Kapankah Waktu yang Tepat Untuk Investasi Emas?

Senin, 20 April 2020 | 16:56:11

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Kapankah Waktu Yang Tepat Untuk Investasi Emas?

Salah satu hal yang paling ditakutkan saat memutuskan untuk berinvestasi adalah risiko-risiko yang akan didapat. Ada orang yang berani mengambil risiko, ada juga yang tidak berani mengambil risiko, sehingga tidak berani untuk mencoba berinvestasi. Kalau kamu termasuk yang mana? Jika kamu termasuk yang tidak mau mengambil risiko tinggi, investasi emas adalah jawabannya. Yuk, baca penjelasan di bawah tentang kapan saat yang tepat melakukan investasi dalam bentuk emas!

Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

Sebagai salah satu jenis investasi yang paling digemari di dunia, banyak orang mulai menggunakan emas sebagai alat investasi jangka pendek layaknya indeks harga saham (ini juga bisa menjadi investasi jangka panjang). Harga emas yang tidak terlalu fluktuatif merupakan salah satu alasan mengapa mereka tertarik berinvestasi jangka pendek. Lalu, apa saja yang mempengaruhi harga emas di dunia? Ini penjelasannya. 

1. Perubahan Kurs Dollar AS

Nilai tukar dollar AS bisa dikatakan sebagai faktor terkuat yang menentukan harga emas. Semakin tinggi kurs dollar AS terhadap Rupiah, maka semakin tinggi pula harga emas. Sebaliknya, ketika harga nilai tukar dollar AS terhadap Rupiah rendah, maka semakin rendah harga emas. Pasalnya, harga emas sangat berhubungan dengan indeks dollar AS.

2. Produksi Emas Dunia

Produksi emas di dunia erat kaitannya dengan jumlah permintaan atau kebutuhan yang terjadi. Sejak tahun 2000, jumlah produksi emas sejatinya terus turun dikarenakan sulitnya penambangan emas dan resource yang terus berkurang. Namun di tahun 2010, jumlah permintaan emas mengalami kenaikan sekitar 2,652 ton atau 3% dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini mengakibatkan produsen emas dunia seperti Afrika Selatan, China, Australia, Amerika, Rusia dan Peru harus bekerja ekstra dengan menggali lebih dalam lagi atau mencari sumber lainnya yang secara otomatis akan mengakibatkan harga emas melonjak naik.

3. Suku Bunga

Bisa dikatakan bahwa suku bunga berbanding terbalik dengan harga emas. Pasalnya, ketika suku bunga naik maka akan banyak orang yang menarik uangnya dari investasi emas dan pindah ke bentuk deposito yang memiliki suku bunga tinggi.

4. Jumlah Supply and Demand Emas

Selain mempengaruhi produksi emas, jumlah supply dan demand emas juga mempengaruhi harga emas di dunia. Seperti pada barang lainnya, semakin barang tersebut diminati maka akan semakin tinggi pula harga barang tersebut. Sebaliknya, semakin sedikit peminat suatu barang maka harganya juga akan semakin rendah.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Investasi Emas?

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan pemula ketika ingin investasi emas adalah, “Kapan sih seharusnya kita investasi emas?” Sebenarnya jawabannya mudah, yaitu ketika Rupiah melemah atas dollar AS. Kenapa begitu? Karena harga emas erat kaitannya dengan nilai mata uang dollar AS. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memantau tren perkembangan nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS jika ingin berinvestasi dalam bentuk emas. 

Sumber foto utama: Freepik.com