipanen setiap musim semi berlangsung kemudian bunga persik ini dikeringkan dan disimpan didalam kantong kertas agar tetap kering.

Maehwa Cha

Maehwa Cha. (Special)

Minuman teh tradisional selanjutnya yakni maehwa cha. Maehwa cha sendiri berasal dari bunga plum yang telah dikeringkan. Sama seperti dohwa cha, bunga plum ini pun dipanen setiap musim semi. Bunga plum yang mulai memekar maka akan dipetik, dikeringkan, kemudian diawetkan didalam madu.

Mengonsumsi teh maehwa cha dapat membantu mengatasi batuk serta mual bahkan dapat membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan apalagi bagi kamu yang mudah merasa gugup. Selain itu, meminum maehwa cha dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks dan dapat membuat kulit tampak halus dan lembut.

Oksusu Cha

Oksusu Cha. (Special)

Ladies, salah satu teh selanjutnya yang terbilang cukup unik adalah oksusu cha. Oksusu cha merupakan teh tradisional asal Korea Selatan yang terbuat dari biji dan rambut jagung. Minuman ini sangat cocok diminum saat cuaca dingin atau saat musim dingin. Minuman ini sangat nikmat disajikan dalam suhu yang panas karena merupakan minuman yang bebas dari kafein. 

Oksusu cha pun banyak disajikan di restoran-restoran Korea Selatan sebagai minuman pengganti air putih. Dalam pembuatan oksusu cha, pertama-tama biji jagung dikeringkan terlebih dahulu, kemudian setelah bijinya kering maka langsung dipanggang.

Biji jagung yang telah dipanggang ini kemudian direbus diair hingga airnya berubah menjadi kuning. Kemudian kamu bisa mengambil air dari rebusan itu untuk dikonsumsi. Air nya sendiri sudah memiliki rasa manis yang alami. Namun, jika kamu ingin memberikan gula untuk menambah rasa manis maka itu sah-sah saja.

Hyeonmi Cha

Hyeonmi Cha. (Special)

Teh selanjutnya yang bisa kamu coba ialah hyeonmi cha. Teh ini terbuat dari beras merah yang sudah disangrai atau dipanggang lalu beras ini direbus. Cara pembuatan teh ini pun cukup mudah, dengan menyediakan beras merah, kemudian beras dicuci hingga bersih dan direndam.

Setelah itu, beras ini kemudian disangrai kemudian didinginkan dan direbus lagi selama kurang lebih 10 menit. Nantinya, hyeonmi cha dapat berubah warna menjadi kuning pucat hingga coklat keemasan.

Omija

Omija. (Special)

Ladies, teh yang satu ini pun tak kalah menarik. Teh ini terbuat dari buah omija yang telah direndam dengan air. Untuk membuat teh omija ini buah disaring hingga menyisakan cairan berwarna kemerahan. Untuk memberi cita rasa manis, maka kamu pun bisa menambahkan gula sesuai selera.

Teh ini dapat bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Selain itu, masyarakat Korea Selatan kerap menyajikan teh omija ini sambil memberi hiasan berupa kelopak bunga mawar ataupun kelopak bunga azalea. Tak hanya itu, mereka pun kerap menghiasi teh ini dengan biji kacang pinus.