Mengenal Kandungan Jahe Merah dan 10 Manfaatnya bagi Kesehatan

Senin, 6 Desember 2021 | 17:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mengenal Kandungan Jahe Merah Dan 10 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Foto: Deltomed

Ladiestory.id - Siapa yang tak mengenal dengan rempah yang satu ini? Jahe adalah tanaman rimpang yang biasa digunakan untuk bumbu masakan atau sebagai obat herbal. Terdapat beberapa jenis jahe, salah satunya jahe merah yang juga kaya manfaat. Simak informasi lengkap mengenai kandungan jahe merah beserta manfaatnya dalam artikel ini.

Kandungan dalam Jahe Merah

Foto: Deltomed

Kandungan yang terdapat dalam jahe merah di antaranya adalah kandungan senyawa alami yaitu flavonoid, gingerol, zingeron dan shogaol. Selain itu ada pula kandungan senyawa kimia yaitu farnesene, cineole, caprylic acid, gingerdione, aspartic, linolenic acid dan masih banyak kandungan lainnya.

Jahe merah juga mengandung oleoresin dan minyak atsiri sebesar 4 persen. Sedangkan di dalam minyak atsiri yang ada pada jahe merah juga mengandung  methyl heptenone, borneol, citral, cineol, geraniol, acetates, zingiberene, linalool dan chavicol. 

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam jahe merah tersebut, membuat tanaman herbal yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Adapun manfaat jahe merah di antaranya:

1. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Foto: Ladiestory.id

Jahe merah berkhasiat dalam meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Hal ini karena kandungan flavonoidnya yang bersifat anti peradangan, sehingga ampuh meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kebiasaan konsumsi makanan yang berlemak dan mengandung banyak kolesterol dapat mengakibatkan naiknya kolesterol dalam tubuh. 

Jahe merah mampu menghancurkan kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh. Dengan konsumsi jahe merah kamu tak perlu khawatir kolesterol kamu akan meningkat.

3. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat lainnya dari jahe merah adalah efektif dalam meredakan sakit kepala. Hal ini karena jahe merah memiliki sensasi pedas dan menghangatkan, sehingga efektif sebagai penawar sakit kepala. 

Kamu hanya perlu konsumsi air rebusan jahe merah pada saat terasa sakit kepala, tak berapa lama sakit kepala kamu berangsur reda.

4. Mengatasi Rematik

Manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan dari jahe merah adalah ampuh dalam mengatasi rematik. Karena jahe merah mengandung zat yang dapat meredakan peradangan, salah satunya adalah radang sendi yang diakibatkan karena rematik.

Jadi, bila tiba-tiba rematik menyerang, kamu bisa konsumsi air rebusan jahe merah untuk meredakan rasa sakitnya.

5. Meningkatkan Gairah Seks

Salah satu manfaat jahe merah adalah dapat meningkatkan gairah seks, sehingga disfungsi ereksi dapat dihindari. Cara memanfaatkan jahe merah untuk meningkatkan libido ini adalah mengolahnya menjadi minyak esensial.

6. Meningkatkan Kesuburan Pada Pria

Selain bermanfaat dalam meningkatkan libido, jahe merah juga berkhasiat dalam meningkatkan kesuburan pria. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus menambahkannya dengan konsumsi zinc yang biasanya terdapat pada suplemen.

Dengan konsumsi jahe merah ditambah zinc dapat meningkatkan produksi sperma dan merangsang fungsi testis.

7. Mengurangi Mual

Foto: Ladiestory.id

Konsumsi jahe merah dapat meredakan mual yang disebabkan karena mabuk perjalanan, efek kemoterapi dan juga mual yang disebabkan karena hamil pada trimester pertama.

Namun untuk ibu hamil sebaiknya jangan konsumsi jahe merah berlebihan, konsumsi hanya seperlunya saja. Karena jahe merah dipercaya sebagian orang dapat menyebabkan keguguran pada masa hamil muda.

8. Menyehatkan Lambung dan Pencernaan

Jahe merah juga bermanfaat untuk menyehatkan lambung dan pencernaan. Jahe merah dapat menstabilkan asam lambung, infeksi dan luka pada lambung juga dapat disembuhkan dengan rutin konsumsi jahe merah. 

Begitu juga dengan berbagai macam penyakit dalam saluran pencernaan dapat diatasi dengan jahe merah.

9. Mengurangi Resiko Terkena Radang Usus

Manfaat selanjutnya dari jahe merah adalah dapat mengurangi risiko terkena radang usus. Hal ini karena jahe merah memiliki kandungan zingeron yang aktif menghambat enzim yang mengakibatkan munculnya peradangan dalam saluran pencernaan.

10. Mengatasi Sesak Napas dan Asma

Bagi kamu yang menderita sesak napas atau asma tak perlu khawatir karena jahe merah dapat mengatasinya. Tingginya kandungan minyak atsiri dalam jahe merah terbukti dapat melegakan pernapasan. Kamu cukup mengonsumsi air rebusan jahe merah, sesak nafas dan asma pun dapat reda.

Itulah informasi mengenai kandungan jahe merah dan ragam manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.