Gejala Omicron Reda, 6 Jenis Teh Ini Bantu Kurangi Sakit Tenggorokan

Minggu, 20 Februari 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Gejala Omicron Reda, 6 Jenis Teh Ini Bantu Kurangi Sakit Tenggorokan

Ilustrasi perempuan minum teh. (Special)

Ladiestory.id - Musim hujan yang cenderung cukup dingin membuat banyak orang mudah terkena flu hingga batuk. Gejala ini pun mirip dengan tanda seseorang terserang Covid-19 varian Omicron, yang sedang merebak di Indonesia.

Hal ini membuat berbagai obat flu dan batuk mulai habis di pasaran. Namun tenang saja, sebab kita bisa mengonsumsi teh hangat untuk meredakan gejala flu dan batuk, yang jadi salah satu gejala Omicron. Memiliki kandungan antiinflamasi, apa saja jenis teh yang berkhasiat untuk meredakan flu dan batuk?

1. Teh Chamomile

Ilustrasi teh chamomile. (Special)

Salah satu teh yang dapat membantu meredakan batuk dan flu adalah teh chamomile. Teh ini mampu mengurangi rasa nyeri sebab dapat melubrikasi tenggorokan.

Selain itu, teh chamomile ini mampu meredakan suara yang serak. Sebab teh ini memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada tenggorokan. Senyawa ini sangat penting dalam perbaikan jaringan di tenggorokan.

Jika batuk, seseorang akan cenderung susah untuk tidur. Nah, teh chamomile ini mampu membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Jika ingin meredakan batuk, Kamu bisa meminumnya dengan cara menyeduh layaknya teh pada umumnya. Namun jika Kamu ingin meredakan flu, Kamu bisa menghirup uap panas teh chamomile.

2. Teh Peppermint

Ilustrasi teh peppermint. (Special)

Hanya beberapa teguk teh peppermint mampu meredakan flu yang sangat menganggu aktivitas. Sebab teh peppermint ini mempunyai efek anestesi ringan. Hal inilah yang menyebabkan teh tersebut mampu meredakan batuk dan tenggorokan sakit.

Selain itu, menurut penelitian dari United States Department of Agriculture (USDA), teh ini memiliki kandungan antivirus dan antimikroba yang signifikan. Sehingga cocok dikonsumsi pada masa pandemi Covid-19 yang sedang meningkat.

3. Teh Jahe

Ilustrasi minuman teh jahe. (Special)

Ya, jahe memang dikenal sebagai empon-empon yang mujarab untuk meredakan flu hingga batuk. Bahkan jahe dikenal mampu memberikan kehangatan bagi tubuh.

Oleh sebab itu, teh jahe adalah salah satu jenis teh yang juga mampu menenangkan tenggorokan yang iritasi. Hal ini disebabkan jahe memiliki dua senyawa yang bersifat antinyeri.

Memang ketika mengonsumsi teh jahe ini akan terasa sensasi pedas. Jika tidak kuat, Kamu boleh menambahkan satu sendok madu. Sebab madu juga memiliki antibakteri yang dapat melindungi tenggorokan.

4. Teh Hijau

Ilustrasi teh hijau. (Special)

Jenis teh yang satu ini tidak hanya dikenal sebagai jenis teh pereda flu dan tenggorokan. Namun teh hijau juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh, seperti meredakan sakit kepala hingga diet.

Teh hijau memiliki kandungan antimikroba yang mampu menghentikan pertumbuhan virus, bakteri, dan jamur. Namun pada dasarnya, jenis teh ini memiliki kafein yang dapat memengaruhi jam tidur.

Oleh sebab itu, jangan mengonsumsi teh hijau secara berlebihan. Bahkan jangan meminum teh hijau pada malam hari agar tidak terjadi insomnia.

5. Teh Horehound

Ilustrasi teh horehound. (Special)

Teh horehound berasal dari sebuah tanaman yang memang sering digunakan untuk obat batuk. Nah, tanaman ini juga dijadikan teh yang memiliki sifat antiinflamasi sehingga mampu meredakan sakit tenggorokan.

6. Teh Kunyit

Ilustrasi teh kunyit. (Special)

Selain jahe, kunyit memang dipercaya sebagai salah satu empon-empon yang mampu meredakan batuk dan flu. Sebab kunyit memiliki kandungan antiseptik, antiinflamasi, dan antioksidan.

Teh kunyit ini memang jarang ditemukan di pasaran. Namun kita bisa membuatnya sendiri dengan cara yang mudah. Cukup dengan satu ruas kunyit yang dihancurkan.

Lalu rebus dengan air satu gelas hingga mendidih. Kemudian tambahkan satu sendok teh bubuk. Untuk membuat citra rasa lebih manis, Kamu bisa menambahkan perasaan jeruk lemon dan madu.

Perlu diingat, enam jenis teh di atas bukan untuk mengobati Covid-19 varian Omicron. Namun, mengonsumsi teh hangat di atas dapat memngurangi flu, batuk, dan sakit tenggorokan, yang merupakan salah satu gejala Omcron.