Kandungan Daun Mint Yang Baik Untuk Kesehatan

Rabu, 27 Januari 2021 | 14:50:44

LS Health

Penulis : LS Health

Kandungan Daun Mint Yang Baik Untuk Kesehatan

Daun mint atau pepermin merupakan tanaman yang sebagian besar ditanam di Eropa. Tanaman ini telah digunakan untuk keperluan obat-obatan selama bertahun-tahun. Pepermin terkenal ampuh meredakan sakit perut, dan sering kali digunakan sebagai bahan utama dalam minuman hangat seperti teh. Pepermin juga merupakan obat ideal untuk menghilangkan rasa sakit kepala.

Manfaat dan kandungan daun mint yang baik untuk kesehatan

Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun mint lainnya adalah melancarkan pencernaan. Kandungan mentol dalam daun mint membuat otot pencernaan menjadi lebih rileks, sehingga masalah perut seperti kembung dan susah buang air dapat teratasi dengan baik. Untuk penggunaannya, ladies dapat mengkonsumsi kapsul daun mint atau mengoleskan minyak daun mint ke perut secara rutin. Efeknya bisa dapat dirasakan setelah empat minggu penggunaan.

Merawat dan Meredakan Iritasi Kulit

Kandungan mentol dalam daun mint digunakan untuk merawat kulit wajah berminyak, ladies. Minyak yang terkontrol dapat membuat wajah kamu bebas dari jerawat dan masalah kulit lainnya, loh! Selain itu, daun mint juga bisa kamu gunakan untuk meredakan iritasi kulit. Sifat dingin yang dimiliki daun mint dapat meredakan peradangan kulit dari gigitan serangga dan ruam pada kulit.

Menghilangkan Ketombe

Tak hanya untuk kesehatan tubuh bagian dalam dan kulit, daun mint juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Daun mint banyak digunakan dalam shampo untuk membantu menghilangkan ketombe. Daun mint memiliki kandungan beta-karoten dan vitamin A yang membantu menyegarkan dan menghilangkan ketombe dari kulit kepala. Selain itu, ekstrak daun mint juga bisa membuat rambut bercahaya dan sehat.

Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala dapat disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya adalah stress dan kecemasan. Sakit kepala yang tiba-tiba ini dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan kamu. Untuk meredakan sakit kepala tersebut, kamu bisa memanfaatkan minyak daun minta. Oleskan sedikit minyak daun mint ke pelipis dan dahi. Kandungan mentol di dalamnya dapat membuat otot menjadi lebih relaks.

Meningkatkan Fungsi Otak

Melansir berbagai sumber, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menghirup minyak daun mint dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya meningkatkan fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa menghirup minyak daun mint selama lima menit meningkatkan daya ingat yang signifikan.

Selain itu, manfaat daun mint lainnya adalah meningkatkan kewaspadaan, menurunkan frustasi, kecemasan, dan kelelahan.