5 K-drama yang Angkat Isu tentang KDRT, Sudah Nonton?

Kamis, 27 Oktober 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 K-Drama Yang Angkat Isu Tentang Kdrt, Sudah Nonton?

The World of the Married. (Special)

Ladiestory.id - Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) menjadi salah satu permasalahan yang viral belakangan ini. Hal ini karena permasalahan Lesti Kejora yang mengalami KDRT oleh sang suami, Rizky Billar.

Sebenarnya, isu tentang KDRT dengan perempuan sebagai korban telah banyak diangkat menjadi sebuah film maupun serial, termasuk dalam drama Korea. Nah, lima K-drama yang mengangkat isu tentang KDRT berikut bisa kamu jadikan sebagai pembelajaran ke depannya.

The World of the Married (2020)

The World of the Married. (Special)

"The World of the Married" merupakan salah satu K-drama yang mengangkat isu tentang permasalahan rumah tangga dan perselingkuhan. Bahkan, K-drama satu ini berhasil meraih rating tinggi, lho.

K-drama yang dibintangi oleh Kim Hee Ae ini menceritakan kehidupan rumah tangga Ji Sun Woo dan suaminya, Lee Tae Oh (Park Hae Joon). Kehidupan rumah tangga mereka terlihat harmonis pada awalnya. Namun, semenjak Ji Sun Woo mengetahui tentang perselingkuhan suaminya, banyak terjadi pertengkaran hingga kekerasan yang dialaminya.

The Penthouse (2021)

Penthouse. (Special)

"The Penthouse" juga merupakan K-drama yang memiliki rating tinggi. K-drama ini mengangkat tema yang sangat kompleks, yaitu tentang balas dendam, perselingkuhan, pembunuhan, hingga KDRT. Dalam K-drama ini diceritakan tentang kehidupan orang kaya yang berusaha menjatuhkan satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan kekuasaan.

Dalam K-drama ini juga banyak diceritakan dan ditampilkan tentang KDRT terhadap perempuan. Ada banyak juga scene yang menampilkan adanya pertengkaran remaja dan juga bullying. Meskipun ada banyak adegan yang tak pantas untuk ditiru, tapi K-drama ini bisa memberikan pelajaran tentang kasus KDRT yang dialami oleh perempuan.

You Are My Spring (2021)

You Are My Spring. (Special)

K-drama lainnya yang mengangkat isu tentang KDRT adalah "You Are My Spring". K-drama satu ini mengusung genre thriller, romance, dan psikologis. K-drama ini menceritakan seorang perempuan bernama Kang Da Jun yang memiliki pengalaman pahit tentang masa lalunya.

Ia bahkan merasa trauma hingga dewasa akibat menyaksikan ibunya menjadi korban KDRT oleh ayah kandungnya. Perasaan traumatis tersebut kemudian membawanya untuk bertemu dengan psikiater yang bernama Joo Young Do.

Ternyata, keduanya juga memiliki trauma yang sama di masa lalu. Adanya kesamaan tersebut akhirnya membuat keduanya menjadi dekat dan akrab.

My Mister (2018)

My Mister. (Special)

K-drama yang berjudul "My Mister" juga banyak menceritakan tentang KDRT yang dialami oleh perempuan. K-drama ini mengikuti kehidupan seorang perempuan yang bernama Lee Ji An (IU).

Ia merupakan sosok perempuan kuat dan banyak mengalami kejadian buruk selama hidupnya. Bahkan, ia harus berusaha mati-matian mencari pekerjaan untuk menghidupi neneknya.

Dalam perjalanan hidupnya, kemudian ia bertemu dengan seorang pria bernama Park Dong Hoon (Lee Sun Kyun) yang juga memiliki trauma dalam hidupnya akibat kejadian pahit di masa lalu. Tak hanya itu, Lee Ji An juga harus berurusan dengan rentenir dan mengalami berbagai macam bentuk kekerasan dari rentenir tersebut.

Love in Sadness (2019)

Love in Sadness. (Special)

K-drama lainnya yang mengangkat isu tentang KDRT dan kekerasan pada perempuan adalah "Love in Sadness". K-drama ini bercerita tentang kehidupan Yoon Ma Ri (Park Han Byul) yang menikah dengan pria kaya raya bernama Kang In Wook (Ryu Soo Young).

Namun, rumah tangga mereka kurang begitu harmonis. In Wook selalu memperlakukan istrinya secara kasar dan sangat posesif.

Hal inilah yang membuat Yoon Ma Ri akhirnya bertekad untuk melakukan operasi plastik untuk mengubah wajah dan identitasnya. Sehingga, ia bisa hidup bebas dari jeratan suaminya tersebut.

Meskipun dalam K-drama tersebut banyak menampilkan adegan kekerasan, namun tetap saja KDRT merupakan perbuatan yang tidak bisa ditoleransi. Dengan menonton K-drama tentang KDRT tersebut, semoga kamu bisa memetik pelajaran dan antisipasi ke depannya.