5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Dijamin Tubuh Selalu Sehat

Jumat, 22 Juli 2022 | 20:16:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Berjemur Di Pagi Hari, Dijamin Tubuh Selalu Sehat

Berjemur di pagi hari (Special)

Ladiestory.id - Berjemur di  pagi hari merupakan salah satu kegiatan yang jarang dilakukan oleh sebagian orang. Padahal banyak manfaat yang tersimpan dalam kegiatan ini. Selain menjadikan tubuh lebih sehat, ada manfaat lain yang perlu kamu ketahui. Sinar Matahari yang di hasilkan pada pagi hari membantu memproduksi  vitamin D secara alami dalam tubuh, lho.

Untuk mengetahui manfaat lainnya, yuk simak 5 manfaat berjemur di pagi hari berikut ini.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat berjemur di pagi hari (Special)

Seorang Ilmuwan Saraf bernama Davis Llewellyn dari University of Cambridge mengatakan, bahwa berjemur dipagi hari dapat meningkatkan fungsi otak. Sebab, kadar vitamin D yang ada pada sinar matahari membantu memperlambat pengurangan fungsi kognitif akibat berkurangnya vitamin D dalam otak. Selain itu, berjemur dapat membantu menghilangkan depresi ringan. Jika tubuhmu kekurangan sinar matahari, maka akan memungkinkan terjadinya gangguan Seasonal Affective Disorder atau SAD yang merupakan salah satu jenis depresi. Kamu bisa berjemur secara rutin di pagi hari selama 10-15 menit untuk selalu menjaga kesehatan jasmani maupun rohani.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat berjemur di pagi hari (Special)

Kamu pasti tau, bahwa sinar matahari kaya akan kandungan vitamin D. Sehingga, proses penyerapan kalsium akan mudah terjadi karena rangsangan dari vitamin D. Selain itu, Vitamin D juga dapat merangsang fosfor yang menjadikan tulang semakin kuat. Vitamin D3 juga terkandung dalam sinar matahari sangat berperan dalam menjaga kepadatan tulang. Kedua vitamin tersebut bisa kamu dapatkan dengan berjemur di pagi hari. Ketika sinar matahari menyentuh kulit, ada proses pembentukan vitamin dan penyerapan kalsium. Ketika kamu memiliki banyak kandungan dua vitamin tersebut, maka lebih kecil kemungkinan terjadi patah tulang.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat berjemur di pagi hari (Special)

Pola tidur manusia akan mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia. Tidur yang cukup dan nyenyak dapat bermanfaat pada proses perbaikan sel-sel tubuh yang rusak serta menjaga daya tahan tubuh. Sinar matahari memiliki peran penting dalam menjaga pola tidurmu, lho. Sebab, paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantumu dalam mengatur ritme sirkadian dalam tubuh. Sehingga, kondisi tersebut dapat membuat tubuhmu merasa mengantuk ketika marahari terbenam. Tubuh jadi mendapat gambaran yang berbeda untuk menyiapkan diri beristirahat.

Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat berjemur di pagi hari (Special)

Setiap manusia memiliki sistem imun pada tubuh untuk menjaga diri dari berbagai serangan penyakit. Sinar matahari dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu penyakit yang dapat diringankan oleh sinar matahari yaitu autoimun. Sebab, ketika tubuh terkena sinar matahari, sel darah putih akan mengalami peningkatan. Hal tersebut akan membantu tubuh dalam berperang melawan penyakit. Selain itu, berjemur juga mencegah dari terjadinya infeksi.

Mengurangi Resiko Kelahiran Prematur

Manfaat berjemur di pagi hari (Special)

Jika ibu hamil melakukan kegiatan berjemur di pagi hari, maka akan menurunkan resiko terjadinya persalinan prematur. Dalam pelaksanaannya tentu perlu memperhatikan waktu dan durasi. Vitamin D yang didapat memang dapat membantu memperkuat si ibu serta janin. Pastikan kamu berjemur antara pukul 9-10 pagi dengan durasi 10-15 menit. Selain itu, jangan hanya berjemur di bawah sinar matahari sebagai satu-satunya cara memperoleh Vitamin D. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat informasi lain atau suplemen yang dapat kamu konsumsi.

Itulah 5 manfaat dari berjemur di pagi hari yang perlu kamu ketahui. Secara umum, sinar matahari bermanfaat untuk tubuh karena kaya akan kandungan vitamin D. Selain itu, kamu tetap perlu menerapkan pola hidup sehat untuk hasil lebih maksimal. Selamat mencoba dan sehat selau, Ladies!