Kandungan Kikil Sapi yang Bermanfaat untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Rabu, 15 September 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Kandungan Kikil Sapi yang Bermanfaat untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Foto: manfaat

Kaki sapi atau kikil adalah bagian daging sapi di bagian kaki yang biasa digunakan sebagai bahan dasar makanan terutama di Asia. Kikil bisa diolah dengan berbagai khas nusantara yang dapat ditemui pada beberapa jenis hidangan seperti soto, sop, dan sate.

Kikil sapi menjadi salah satu makanan favorit bagi pecinta jeroan. Padahal, kikil sapi bukan termasuk jeroan. Sebab lokasi kikil sapi sebenarnya berada di kaki yang ada uratnya.

Namun rupanya ada juga yang tidak suka dengan kikil sapi. Mungkin hal ini disebabkan teksturnya yang kenyal. Tapi jangan salah sebab kikil sapi juga memiliki tekstur yang lembut.

Kandungan dan Manfaat Kikil Sapi

Memang bahan utama makanan Indonesia yakni kikil sering dihindari beberapa orang. Terutama bagi mereka yang sudah berusia. Sebab dipercaya bahwa kikil sapi mengandung kolesterol tinggi yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebenarnya apa saja sih kandungan kikil sapi? Dan rupanya ada beberapa manfaat mengonsumsi kikil ini. Mulai dari permasalahan kesehatan hingga kecantikan.

Apa saja Kandungan Kikil Sapi?

Manfaat Kikil Sapi
Foto: manfaat

Kikil sapi merupakan lapisan pembungkus tulang dan jari-jari kaki dan tidak memiliki bulu. Sama seperti daging sapi baik daging rendah kolesterol maupun tinggi kolesterol. Kikil sapi juga memiliki kandungan protein yang sebenarnya baik bagi tubuh, yaitu kandungan protein kolagen.

Kolagen termasuk protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya mencapai sekitar 30 persen dari seluruh protein yang terdapat dalam tubuh.

Kolagen adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen juga punya daya tahan yang kuat terhadap tekanan.

Namun perlu diketahui juga bahwa kikil sapi juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, sehingga kikil sapi masuk pula dalam jajaran makanan sumber kolesterol jahat yang wajib untuk di waspadai.

Keberadaan kiki berdekatan dengan tulang, bahkan berhimpitan dengan tulang, kikil diyakini tinggi kandungan kalsium.

Manfaat Kikil Sapi untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan kikil sapi, perlu diketahui pula manfaatnya untuk kesehatan.

1. Membuat kulit lebih elastis

Manfaat Kikil Sapi
Foto: Ladiestory.id

Seperti yang sudah disebutkan pada kandungan kikil sapi bahwa terdapat protein yang berbentuk kolagen. Nah kandungan ini memiliki sejumlah keratin dan elastin yang dapat membentuk struktur jaringan kulit.

Regenarasi kulit inilah yang baik guna mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit seseorang.

2. Membantu pertumbuhan sel

Selain membuat kulit lebih elastis, kikil juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel. Sebab salah satu kandungan kikil sapi adalah protein dan kalsium.

Nah kedua kandungan ini berfungsi untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Guna mencegah osteoporosis atau tulang keropos dan menjaga agar tulang tetap kuat.

3. Mencegah resiko penyakit berbahaya

Manfaat Kikil Sapi
Foto: Ladiestory.id

Kandungan kikil sapi juga terdapat selenium yakni semacam mineral yang berguna mengaktifkan ezim antioksidan dalam tubuh. Nah, enzim ini bernama glutathione peroksidase yang mampu melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.

Tak hanya itu, kandungan selenium ini juga merangsang pertumbuhan sel-sel darah putih. Hal ini berguna untuk mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti leukemia.

4. Menghitamkan rambut

Manfaat Kikil Sapi
Foto: Ladiestory.id

Selain untuk kesehatan, terselip manfaat kecantikan yang bisa didapat dari kikil ini. Sebab manfaat dari kikil sapi bisa untuk menghitamkan rambut secara alami tanpa repot-repot di semir.

Kikil memang sudah sejak lama dipercaya ampuh dalam hal menghitamkan rambut terutama bagi rambut yang telah memutih atau beruban.

Inilah kandungan kikil sapi yang bermanfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Dengan demikian, buat kamu yang tidak suka dengan kikil, tak ada salahnya untuk mencoba kikil sapi.