Jetlag? Yuk, Simak Cara Mengatasinya

Kamis, 28 Juli 2022 | 14:30:00

Jetlag? Yuk, Simak Cara Mengatasinya

Ilustrasi Jetlag dan tidur di pesawat terbang (Instagram.com/my_life.travel : Ekaterina Gudkova)

Ladiestory.id - Bepergian kemanapun adalah sesuatu yang amat menyenangkan. Tentu dengan bepergian ke tempat yang baru akan memberikan sensasi yang berbeda dan memberikan efek bahagia, ya Ladies. Apalagi saat ini traveling menjadi kebutuhan sebagian orang di dunia.

Ketika kamu menggunakan pesawat terbang, maka kamu pasti tahu istilah yang satu ini. Ya, istilah jetlag memang sudah dikenal bagi traveler yang memang hobinya suka jalan-jalan ke banyak tempat indah di dunia ini.

Lalu apa sih pengertian Jetlag? Dilansir dari American Journal Medicine, jetlag adalah masalah tidur umum yang biasa dirasakan setiap manusia dengan jangka waktu yang pendek dan bisa didapatkan oleh siapapun setelah bepergian melewati dua zona waktu atau lebih dengan jalur udara.

Jadi bukan hanya perjalanan ke luar negeri ya, Ladies. Semisal kamu bepergian dari Jakarta ke Bali atau Papua yang memiliki perbedaan waktu, tentu menyebabkan kamu akan bisa kena jetlag setelah melakukan perjalanan udara. Jetlag dapat membuat orang yang melakukan perjalanan merasa tidak nyaman atau seperti kelelahan karena perubahan mendadak pada jam internal tubuh atau ritme tidur yang biasa dilakukan.

Lalu apa yang bisa kamu rasakan atau gejala dari jetlag? Biasanya kamu akan merasakan gejala seperti sakit kepala dan kesulitan tidur atau insomnia. 

Lalu bagaimana cara mengatasi jetlag saat kamu bepergian dengan pesawat udara?

Istirahat yang Cukup Sebelum Berpergian

Bahaya rebahan setelah makan. (Special)

Cara pertama agar perjalanan kamu menyenangkan dan tidak akan merasa jetlag, adalah usahakan saat sebelum perjalanan udara melewati 2 zona waktu, kamu harus melakukan istirahat yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup, kamu akan memberikan tubuh berhibernasi sebelum mendapatkan rasa jetlag yang akan dirasakan di kemudian hari.

Minum Banyak Air Putih

Ilustrasi minum air putih di pesawat (Instagram: Sportdoctorapb Arya Pradana Budiarto)

Setelah banyak istirahat, kamu harus banyak minum air putih. Ya, tentu dengan banyak minum air putih kamu akan menstabilkan kondisi keseimbangan cairan yang ada didalam tubuh kamu. Kamu tidak akan mengalami gejala dehidrasi atau lemas. Dengan perbanyak minum air putih, kamu juga bisa merasakan relaksasi dan ketenangan. Dalam perjalanan dengan pesawat terbang juga disarankan untuk tidak banyak minum soda atau alkohol karena itu akan memberikan efek dehidrasi dan kesulitan mendapatkan intensitas tidur yang baik.

Usahakan Tidur saat Perjalanan

Ilustrasi Jetlag dengan Perjalanan Udara (Sleep Foundatio )

Kemudian cara selanjutnya, usahakan gunakan waktu kamu untuk beristirahat dengan baik saat berada di perjalanan. Dengan melakukan istirahat di pesawat dengan baik, maka kamu akan memberikan tubuh untuk hibernasi sesaat sehingga meminimalisir gejala jetlag yang akan timbul di kemudian hari

Atur Waktu Tidur dengan Baik

Ilustrasi mengatur waktu tidur (Healthline)

Cara selanjutnya adalah, dengan mengatur waktu tidur dengan baik. Tentu dengan perbedaan waktu antara dua zona waktu membuat kamu harus menyesuaikan waktu untuk beristirahat. Jangan lupa, kamu harus melakukan penyesuaian waktu yang terbaik untuk tidur di tempat baru yang kamu datangi agar tubuh kamu tidak mengalami gejala jetlag yang berlebihan.

Dapatkan Sinar Matahari

Ilustrasi menikmati sinar matahari (pexels)

Lalu cara terakhir agar kamu terhindar dari jetlag, adalah setibanya di lokasi tujuan, usahakan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dilansir my cleveland clinic, dengan berjemur di bawah sinar matahari, akan membuat kamu lebih rileks dan menghilangkan gejala jetlag yang mungkin timbul. Lalu, jika kamu bepergian ke tempat yang mungkin kurang sinar matahari, kamu bisa menggunakan lampu buatan karena diyakini memberikan efek yang sama dengan sinar matahari.

Bagaimana Ladies, sekarang kamu sudah tahu bagaimana mengatasi jetlag itu?

s